Ilustrasi suntik vaksin (dok. Freepik)

Yuk Kenali Penyebab Pasti Nyeri Lengan Pasca Disuntik Vaksin Covid-19

06 July 2021   |   21:11 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lengan Genhype terasa sakit dan mati rasa habis disuntik vaksin Covid-19? Atau bengkak di area bekas suntik? Nggak perlu panik ya. 

Reaksi yang menyebabkan nyeri lengan adalah contoh bagaimana tubuh pertama kali merasakan vaksin. Ketika kamu mendapatkan suntikan, tubuh menganggapnya sebagai cedera, seperti pendarahan atau luka, kemudian mengirimkan sel kekebalan ke lengan dan melemaskan pembuluh darah. 

Sebagai bagian dari prosesnya, sel-sel kekebalan juga menyebabkan peradangan yang nantinya membantu melindungi kamu dari patogen yang sama jika kamu teirnfeksi lagi. Inilah yang disebut para ahli sebagai 'reaktogenisitas' vaksin. 

Beberapa iritasi lengan juga berasal dari otot yang bereaksi terhadap sejumlah kecil cairan vaksin yang disuntikkan ke lengan. Selain rasa sakit, beberapa orang juga bisa mengalami kemerahan, iritasi dan bengkak di dekat tempat suntikan.

Bahkan beberapa orang yang menerima vaksin berbasis mRNA juga mengalami perluasan rasa sakit dan dapat menyebabkan bercak gatal dan bengkak di lengan.

 
Vaksin Covid19
Sebagian besar efek samping vaksinasi ini cenderung berlangsung selama 2-3 hari. Namun, jika kamu mengalami lebih banyak peradangan, atau cenderung lebih sensitif terhadap rasa sakit, rasa sakit itu bisa meregang hingga 5 hari setelah vaksinasi.Akan tetapi jika rasa sakit tidak mereda seminggu setelah vaksinasi, sebaiknya kamu periksakan diri ke dokter ya. 

Banyak ahli menambahkan bahwa rasa sakit yang ekstrem di lengan atau nyeri juga bisa menjadi tanda utama bahwa vaksin bekerja dengan baik. 

Vaksin seharusnya memicu peradangan dalam tubuh dan menciptakan antibodi. Dengan kata lain jika kamu mengalami peradangan tingkat tinggi, itu mungkin pertanda baik bahwa vaksin melakukan tugasnya dengan baik dan bekerja untuk memberikan perlindungan yang cukup.

Sementara itu, untuk meminimalkan atau mengurangi intensitas nyeri pada lengan atau di area bekas suntikan, para ahli merekomendasikan sebaiknya menggunakan tindakan terapeutik seperti kompres es atau kompres air hangat. Mandi garam Epsom juga bisa membantu meredakan rasa sakit.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

TWICE Bakal Isi Soundtrack Pertama untuk Serial Hospital Playlist 2

BERIKUTNYA

Suporter Tim Euro 2020 Merapat! Ikutan Stand Up Battle Enjoy the Rivalry Kuy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: