Cuplikan film Dear David. (Sumber gambar: Netflix)

Film Dear David, Ketika Blog Fantasi Memicu Reputasi Remaja

22 December 2022   |   14:53 WIB

Kisah remaja dan hobi yang berkaitan dengan tulis menulis tampaknya menjadi hal yang biasa. Namun, apa jadinya jika cerita-cerita fiksi yang sebenarnya tampak tidak berbahaya bisa mempertaruhkan reputasi hingga persahabatan di dunia nyata? Kisah inilah yang dibawakan dalam film Dear David dari Netflix.

Dear David memiliki premis tentang seorang murid berprestasi sekaligus pemegang beasiswa bernama Laras. Di balik sikap ambisiusnya terhadap aspek akademiknya, dia memiliki sebuah blog rahasia berisi kisah fantasinya tentang David yang merupakan seorang bintang sepak bola sekolah yang disukainya.

Namun, reputasi dan masa depan Laras menjadi pertaruhan saat isi blog tersebut terbongkar dan kisah-kisah yang ditulisnya dibaca oleh seluruh murid di sekolahnya. Di sisi lain, Laras juga harus memperbaiki hubungan persahabatannya dengan Dilla yang terdampak juga karena masalah yang dimilikinya.

Baca juga: 13 Film & Serial Global yang Diungkap di Ajang Disney Content Showcase APAC 2023

Trailer dan poster yang rilis pada pekan ini menunjukkan gambaran karakter Laras dalam dua versi yang berbeda. Di satu sisi, Laras hanyalah siswi SMA yang memiliki ambisi terhadap bidang akademisnya dan di sisi lain dia adalah karakter lain serupa dengan putri kerajaan fantasi yang disegani oleh orang-orang di dalamnya.
 

Poster teaser film Dear David. (Sumber gambar: Netflix)

Poster teaser film Dear David. (Sumber gambar: Netflix)


Konsep kisah dari Dear David nantinya akan mengeksplorasi hal-hal seperti percintaan remaja, institusi sekolah, persahabatan, seluk-beluk media sosial, krisis identitas, pendewasaan diri, dan upaya penerimaan diri sendiri. Beberapa topik ini berkaitan dengan konsep besar yang disebut sebagai coming-of-age yang cukup dekat dengan kisah remaja.

Lucky Kuswandi akan berperan sebagai sutradara proyek ini, sedangkan Winnie Benjamin dan Daud Sumolang menulis naskah film tersebut. Film ini dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Caitlin North Lewis, dan lainnya.
 

Kisah realistis


Dear David merupakan satu dari tujuh serial dan film yang diumumkan dalam Waktu Netflix Indonesia, proyek konten orisinal yang menghadirkan beberapa karya sineas perfilman Tanah Air dalam berbagai macam eksplorasi. Lebih rinci, proyek ini diumumkan secara resmi pada September 2022.

Dalam diskusi panel yang terjadi bersamaan dengan pengumuman ini, Dear David yang mengangkat genre coming of age memiliki keterkaitan dengan cerita berdasarkan pengalaman pribadi yang relevan bagi para remaja. Inilah mengapa aktor Emir Mahira menyampaikan bahwa cerita dari coming-of-age perlu menggunakan pendekatan yang realistis.

"Penting untuk merasa dekat dengan kisah [dalam film], apalagi kalau ada sentuhan-sentuhan ajaib di dalamnya supaya mereka bisa percaya bahwa kisah tersebut bisa terjadi di kehidupan nyata sekaligus tetap memasukkan elemen ajaib yang masuk akal," jelasnya beberapa waktu lalu.

Tidak hanya menggunakan pendekatan realistis, Lucky Kuswandi menambahkan bahwa film yang menggambarkan coming-of-age dari generasi berbeda juga tetap menempatkan remaja sebagai manusia seutuhnya yang diperlakukan dengan layak agar mereka bisa bertumbuh menjadi dewasa dan mampu menerima dirinya sendiri.

Dia berharap bahwa film ini akan membuat representasi generasi muda dengan cara yang lebih manusiawi dan tidak menjadi generasi yang aneh karena kehebohan yang beredar di masyarakat. 

Dear David akan tayang perdana pada 9 Februari 2022 di Netflix.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Banyak Merek Lokal Gaet Artis Korea, Ini Pentingnya Duta Merek dalam Promosi

BERIKUTNYA

Mengenal Penyebab & Gejala Demensia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: