Lionel Messi mengangkat piala ajang World Cup FIFA (Sumber gambar: tangkapan layar laman FIFA)

Menang Lawan Prancis, Argentina Juara Piala Dunia 2022

19 December 2022   |   07:18 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tim Nasional Argentina menjadi pemenang ajang Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis dalam adu penalti setelah kedua tim bermain imbang dengan skor 3 -3 selama 90 menit tambah 30 menit babak tambahan. Kemenangan ini membuat Argentina menjadi juara Piala Dunia sebanyak tiga kali.

Piala pertama Argentina di ajang Piala Dunia diraih pada 1978. Pada saat itu, Argentina berhasil mengalahkan tim nasional Belanda di babak final dengan skor 3 – 1 melalui Mario Kempes sebanyak dua gol dan Daniel Bertoni. Sementara itu, gol Belanda dibuat oleh Dick Nanninga.

Sementara piala kedua di ajang ini diraih oleh Argentina pada 1986. Pada 36 tahun silam, tim nasional Argentina mengalahkan Jerman dengan Skor 3 – 2.

Baca jugaJumlah Gol Messi dan Mbappe Sama, Cek Aturan Lengkap Peraih Sepatu Emas

Pada Saat itu, pencetak gol dari Argentina adalah Jose Luis Brown, Jorge Valdano, dan Jorge Burruchaga. Gol dari tim nasional Jerman ke gawang Argentina dibuat oleh Karl-Heinz Rummenigge dan Rudi Voller.  

Pada edisi Piala Dunia 2022, tim nasional Argentina berhasil mengangkat trofi tertinggi dalam olahraga sepak bola dalam babak adu penalti melawan Prancis. Skor Argentina melawan Prancis selama 120 menit pertandingan adalah 3 – 3.

Gol Argentina ke gawang Prancis dibuat oleh Lionel Messi sebanyak dua kali dan Angel Di Maria. Sementara ketiga gol Prancis ke gawang Argentina dibuat oleh Kylian Mbappe.

Tim nasional Argentina mencatatkan skor pertama melalui kaki Lionel Messi pada menit ke-23. Pemain megabintang ini berhasil menyarangkan bola ke gawang Prancis yang dijaga oleh Hugo Lloris melalui titik 12 pas.

Sekitar 13 menit berselang atau pada menit ke-36, giliran Angel Di Maria yang mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil membuat Hugo Lloris mengambil bola di dalam gawang yang djiaganya pada pertandingan ini.

Skor 2 – 0 untuk sementara untuk keunggulan Argentina pun bertahan sampai wasit meniupkan peluit tanda babak pertama usai.

Tidak ingin kalah begitu saja dari Argentina, Kylian Mbappe dan kawan-kawan pun gencar melakukan serangan pada babak kedua. Usaha mereka berbuah manis saat pemain Kolo Muani dilanggar oleh pemain belakang Argentina.

Mbappe berhasil mengeksekusi tendangan penalti dan membuat kedudukan menjadi 2 – 1 pada menit ke-80. Tidak lama berselang, Mbappe kembali mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-81 dan kedudukan menjadi imbang.

Kedudukan 2 – 2 pun bertahan sampai babak kedua usai, dan membuat pertandingan harus diteruskan dengan babak tambahan selama 30 menit. Di babak tambahan, kedua tim yang berusaha mencari kemengan pun saling bergantian melakukan penyerangan.

Lionel Messi kembali mencatatkan namanya pada menit ke-108. Sepuluh menit berselang, Mbappe kembali mencatatkan nama di papan skor. Kedudukan yang sebelumnya 3 – 2 untuk keunggulan Argentina pun kembali imbang menjadi 3 – 3.

Pertandingan pun harus ditentukan dengan babak adu penalti setelah babak tambahan selama 30 menit tidak berhasil membuat salah satu tim unggul.

Berikut penendang dari Argentina dan Prancis:

Argentina

Lionel Messi - Gol
Paulo Dybala - Gol
Leandro Paredes - Gol
Gonzalo Montiel - Gol


Prancis

Kylian Mbappe - Gol
Kingsley Goman - Gagal
Aurelien Tcouameni - Gagal
Randal Kolo Muani  - Gol

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

4 Ramalan Unik Juara Piala Dunia Argentina vs Prancis, dari Robot AI hingga Pawang Hujan

BERIKUTNYA

Raih Sepatu Emas, Mbappe Menjadi Pemain Tersubur Kedua Sejak 1974

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: