Ilustrasi motor klasik (Sumber gambar: Freepik)

Melihat Modifikasi Motor Retro yang Kembali Populer, Apa Saja?

14 December 2022   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Modifikasi motor klasik belakangan jadi tren di masyarakat. Tak hanya digemari orang dewasa saja, motor klasik juga banyak disukai anak-anak muda kekinian. Desainnya yang klasik dan tak lekang oleh zaman membuat banyak orang menggemari sepeda motor model klasik ini.

Manager Custom Kit Katros Garage Herman mengatakan jumlah orang yang ingin memodifikasi motor di bengkelnya selalu naik setiap tahunnya. Hal itu tak lepas dari hobi motor yang kembali booming ketika pandemi covid-19. Momen tersebut seolah jadi ajang kembalinya tren custom motor di Indonesia.

Di sisi lain, tren motor retro juga belakangan mulai dilirik lagi. Bukan hanya dari sisi pehobi, beberapa brand besar juga mulai mengeluarkan seri motor retro. Misalnya, Kawasaki yang belum lama ini mengeluarkan seri W175 yang bergaya retro dan klasik.

Baca juga: Keren, Piaggio Indonesia Hadirkan Vespa Batik Padukan 7 Motif Tradisional

“Mungkin orang sudah mulai bosan dengan konsep motor modern. Jadi, konsep retro naik lagi,” kata Herman kepada Hypeabis, beberapa waktu yang lalu.

Tren tersebut akhirnya ikut mendorong orang untuk kembali menggeluti hobi motor retro. Bagi yang tidak mau membeli versi baru, mereka memilih untuk custom motor.

Modifikasi juga membuat pehobi merasa lebih puas. Sebab, mereka bisa menciptakan bentuk motor hingga spesifikasi sesuai keinginannya. Sering kali, keinginan-keinginan para pehobi itu tidak terwadahi hanya dengan mengandalkan motor keluaran terbaru produksi pabrik-pabrik besar.

Herman mengatakan motor custom juga belakangan mulai diterima dengan baik oleh publik. Artinya, tidak ada lagi stigma tertentu yang melekat ketika orang custom motor.

Saat ini pehobi bisa leluasa memamerkan motor modifikasi mereka setiap akhir pekan. Banyak orang menyebut itu sebagai sunmori atau sunday morning ride.

“Kalau bicara saat ini, motor itu ibarat sebuah karakter yang mewakili pemiliknya. Anak-anak milenial ini bisa menunjukkan diri ‘ini gue, ini gaya gue’,” imbuhnya.

Saat ini ada beberapa variasi custom motor yang lagi diminati di Indonesia. Saat ini setidaknya ada 3 jenis modifikasi motor retro yang lagi digemari. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.
 

1. Bobber

 

Bobber merupakan gaya motor custom yang sempat populer di Amerika era 1920-an. Model ini pada awalnya banyak diterapkan ke jenis motor moge Harley Davidson. Jenis modifikasi ini memiliki ciri khas berupa jok yang tingginya mendekati ban belakang. Motor jenis bobber juga memiliki ukuran velg dan ban yang besar. Selain itu, posisi kaki juga dibuat mengarah ke depan. Jadi, pengguna sepeda motor ini akan merasakan sensasi mengendarai motor gede ala Harley Davidson.
 

2. Chopper

 

Model chopper juga lagi digandrungi banyak pehobi motor saat ini. Model ini memiliki ciri khas stang yang tinggi dan menjulur ke depan. Model seperti ini membuat kesan gagah, tetapi juga terbilang cukup ekstrem. Model ini juga memiliki jok yang rendah dan hanya single seater. Jadi, motor ini hanya bisa digunakan untuk satu orang yang mengemudikan motor tersebut. Presiden Joko Widodo juga beberapa kali terlihat memamerkan motor custom jenis chopper ke publik.
 

3. Cafe Racer

 

Cafe racer termasuk jenis modifikasi yang sangat tua. Motor ini pertama kali muncul pada era perang dunia pertama. Namun, gayanya yang khas membuat model ini masih diminati hingga sekarang. Ciri khas model ini ialah stang jepit, single seat, dan bentuk lampu depan yang bulat. Dengan penggunaan stang jepit, pengendara pun harus mengendarai motor ini dengan posisi lebih menunduk. Sensasi ini mirip seperti seorang pembalap yang sedang berlaga di lintasan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Pemandian Air Panas Ini Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

BERIKUTNYA

Fenomena Menenteng Helm Mahal ke Mal, Cuma Pamer atau Takut Kehilangan di Parkir?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: