Ilustrasi pet grooming (Sumber gambar: Boney/Unsplash)

Ingin Anabul Perawatan ke Pet Grooming? Cek Dulu Jenis & Tarifnya

08 December 2022   |   16:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga membutuhkan perawatan untuk menjaga penampilan dan kesehatannya atau yang biasa dikenal dengan pet grooming. Dalam pet grooming, biasanya hewan peliharaan, khususnya anabul (anak bulu, istilah untuk anjing atau kucing) akan mendapatkan layanan mandi hingga perawatan.

Salah satu tempat pet grooming yang memberikan layanan khusus untuk anjing adalah Risepet. Owner Risepet, Selly Sulisthia, menjelaskan secara garis besar layanan-layanan yang ditawarkan untuk pet grooming terdiri dari basic grooming, full grooming (termasuk styling), dan perawatan tambahan.

Untuk jenis perawatan basic grooming, umumnya akan meliputi menggunting kuku hewan, membersihkan telinga, mencukur bulu di beberapa bagian tertentu, mandi, blow, hingga menyisir bulu.

Sedangkan untuk perawatan full grooming terdiri dari seluruh tahapan basic grooming ditambah dengan styling seperti cukur hingga pewarnaan bulu.

Baik perawatan basic maupun full grooming, Selly menuturkan tren minat kedua layanan tersebut saat ini masih seimbang, tergantung dari kebutuhan pemilik dan hewan peliharaannya.

Sebab, menurutnya, seiring waktu, pemilik hewan peliharaan memiliki tingkat kesadaran yang tinggi akan kesehatan dan penampilan anabul. "Pet owner itu makin anggap anjingnya kaya anak. Makanya pet shop yang berkualitas itu akan lebih dicari," katanya kepada Hypeabis.id, belum lama ini.

Oleh karena itu, menurut Selly, salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para penyedia jasa pet grooming adalah kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen. Mulai dari cara grooming yang benar hingga memastikan hasil perawatan hewan peliharaan yang bersih dan terbebas dari kutu dan jamur.
 

f

Ilustrasi pet grooming (Sumber gambar: J. Balla Photography/Unsplash)

Guna memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumennya, Selly mengatakan para groomer di Risepet telah bersertifikat, serta menggunakan produk-produk perawatan yang berkualitas, sehingga tarif grooming yang dibanderol pun terbilang lebih tinggi dari salon lainnya.

Untuk tarif grooming sendiri tergantung pada ukuran anjing. Untuk biaya perawatan basic grooming anjing kecil dibanderol seharga Rp100.000 sampai Rp250.000, anjing sedang seharga Rp200.000 sampai Rp300.000, sedangkan anjing besar seharga Rp300.000 sampai Rp500.000. Sementara untuk tarif styling mulai dari Rp325.000 sampai Rp600.000.

Dari sekian banyak anjing, Selly mengatakan bichon frise merupakan salah satu jenis yang memerlukan perawatan khusus terutama dalam urusan styling.

Sebab, menurutnya, di Indonesia, masih jarang pet shop yang bisa melakukan styling terhadap anjing bichon frise, sehingga harga perawatannya cukup mahal.

Pada kesempatan terpisah, CEO Groovy Pet Service, Juda Trijoga Adisusanto, mengatakan jasa pet grooming yang dipilih pelanggan biasanya tergantung dari jenis atau ras anabul itu sendiri.

Seperti misalnya anjing dengan bulu yang panjang biasanya membutuhkan perawatan grooming tambahan yaitu pencukuran (trimming). "Kalau bulu pendek tidak dicukur biasanya, hanya dibersihkan," katanya.

Adapun, untuk tarif perawatan yang harus dibayar dilihat dari beberapa faktor seperti ras atau jenis hewan, ukuran, hingga tingkat kesulitan perawatan. Untuk sekali melakukan grooming, biasanya pemilik pet harus mengeluarkan biaya sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000.

Untuk kian memenuhi kebutuhan pelanggannya, Groovy saat ini telah memiliki layanan home grooming, yaitu jasa perawatan hewan peliharaan dari rumah dengan dua groomer.

Selain itu, ada juga pilihan pick up and delivery service, di mana hewan peliharaan akan dijemput dan diantar kembali ke rumah pemilik selama proses grooming.

SEBELUMNYA

4 Tim Esport Bersaing Menjadi Jawara Mobile Legends National Tournament 2022

BERIKUTNYA

Ada Penyesuaian Operasi KRL pada 9 Desember 2022, Yuk Cek Jadwal Kereta Terakhir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: