Ilustrasi berendam (Sumber gambar: Unsplash/ Robson Hatsukami)

5 Pemandian Air Panas Ini Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

14 December 2022   |   21:25 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Tinggal dan bekerja di kota metropolitan seperti Jakarta tentunya memberikan beban fisik dan psikis yang tidak dapat dipandang enteng. Untuk itu, tidak ada salahnya bila mempergunakan waktu libur bersama keluarga, salah satunya adalah dengan relaksasi berendam air panas.

Berendam di air panas dipercaya dapat menghilangkan rasa lelah dan penat. Nikmati segarnya berendam di air panas dari alam di waktu senggang Anda. Selain baik untuk kesehatan, kalian tetap dapat bercengkerama bersama keluarga.

Sembari menikmati keindahan alam, hilangkan lelah dan penat dari tubuh Anda untuk kembali segar saat beraktivitas. Seperti dikutip dari laman Arthritis Foundation, berendam air hangat menjadi salah satu cara untuk relaksasi. Berendam air hangat ternyata merupakan terapi efektif untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh.

Baca juga5 Manfaat Mandi Air Hangat, Bisa Bikin Hari Jadi Lebih Bahagia

“Peneliti telah menunjukkan terapi air hangat membuat tubuh manusia menjadi lebih baik. Terapi air hangat membuat sendi-sendi yang tegang menjadi longgar bahkan mampu mengurangi rasa sakit yang memiliki efek jangka panjang.” Ungkap Bruce E. Becker, MD, selaku Direktur Nasional Aquatics & Sport Medicinie Institute, Washington State University.

Berikut manfaat yang akan Genhype peroleh dari berendam air panas.

1. Tubuh menjadi lebih bersih dan segar

Selain pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman, air hangat dipercaya membantu melebarkan pori-pori sehingga mampu mengangkat kotoran-kotoran serta kelebihan minyak yang menempel di kulit.

2. Mengeluarkan racun dari tubuh

Mandi dan berendam di air panas dengan suhu sekitar 32-35 derajat celsius dapat membantu mengeluarkan toksin dan menurunkan tingkat gula darah. Tak hanya itu, kelebihan lainnya adalah dapat menyembuhkan sakit otot dan menjaga usus besar bekerja dengan baik.

3. Menghilangkan insomnia

Merendam kaki di dalam air panas sengat baik bagi penderita penyakit insombia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Caranya,masukkan kaki ke dalam air panas selama 10-20 menit sampai kaki terasa nyaman.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Merendam badan di air panas bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan organ-organ vital dalam tubuh seperti jantung dan liver jika dilakukan secara vital.

5. Mengobati jerawat

Sulfur yang terkandung di air panas alami dipercaya dapat menghilangkan jerawat di wajah dan punggung. Cukup usapkan air panas yang mengandung belerang di bagian tubuh yang berjerawat berkali-kali.

6. Meringankan penyakit tulang

Berendam air panas alami juga meringankan keluhan penyakit tulang seperti rematik, sakit bahu, dan sakit pergelangan tangan dan kaki.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Berendam air panas alami memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan vitalitas, memulihkan kebugaran, emmelihara kesegaran sendi-sendi, otot, dan menghilangkan pegal-pegal.

Namun sayangnya, berendam di kolam air hangat umum juga berisiko membuat Anda sakit. Salah satunya adalah infeksi, yang paling umum berupa benjolan berwarna merah dan gatal. Air di kolam air panas dinilai tidak cukup panas untuk membunuh bakteri, tapi justru menjadi lahan bagi bakteri bertumbuh lebih cepat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kolam air hangat umum tersebut merupakan tempat berendam dengan standar baik, dan mendapatkan perawatan memadai dengan tingkat pH yang sesuai.

Konsumsi air mineral sebelum berendam dan setelahnya, agar terhindar dari dehidrasi. Tak perlu berendam terlalu lama, cukup 20 menit, kalian akan merasakan manfaatnya. Segeralah mandi dengan sabun antiseptik seusai berendam di kolam air panas umum.

Berikut beberapa pemandian air panas yang dapat Genhype dan keluarga kunjungi saat liburan.


1. Wisata Air Panas Ciparay, Bogor

Sambil mengunjungi Gunung Salak, kalian dapat menikmati hangatnya kolam air panas di Wisata Air Panas Ciparay. Terletak di Desa Ciparay, Kec Pamijahan, Gunung Salak Endah, Bogor, kalian harus menuruni 400 anak tangga dan menikmati pemandangan hijau dan segarnya udara pegunungan.


2. Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Bogor

Di balik rindangnya hutan pinus di Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Sentul, Bogor, kalian akan menemukan pemandian air panas alami. Sebelum menikmati segarnya kolam air panas, kalian harus terlebih dahulu membelah secuil hutan khas Gunung pancar. Ada tiga tipe kolam air panas yaitu kolam keluarga, kolam umum, dan kolam 3 rasa yang punya tingkat kepanasan lebih tinggi. Kalau tidak ingin berbaur dengan wisatawan lain, kamu bisa mandi di kolam privasi.


3. Tirta Sanita Hot Spring, Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita lokasinya mudah dijangkau karena letaknya berdekatan dengan ibukota Jakarta dan hanya diperlukan waktu kurang lebih 1 jam. Di sini kalian akan menjumpai kolma air panas untuk beramai-ramai dan kolam air panas privasi yang hanya digunakan untuk satu orang saja. Yang menyenangkan, banyak fasilitas seperti warung makan, restoran, untuk Anda bersantap usai berendam.


4. Sari Ater, Subang

Sari Ater adalah nama sebuah pemandian air panas di Kabupaten Subang, Jawa Barat dan merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi sepanjang tahun, khususnya ketika udara dingin. Pemandian ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-23.00 WIB dengan biaya masuk Rp35.000 per orang. Uniknya, meski buka sejak pagi, tempat pemandian ini justru paling ramai ketika malam hari.


5. Cipanas, Garut

Di Cipanas, Garus, tempat pemandian air panasnya berupa kamar-kamar peninapan yang cukup nyaman, seperti halnya onsen di Jepang. Air biasanya dibiarkan terus mengalir sehingga terlihat seperti kolam kecil. Di tempat ini, sepanjang tahun selalu kelaur air panas dari mata air pegunungan meskipun sedang musim kemarau.

Baca jugaMengenal Onsen, Pemandian Air Panas di Jepang yang Terlarang Bagi Pemilik Tato

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sejarah Penggunaan Kontainer untuk Bangunan

BERIKUTNYA

Melihat Modifikasi Motor Retro yang Kembali Populer, Apa Saja?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: