Mereka tidak pernah berhenti berkarya (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Ketut Subiyanto)

Kaleidoskop 2022: Daftar Entrepreneur yang Bersinar Sepanjang Tahun

26 December 2022   |   08:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tahun 2022 bisa dikatakan sebagai periode kebangkitan setelah beberapa tahun dunia dilanda pandemi Covid-19 sehingga membuat banyak sektor usaha terpukul. Akan tetapi, seiring dengan kondisi yang terkendali, sejumlah pengusaha mulai mampu bangkit dan menghasilkan karya yang luar biasa. 

Pandemi Covid-19 memang belum sepenuhnya berakhir. Namun, seiring berjalan waktu, vaksinasi yang dilakukan dan sejumlah kebijakan membuat geliat usaha di beberapa sektor kembali bergairah. Kondisi ini pun dimanfaatkan oleh banyak para pelaku usaha di dalam negeri.

Sebagai seorang entrepreneur, mereka tidak berhenti untuk berkarya dan mengembangkan usahanya sehingga mampu bersinar. Mereka bisa menunjukkan kemampuannya meskipun pandemi Covid-19 belum benar-benar usai, dan menciptakan sesuatu yang membanggakan.

Dirangkum Hypeabis.id berikut ini adalah deretan pelaku usaha atau entrepreneur yang bersinar sepanjang 2022. 

Baca jugaKaleidoskop 2022: Bisnis yang Viral Sepanjang Tahun, Mie Gacoan hingga Karen's Diner


Manoj Punjabi

Manoj Punjabi adalah CEO dari MD Pictures. Film KKN di Desa Penari (2022), yang diproduserinya, berhasil meraih jumlah penonton sebanyak lebih dari 9 juta orang. Dengan raihan jumlah penonton itu, KKN di Desa Penari berhasil menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang masa di Indonesia.

Tidak hanya itu, film yang diproduseri oleh perusahaan yang dipimpin oleh Manoj itu pun menjadi gambaran bahwa industri perfilman di dalam negeri sudah mulai kembali bangkit setelah terpukul akibat pandemi. Perolehan penonton film KKN di Desa Penari membuat banyak sineas segera “melepaskan” film yang mereka miliki lantaran menilai tahun ini adalah tahun yang tepat untuk film horor.
 

Anton Kurniawan

Wirausahawan lainnya yang juga bersinar sepanjang tahun ini adalah Anton Kurniawan. CEO & Founder Mie Gacoan itu mampu membuat nama Mie Gacoan menjadi buruan masyarakat. Pembukaan sejumlah toko di beberapa daerah selalu menjadi pilihan banyak orang. Tidak sedikit orang yang rela antre untuk menikmati makanan yang tersaji di outlet Mie Gacoan.

Tidak hanya itu, Mie Gacoan juga terus berekspansi dengan membuka sejumlah cabang di beberapa daerah di Indonesia. Langkah perluasan yang dilakukan perusahaan di berbagai daerah juga tidak mengadopsi sistem franchise. Pembukaan toko atau outlet di berbagai wilayah benar-benar berada di bawah perusahaan langsung.


Sheila Agatha dan Sean Loh

Sheila Agatha dan Sean Loh adalah entrepreneur lainnya yang namanya melejit sepanjang 2022. Keduanya bersinar melalui brand Sean Sheila. Brand ini menjadi salah satu dari dua merek asal Indonesia yang resmi ikut dalam ajang Paris Fashion Week 2022.

Brand ini tampil di salah satu  pergelaran fesyen paling tersohor pada Maret 2022, tepatnya di showroom L’adresse. Keduanya mendirikan merek Sean Sheila pada 2014, dan berhasil mendapatkan undangan untuk tampil di ajang bergengsi dunia fesyen tersebut. 
 

Imelda Widjaja

Pengusaha lainnya yang bersinar pada 2022 adalah Imelda Widjaja. Bersama dengan Sean Sheila, brand Jewel Rocks yang dimilikinya berhasil menjadi merek yang diundang untuk tampil ke ajang Paris Fashion Week 2022. Pengusaha yang satu ini kerap melakukan kolaborasi dengan pengrajin resin, manik kaca, perak, dan lainnya yang berada di Bali, Jawa Timur, dan Bandung dalam menjalankan usahanya.

Baca jugaKaleidoskop Seni Rupa Indonesia 2022: Optimisme Bergeliat di Ruang Pamer

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

SEBELUMNYA

Upaya Pencegahan Kanker Serviks Sejak Dini

BERIKUTNYA

5 Fakta Unik Home Alone, Film Legendaris Saat Libur Nataru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: