Ilustrasi (Sumber gambar: Pexels)

3 Langkah Memilih Tirai Jendela yang Tepat

25 January 2022   |   15:24 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tirai atau gorden memiliki fungsi penting untuk mengatur cahaya yang masuk ke dalam rumah. Kain panjang yang menggantung melapisi jendela ini juga berfungsi untuk menghalau debu masuk. Keberadaan tirai pun menambah nilai estetika di dalam ruangan.

Ternyata, memilih tirai tidak bisa sembarang loh. Mengutip The Spruce, berikut sejumlah langkah agar kalian mendapatkan ukuran dan gaya tirai yang tepat seusai kebutuhan di rumah.
 

1. Kenali ukuran dan jenisnya 

Saat membeli tirai, perhatikan ukuran panjangnya dengan memperhatikan tinggi jendela dan langit-langit. Ada lima standar panjang tirai diantaranya 63 inci, 84 inci, 95 inci, 108 inci, dan 120 inci. Panjang tirai ditentukan dengan mengukur batang tempat tirai menggantung ke bagian bawah kain. 

Untuk mengetahui panjang gorden yang kalian perlukan, harus dengan menaikkan batang ke ketinggian lantai. Tentukan di mana batang gorden akan dipasang atau ukur dari batang yang ada sampai ke tempat kamu ingin menggantung tirai, baik di bagian bawah jendela atau sampai ke lantai. Jangan lupa juga untuk mengukur lebar jendela ya.

Setidaknya ada 4 jenis tirai menurut panjangnya. Pertama tier curtains atau tirai pendek yang menutupi hanya sebagian dari jendela. Kedua, apron curtains, tirai yang menggantung tepat di bawah bagian bawah jendela.

Ketiga, floor curtains, yakni tirai yang menjangkau hingga ke lantai. Biasanya terlihat paling baik saat dipasangkan dengan tongkat yang lebih dekat ke langit-langit. Terakhir ada puddle curtains, tirai yang mencapai ke lantai dengan beberapa sisa kain menggenang di bagian bawah. Sekali lagi, pasangkan ini dengan batang yang terletak lebih tinggi.
 

2. Pilih bahan yang tepat

Bahan dan ketebalan kain memiliki fungsi untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang masuk. Jika kalian ingin banyak cahaya di dalam ruangan, gunakan kain tipis atau katun. Jika ingin cahaya masuk dalam jumlah sedang pilih tirai berbahan linen yang menawarkan tenunan bertekstur.

Sementara jika ingin cahaya terhalang seluruhnya atau sebagian besar, pilih gorden beludru yang sangat tebal, dan buram. Tirai anti tembus pandang, yang memiliki lapisan khusus yang menahan sinar matahari sepenuhnya, juga merupakan pilihan.
 

3. Perhatikan kelengkapan tirai

Langkah terakhir dalam memilih gorden adalah menentukan perangkat keras, termasuk batang gorden. Untuk menyeimbangkan tampilan, pilih batang gorden yang lebarnya 6 hingga 12 inci dari jendela. Ini akan memberikan beberapa minat visual, dan juga memberi ruang untuk memindahkan gorden ke samping saat ingin membukanya. Untungnya, sebagian besar batang gorden standar dapat disesuaikan sehingga kalian dapat membuatnya lebih kecil atau lebih besar sesuai kebutuhan.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Fakta Menarik tentang Flurona yang Perlu Diketahui

BERIKUTNYA

6 Tips Mudah Jalankan Pola Makan Clean Eating

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: