sumber gambar ilustrasi : Lukas Rychvalsky dari Pexels

6 Tips Berkendara Aman saat Hujan

31 October 2021   |   15:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Musim hujan sepertinya sedang menuju puncaknya mengingat beberapa waktu belakangan ini turun hujan lebat di sebagian besar wilayah di Indonesia. Bagi Genhype yang harus berkendara saat hujan, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan.  Berikut tips-tips yang dapat dilakukan saat berkendara di tengah hujan dan cuaca ekstrem agar kalian tetap aman dan selamat. 
 

Jaga sirkulasi udara.

Gunakan pengatur udara untuk menghilangkan kelembapan di dalam kendaraan sehingga kaca jangan sampai berembun dan membatasi jarak pandang berkendara. Genhype dapat membuka sedikit jendela agar ada sirkulasi udara jika tidak ada fasilitas pengatur suhu udara. 
 

Atur laju kendaraan.

Genhype sebaiknya memperlambat laju kendaraan saat cuaca hujan. Perlu diingat bahwa jalan yang basah bisa mengurangi daya cengkeram ban, sehingga kendaraan menjadi rawan tergelincir atau lepas kendali. Dengan memperlambat laju kendaraan, semua risiko tersebut bisa lebih terkendali.
 

Jaga jarak aman.

Menjaga jarak aman kendaraan saat hujan sangat penting untuk memaksimalkan kinerja pengereman di mana membutuhkan jarak yang lebih jauh saat jalanan basah. Menjaga jarak juga dapat menghindari dari cipratan air dari ban mobil di depan sehingga bisa melihat jalanan dengan baik. 
 

Berkendara lebih santai.

Genhype perlu mengemudi dengan lebih santai di tengah kondisi jalanan yang hujan. Sebaliknya, jika tegang atau panik akibat curah hujan ekstrem bisa membahayakan diri. Jangan sampai juga berganti lajur berkendara secara tiba-tiba karena dapat mengurangi kemampuan kontrol, terutama pada jalan yang licin 
 

Waspada pada 30 menit pertama.

Genhype harus berhati-hati pada setengah jam pertama hujan turun lantaran hujan permulaan bisa membuat jalan menjadi licin akibat campuran lumpur dan oli kering dengan air membuat lapisan yang licin di jalan.
 

Atur pengereman.

Menginjak pedal rem perlu dilakukan secara perlahan lantaran kondisi kanvas rem dan cakramnya menjadi basah dan butuh penyesuaian dalam melakukan pengereman. Setelah hujan reda, biarkan kanvas rem mobil kering terlebih dahulu agar tidak menempel pada cakram yang seringkali membuat rem jadi berdecit.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Inspirasi Kostum Halloween dari Karakter Film Winona Ryder

BERIKUTNYA

Kegiatan Halloween Seru untuk Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: