Hati-hati, beberapa aplikasi ternyata mencuri informasi login Facebook (Pexels/Pixabay)

Waspada, 9 Aplikasi Ini Curi Informasi Login & Password Pengguna Facebook

05 July 2021   |   11:53 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Perusahaan analis keamanan Doctor Web telah menemukan 10 aplikasi berbahaya yang mencuri data login dan password pengguna Facebook. Dari jumlah tersebut, 9 aplikasi di antaranya tersedia di Google Play Store.

Perusahaan mengatakan bahwa trojan pencuri ini disebarkan sebagai perangkat lunak yang tidak berbahaya dan telah diinstal lebih dari 5,8 juta kali oleh para pengguna Android.

Cara kerjanya adalah aplikasi trojan menggunakan mekanisme khusus untuk menipu korbannya. Setelah menerima pengaturan yang diperlukan, mereka membuat laman web Facebook ke dalam WebView.

Selanjutnya, para pelaku kejahatan memuat JavaScript yang diterima ke dalam WebView yang sama. Skrip ini kemudian langsung digunakan untuk meng-hijack kredensial login yang dimasukkan.

Setelah itu, JavaScript menggunakan metode yang disediakan melalui anotasi, meneruskan informasi login dan kata sandi yang dicuri ke aplikasi trojan, yang kemudian mentransfer data ke server penyerang.

Mengutip Gadgets Now, berikut ini adalah 9 aplikasi berbahaya serta nama pengembang dan jumlah instalasinya, yang perlu Genhype waspadai nih :

 
ilustrasi hacker/ist
1. PIP Photo

PIP Photo adalah aplikasi pengeditan gambar yang dikembangkan oleh perusahaan bernama LIllian dan telah diunduh lebih dari 5 juta kali di perangkat Android.

2. Processing Photo

Aplikasi edit foto ini juga telah diunduh lebih dari 5 juta kali oleh pengguna ponsel Android. Aplikasi ini dikembangkan oleh Chikumburahmilton.

3. Rubbish Cleaner

Aplikasi ini adalah alat untuk mengoptimalkan kinerja perangkat Android yang telah di-download lebih dari 1 juta pengguna. Pengembangnya adalah SNT.rbcl.

4. Horoscope Daily

Horoscope Daily telah diunduh lebih dari 1 juta kali di perangkat Android. Pengembang aplikasi ini adalah HscopeDaily Momo.

5. Inwell Fitness

Seperti namanya, ini adalah aplikasi untuk kebugaran yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna. Aplikasi dikembangkan oleh Reuben Germaine.

6. App Lock Keep

Aplikasi ini memberikan kemampuan untuk mengaktifkan batasan akses penggunaan aplikasi lain di dalam ponsel. Sudah lebih dari 5.000 pengguna yang mengunduh. Dikembangkan oleh Sheralaw Rence.

7. Lockit Master

Mirip seperti aplikasi sebelumnya, ini juga bisa membatasi penggunaan aplikasi tertentu oleh orang lain. Lockit Master telah diunduh lebih dari 5 juta kali dengan pengembang Enali Mchicolo.

8. Horoscope Pi

Aplikasi mengenai horoskop pada umumnya yang hingga kini jumlah unduhannya masih berkisar 1.000 pengguna. Pengembangnya adalah Talleyr Shauna.

9. App Lock Manager

Ini sama seperti aplikasi App Lock Keep dan Lockit Master, tetapi kurang populer dengan sekitar puluhan pemasangan. Aplikasi dikembangkan oleh pengembang Implummet Col.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Tutup Selama PPKM, Ini yang Dilakukan Pengelola Wisata Ancol

BERIKUTNYA

Ini Gejala Long Covid-19 yang Perlu Kamu Tahu

Komentar

Erick TroyudaN

Erick TroyudaN

10 Oct 2021 - 00:44

Kebanyakan nama2 tsb=anonim freshgraduate mafiaIntelejen yg telah dipenjara/dilepas kembali utk sebuahtujuan.incragh hukum kpd google_ujung2nya usgoverment subordination yg dipermalukan.Biasalahh..bisnis,Politik,kemasyuran diNegeri Impian sejutaUmat.????????????????????????????????????


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: