Ilustrasi (sumber gambar : RM Payakumbuah)

RM Payakumbuah Milik Arief Muhammad Tawarkan Kemitraan, Omzet Capai Miliaran Perbulan

06 December 2022   |   18:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype suka nasi Padang dan ingin memulai bisnis masakan padang? Kini bisa makin mudah loh, karena sudah ada sejumlah brand yang menawarkan paket kemitraan atau waralaba bisnis nasi Padang. Selain sudah memiliki pasar yang stabil, berbagai kemudahan juga ditawarkan franchisor kepada franchisee.

Omzetnya pun tidak main-main karena memang nasi padang sudah terkenal kelezatannya dan menjadi salah satu kuliner yang paling disukai masyarakat Indonesia dan bisa dinikmati setiap harinya dengan berbagai menu berbeda mulai dari rendang, ayam bakar, dendeng, telur, dan lain sebagainya.

Nah, jika Genhype ingin berkecimpung dalam bisnis ini boleh coba untuk ikut paket kemitraan yang ditawarkan oleh Rumah Makan Padang Payakumbuah yang didirikan oleh pengusaha dan konten kreator Arief Muhammad pada Juni 2022 ini.

Baca jugaBisa Kalian Coba, 5 Strategi Unik Arief Muhammad Membangun Personal Branding

Setelah enam bulan berjalan, perkembangan bisnis RM Payakumbuah terus menunjukkan peningkatan penjualan. Bahkan pada Oktober lalu, omzet dari RM Payakumbuah menyentuh angka Rp1,7 miliar atau sekitar Rp56 juta per hari.

CEO RM Payakumbuah Rinaldi mengatakan sejak pertama kali hadir, pihak manajemen terus melakukan evaluasi dan menyempurnakan kualitas menu serta sistem dan pelayanan sehingga banyak respon positif yang diterima dari para pengunjung.

Tak jarang orang harus mengantre untuk mencicipi menu khas dari RM Payakumbuah. Melihat perkembangan tersebut, pihak manajemen pun mantap untuk makin ekspansif.

Setidaknya dalam tahun ini RM Payakumbuah akan memiliki 3 cabang berlokasi di BSD, Karawaci, dan akan segera buka Restoran Payakumbuah di Gading Serpong. Adapun tahun depan, pihaknya berencana membuka 2 gerai per bulan atau 24 gerai dalam satu tahun di kawasan Jabodetabek.

“Kami menawarkan sistem kemitraan atau waralaba bagi para pelaku usaha yang ingin memulai bisnis rumah makan Padang tanpa harus memulai dari nol. Dari 24 gerai, yang dikembangkan owner 20 persen sisanya dari kemitraan,” ucapnya.

Adapun paket kemitraan yang ditawarkan senilai Rp1,45 miliar mencakup brand lisensi selama 5 tahun, jasa training dan pendampingan, bahan baku training dan bahan baku awal, marketing activation, biaya seragam, dan lain sebagainya.

Namun, biaya tersebut belum termasuk renovasi, furnitur, dan biaya operasional, sewa tempat dengan luas minimal 300 meter persegi, hingga ijin reklame sehingga secara keseluruhan estimasi biaya yang harus disiapkan mencapai Rp4 miliar. Adapun target omzet per bulan minimal Rp1,1 miliar hingga Rp1,8 miliar dengan jangka waktu BEP kurang dari 2 tahun.

“Bagi yang ingin gabung menjadi mitra, kami akan melakukan skrining karena yang kami cari bukan hanya yang kuat dari sisi financial tapi juga memiliki visi dan misi yang sama sehingga brand yang dibangun akan makin berkembang ke depannya,” terangnya.

Pihaknya berharap dalam 10 hingga 20 tahun ke depan RM Payakumbuah akan memiliki 1000 cabang yang tidak hanya buka di seluruh wilayah Indonesia tapi juga hingga mancanegara sekaligus memperkenalkan masakan Padang ke seluruh dunia.


Keunikan RM Payakumbuah

Pria yang akrab disapa Inal ini mengatakan bahwa RM Payakumbuah memiliki keunikan karena menyajikan makanan khas Minang dengan rasa yang masih otentik. Nah, untuk menghadirkan cita rasa otentik mereka menggunakan bahan baku yang didatangkan langsung dari tanah Minang mulai dari cabai, kelapa, serta beras, termasuk tukang masaknya.

Tak hanya itu, untuk menambah kesan otentik, ambience rumah makan yang dibangun pun tidak luput dari nuansa Sumatera Barat dengan sentuhan modern sehingga menciptakan suasana yang nyaman.

“Keistimewaan dari RM Payakumbuah ini adalah cita rasa otentik Sumatera Barat tapi sedikit disesuaikan dengan lidah masyarakat sini. Misalnya beras di Sumbar karakternya beras perak sedangkan disini beras pulen. Nah, kita di sini bikin tengah-tengah, ngga terlalu perak juga nggak terlalu pulen,” ujarnya.

Adapun menu khas yang menjadi favorit para pengunjung adalah dendeng batokok Rp25.000, talua barendo Rp20.000, ikan asap salai yang bahan bakunya dibawa langsung dari Sumbar Rp15.000, tunjang Rp24.000, rendang Rp21.000, kerupuk kulit siram Rp15.0000.

Sementara itu, untuk menu dessert dan minuman yang menjadi favorit adalah Es Durian Rp20.000, Kopmil (kopi milo) Rp20.000, teh talua Rp10.000.

“Ini menu-menu autentik Minang yang menjadi favorit di sini, terutama dendeng batokok, ikan salai, talua barendo, teh talua, dana kopmil yang belum tentu bisa ditemui di rumah makan padang lainnya,” ucapnya.

Baca jugaMau Buka Usaha Franchise? Cek Modal Awal Paket Warteg Kharisma Bahari Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Resep Sate Rembiga, Kuliner Khas Lombok yang Cocok Temani Malam Tahun Baru

BERIKUTNYA

Noice Hadirkan Audioseries Bergenre Romance yang Terinspirasi dari Lagu Afgan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: