Miniapolis Plaza Indonesia (Sumber gambar: Hypeabis.id/Indah Permata Hati)

Miniapolis Hadirkan Teknologi AR Imaginarium di Ruang Bermain Konsep Terbaru

16 December 2022   |   17:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Setiap anak tentu sangat senang menikmati waktu bermain. Sejumlah penelitian mengenai manfaat bermain bagi anak kian mendorong orang tua untuk bersemangat mengajak anaknya main bersama. Kini, ada banyak jenis permainan yang memiliki dampak positif bagi anak.

Dilansir dari OAC Education Australia, bermain dapat merangsang indera anak yang dapat membangun keterampilan kognitif dan memperngaruhi cara anak memecahkan masalah di kemudian hari. Permainan yang mengedepankan sensori akan mempertajam kemampuan indera anak dalam menjelajahi dunia. Mereka dapat menggunakan seluruh inderanya untuk mencium, meraba, melihat, mendengar, dan mencicip dalam sebuah permainan yang mengasyikan.

Konsep inilah yang coba dikembangkan oleh Miniapolis selama 14 tahun. Menghadirkan konsep terbaru dengan nuansa ruang bermain berornamen kayu dan warna-warna pastel yang hangat, Miniapolis mencoba menyesuaikan permainan anak di ruangan seluas 1.000 meter persegi dengan aktivitas teknologi yang canggih.

Baca juga: Tips Kembangkan Minat & Bakat Anak Sambut Indonesia Emas 2045
 

Miniapolis (Sumber gambar: Hypeabis.id/Indah Permata Hati)

Miniapolis (Sumber gambar: Hypeabis.id/Indah Permata Hati)


Hadirnya teknologi ini merupakan bentuk perhatian Miniapolis yang terus update dengan perkembangan zaman. Bertempat di Level 3 Plaza Indonesia, Miniapolis membawa teknologi Augmented Reality (AR) sebagai hiburan anak dan keluarga. Terdapat dua ruangan dengan konsep teknologi AR yang mengusung interaksi digital. Miniapolis menamakannya Imaginarium dalam dua konsep ruangan.

Satu ruangan mengusung tema perkotaan, di mana anak-anak bisa mengambar dan menampilkan hasil karyanya di proyektor yang tersedia. Sementara konsep lainnya bertemakan luar angkasa yang memasukan permainan mandi bola dengan tampilan planet dan astronot melalui proyektor, mirip seperti aktivitas luar angkasa. Di ruangan ini, anak-anak bisa melatih sensorik dan motorik mereka dengan melempar bola ke arah tampilan planet untuk memecahkannya.

Di area ruang bermain, Miniapolis juga menghadirkan permainan menyenangkan seperti trampoline, sales booth, dan lainnya. Keluarga juga bisa mengabadikan momen bersama anak dengan tampilan ruangan yang modern dan instagramable.
 

Miniapolis (Sumber gambar: Hypeabis.id/Indah Permata Hati)

Miniapolis (Sumber gambar: Hypeabis.id/Indah Permata Hati)


Untuk kegiatan di akhir pekan, Miniapolis juga mengajak anak-anak untuk melakukan interaksi antar anak melalui kelas-kelas sesuai minat mereka masing-masing. Jika ruang bermain ditujukan untuk melatih motorik dan sensorik, kelas weekend dihadirkan dengan tujuan merangsang kreativitas dan imajinasi anak.

Beberapa kelas weekend yang dijalankan di Miniapolis Plaza Indonesia antara lain memasak, berkebun, art & craft, hingga pertunjukan sulap, seni merangkai balon, menyanyi, dan lainnya yang diikuti oleh anak mulai usia 0-12 tahun. 

“Kebutuhan anak di tiap era pasti berbeda. Jadi kita akan terus ikut update dengan perkembangan zaman tentang bagaimana anak bermain. Termasuk dengan adanya teknologi AR kali ini yang sangat cocok untuk melatih imajinasi anak berusia 5 tahun ke atas,” kata Prettny Hartono selaku Head of Operations Miniapolis.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

APPMI Jaring Desainer Muda Berbakat lewat Indonesia Young Fashion Designer Competition

BERIKUTNYA

Dukung Sektor Properti, BNI Beri Fasilitas Pinjaman ke BSDE

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: