5 Manfaat Mandi Air Hangat, Bisa Bikin Hari Jadi Lebih Bahagia (Sumber gambar: Victor Furtuna/Unsplash)

5 Manfaat Mandi Air Hangat, Bisa Bikin Hari Jadi Lebih Bahagia

06 September 2022   |   16:02 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Mandi menggunakan air hangat kerap dilakukan banyak orang ketika cuaca pagi hari terasa sangat dingin. Namun, selain menghangatkan tubuh, mandi air hangat juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk membuat kita jadi lebih bahagia dalam menjalani hari.

Manfaat mandi air hangat yang biasanya dirasakan juga ialah sensasi menenangkan. Tubuh jadi lebih rileks dan pikiran jadi lebih segar. Genhype, meski aktivitas ini tampak sederhana, ternyata manfaatnya bagi kesehatan banyak juga, ya.

Di negara maju seperti Jepang bahkan sampai ada pemandian air hangat umum atau dikenal dengan sento. Sento umumnya dikunjungi warga Negeri Sakura sepulang kerja untuk membersihkan badan dan pikiran.

Baca jugaIni Lho Bedanya Manfaat Kesehatan dari Mandi Air Dingin & Air Panas

Lalu, apa saja kira-kira manfaat mandi dengan air hangat bagi kesehatan? Berikut rangkuman informasinya.
 

1. Mandi Air Hangat Bisa Bikin Bahagia

Dokter Berian Rachmanadi menerangkan orang yang mandi dengan air hangat cenderung lebih bahagia. Mereka jadi lebih menikmati dan bahagia menjalani aktivitas hariannya yang mungkin sebenarnya cukup padat. Hal itu terjadi karena mandi air hangat membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin.

“Alhasil, ada efek terapeutik yang memberikan rasa nyaman dan bahagia. Oleh karena itu, kita cenderung lebih rileks ketika setelah selesai mandi dengan air hangat,” ujar dokter Berian kepada Hypeabis.id, Selasa (6/9).

Selain itu, mandi air hangat juga membuat aliran darah ke kulit jadi meningkat. Manfaatnya akan makin terasa kalau Genhype mandi air hangat di bawah pancuran dengan tekanan air yang stabil. Cukup dilakukan selama lima menit, sirkulasi di arteri dan pembuluh darah akan lebih lancar.
 

2. Mandi Air Hangat Bisa Meredakan Nyeri

Berendam dengan air hangat juga mampu mengurangi nyeri atau pegal di tubuh. Saat tubuh terkena air hangat, pembuluh darah di dalam tubuh akan melebar dan membuat peredaran darah lancar. Efeknya ialah otot yang sedang sakit atau tegang bisa rileks.

Sebagai contoh, saat kita berolahraga, tubuh akan menghasilkan asam laktat. Hal itu membuat tubuh terasa agak pegal ketika selesai berolahraga. Asam laktat memang menimbulkan gejala nyeri otot atau otot jadi menegang.

Air hangat bisa jadi salah satu opsi untuk meningkatkan sirkulasi sehingga membantu menghilangkan asam laktat yang dihasilkan setelah olahraga atau aktivitas fisik lain. Saat mandi dengan air hangat, kamu bisa sambil menggerak-gerakkan pundak, leher, pinggang, atau memijat bagian yang terasa kaku.
 

3. Mandi Air Hangat Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Satu lagi manfaat mandi air hangat adalah menimbulkan efek relaksasi, apalagi bila mandi di malam hari. Setelah seharian capek bekerja, air hangat membuat tubuh tenang kembali. Efek ini yang terkadang membuat kita setelah mandi jadi merasa lebih mengantuk.

Penelitian yang dirilis Sleep Medicine Reviews mengungkap mandi air hangat direkomendasikan dilakukan 90 menit sebelum waktu istirahat sehingga bisa membantu Genhype untuk tertidur lebih cepat.

Bukan hanya bisa membantu tidur lebih cepat, mandi air hangat juga mampu meningkatkan kualitas tidur. Sebab, persis setelah kamu keluar dari kamar mandi, suhu tubuh yang meningkat akan pelan-pelan menurun dan memberikan sinyal ke tubuh waktu tidur telah tiba.
 

4. Mandi Air Hangat Bisa Meredakan Flu

1
2


SEBELUMNYA

Ini Alasan Kremlin Larang Aktor Ben Stiller & Sean Penn Masuk ke Rusia

BERIKUTNYA

Profil Reza Gunawan Sang Penyembuh Holistik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: