Sate Padang Ajo Ramon di Festival Jajanan Bango 2022 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta)

Wajib Dicoba! Ini 5 Jenis Sate Khas Nusantara di Festival Jajanan Bango 2022

28 October 2022   |   19:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kuliner Indonesia sangat beragam, contohnya saja sate. Tercatat ada 252 jenis sate di Tanah Air, bukan sekadar sate kambing atau ayam dengan bumbu kacang maupun kecap saja, lho Genhype. Di beberapa daerah, tidak jarang yang menyajikan daging sapi hingga kuda untuk dijadikan sate. 

Nah, buat yang ingin mencicipi ragam sate Nusantara, kamu  bisa mengunjungi Festival Jajanan Bango 2022. Bertempat di Plaza Timur dan Parkir Timur GBK Senayan pada 28-30 Oktober 2022, ada beberapa jenis sate dari beberapa daerah yang tentunya memiliki cita rasa berbeda dan menggugah selera.

Berikut ini, 5 rekomendasi sate khas Nusantara di Festival Jajanan Bango 2022 dari Hypeabisid. 


1. Sate Klathak Pak Pong

Salah satu kuliner legendaris asal Bantul, Yogyakarta ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal. Bahkan Sate Klathak Pak Pong kerap menjadi tujuan wisata ketika berkunjung ke daerah Kota Pelajar itu.

Sate Klathak Pak Pong yang sudah berdiri hingga generasi ketiga memiliki keunikan, terutama dalam penyajian. Pasalnya, daging kambing sebagai bahan dasar bukan ditusuk dengan bambu melainkan jeruji sepeda. 

Staf Manajemen Sate Klathak Pak Pong, Utus Santoso menerangan dari segi potongan daging pun lebih besar dari sate biasanya. Bumbu sate bukan dari kacang ataupun kecap, melainkan kuah gulai yang membuat cita rasa sate ini lebih sedap dan gurih. 

“Kami pakai semua bumbu dapur untuk kuahnya. Bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri merica, laos, jahe sereh, daun salam, jeruk, lengkap bumbu dapur,” ujar Utus saat diwawancarai Hypeabis.id di Festival Jajanan Bango 2022. 

Cara memakannya, Sate Klathak Pak Pong yang sudah dibumbui kecap tinggal dicelupkan ke kuah gulai. Bisa dipakaikan sampai sesuai selera. 

Adapun dalam satu porsi, kamu mendapatkan 2 tusuk sate kambing berisi beberapa potongan besar. Kata Utus, kambing yang digunakan untuk membuat sate ini pun selalu fresh. Sate ini dijual dengan harga Rp30.000 per porsi. 

Selain sate klathak, kamu bisa menjumpai menu olahan kambing lainnya seperti tongseng, tengkleng, kicik, hingga nasi goreng ketika berkunjung ke kedai Sate Klathak Pak Pong di Yogyakarta. Setidaknya, warung ini menghabiskan 25-35 kambing per harinya lho, Genhype!

Namun demikian, kamu enggak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta untuk mencicipi Sate Klathak Pak Pong. Datang saja ke Festival Jajanan Bango 2022. Tenda sate ini tepat di sebelah kiri ketika kamu masuk ke area kuliner.

Baca juga: Kuliner Lokal Jadi Senjata Tarik Wisatawan Mancanegara


2. Sate & Tongseng Pak H. Budi

 

Sate & Tongseng Pak H. Budi

Sate & Tongseng Pak H. Budi di Festival Jajanan Bango 2022 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta)


Berdiri sejak 1985, coba bergeser sedikit ke tenda Sate & Tongseng Pak H. Budi, yang tidak jauh dari tenda Sate Klathak Pak Pong. Ini adalah sate khas Solo yang memakai bumbu kacang atau kecap sebagai toping. 

Setiap harinya, warung yang berada di Jalan Veteran Raya dan Pahlawan Revolusi, Jakarta ini bisa menjual 250 tusuk, lho. Selain sate, kamu juga mencicipi tongseng kambing dan sapi di booth Sate & Tongseng Pak H. Budi yang ada di Festival Jajanan Bango. 

Tongseng yang disajikan punya cita rasa dan aroma yang kuat karena memakai beragam rempah dan dimasak menggunakan bara api. “Ada 30 macam jenis bumbu. Kita pakai arang agar aromanya keluar,” ujar Masyanto Juru Masak Sate & Tongseng Pak H. Budi, saat ditemui Hypeabis.id.
1
2


SEBELUMNYA

Blink Siap-siap! BLACKPINK Bakal Konser di GBK Jakarta 11 & 12 Maret 2023

BERIKUTNYA

Seniman Minta Pemerintah Perjelas  Skema Karya Seni untuk Jaminan Utang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: