Ilustrasi helm (Sumber gambar: Freepik)

Fenomena Menenteng Helm Mahal ke Mal, Cuma Pamer atau Takut Kehilangan di Parkir?

14 December 2022   |   14:45 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Penggunaan helm sebagai salah satu bentuk penerapan safety riding tampaknya sudah jadi kebutuhan bagi masyarakat. Belakangan, makin banyak masyarakat yang sadar tentang pentingnya menggunakan helm demi keselamatan berkendara mereka.

Namun, kini muncul fenomena baru. Helm mulai naik kelas dan dianggap mirip seperti barang branded. Jika wanita sering menenteng tas mahal ke dalam mal, pria kini juga melakukannya dengan menenteng helm bermerek.

Baca juga: Vespa Rilis Helm Seri Heritage

Executive Director RSV Helmet Richard Rian mengatakan fenomena orang menenteng helm premium ke bioskop, mal, atau tempat publik lain adalah hal yang unik. Padahal, sebelumnya helm selalu ditinggal di tempat parkir.

Richard menganggap fenomena tersebut adalah kabar baik. Hal ini membuktikan kesadaran keselamatan bermotor sudah tinggi. Jika dahulu orang memakai helm hanya takut ditilang polisi, kini mereka memakai helm karena kebutuhan dan gengsi.

Dia berpendapat helm kini tidak hanya sebagai kebutuhan semata. Namun, helm juga jadi bagian dari estetika dalam berkendara. Oleh karena itu, kebanyakan orang akan memilih tipe dan warna helm yang senada dengan motor mereka.

“Helm dan motor biasanya sudah dianggap menggambarkan identitas seseorang. Hal ini sudah jadi lifestyle tersendiri. Dengan sendirinya, orang akan berpikir kalau mau helm bagus, berarti harus membeli helm yang berkualitas. Ada gengsi yang berbicara,” ungkap Richard kepada Hypeabis.id, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pemilik RC Motogarage Antonius Rangga mengatakan penetrasi media sosial yang masif ikut menyadarkan masyarakat Indonesia tentang pentingnya memakai safety riding.

Saat ini makin banyak ditemui pehobi motor yang jadi influencer di media sosial. Mereka tidak hanya memamerkan koleksi motor atau kepiawaiannya dalam berkendara. Influencer tersebut juga mengedukasi para pengikutnya terhadap pentingnya keselamatan berkendara.

Rangga mengatakan setidaknya penggunaan helm dan jaket saat berkendara kini lebih masif dibanding dahulu. Selain itu, kini orang juga mulai menyukai safety riding karena bisa menambah unsur keren saat berkendara. Lagi-lagi orang awam melihatnya kebanyakan dari apa yang dikenakan oleh influencer di media sosial.

“Iya, pertama diawali dengan kesadaran tentang pentingnya keselamatan berkendara. Akan tetapi, makin ke sini orang mulai paham juga dengan merek tertentu. Pada ujungnya, ya, tampilan juga jadi hal penting,” ujar Rangga kepada Hypeabis.id.

Tak mengherankan, jika banyak orang, kini mulai memilih jenama berkelas premium untuk produk safety riding mereka. Terutama, soal helm. Beberapa merek seperti Nolan, Shoei, Arai, kini jadi buruan banyak pengendara motor. Untuk Lokal, brand KYT dan NJS juga cukup diminati, terutama untuk kelas tertingginya.

Rangga mengatakan apa yang dikenakan dalam berkendara kini dimaknai lebih oleh orang. Produk-produk tersebut kini jadi ajang kebanggaan yang kerap diperbincangkan di kalangan tertentu.

Kini, orang tidak hanya mengenakan perlengkapan safety riding untuk keselamatan. Akan tetapi, orang mulai melirik merek-merek terkenal dan terbaik di kelasnya agar mereka bisa tampil gagah saat berkendara di jalanan.

Baca juga: Gampang dan Murah, Begini Cara Cuci Helm di Rumah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Melihat Modifikasi Motor Retro yang Kembali Populer, Apa Saja?

BERIKUTNYA

37 Tahun Bisnis Indonesia Fokus Memperkuat Transformasi Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: