Sundulan Ronaldo di pertandingan antara Portugal melawan Korea Selatan (Sumber gambar: Tangkapan layar laman FIFA)

Cetak Rekor, Tiga Tim dari Asia Masuk Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

03 December 2022   |   13:05 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan terakhir babak kualifikasi grup antara Korea Selatan melawan Portugal berakhir penuh drama. Tim nasional Negeri Ginseng itu berhasil mengungguli Portugal di menit-menit akhir babak kedua, dan membuat tim nasional dari Asia mencatatkan sejarah.

Kemenangan Korea Selatan atas Portugal dengan skor 2-1 membuat jumlah tim nasional dari konfederasi sepak bola Asia (Asian Football Confederation/AFC) yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia menjadi tiga tim.

Sebelumnya, Australia yang berada di Grup D dan Jepang di Grup E memastikan lolos dari babak kualifikasi grup, dan akan berlaga di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Tiga tim nasional dari AFC yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi sejarah dalam ajang yang terselenggara setiap empat tahun sekali itu. Dalam catatan sebelumnya, belum pernah ada sampai tiga tim nasional dari AFC yang bisa lolos fase kualifikasi grup.

Baca juga: Hwang Heechan Bikin Gol Mengejutkan, Portugal dan Korea Selatan Tetap Melaju ke 16 Besar

Konfederasi sepak bola Asia hanya memiliki dua perwakilan yang mampu lolos dari babak fase grup, yakni pada Piala Dunia 2002 dan 2010. Pada saat itu, tim yang lolos adalah Jepang dan Korea Selatan.Sementara itu, pada Piala Dunia 2010, Korea Selatan dan Jepang adalah tim yang juga lolos ke babak 16 besar.

Di ajang Piala Dunia 2022, Australia lolos sebagai peringkat kedua klasemen Grup D dengan poin 6. Australia tercatat memenangkan dua kali pertandingan dan satu kali kekalahan dari tiga pertandingan yang dilakoni.

Sementara Korea Selatan melaju ke babak 16 besar juga dengan posisi kedua di klasemen Grup H. Korea Selatan tercatat memiliki empat poin dari tiga kali pertandingan dengan satu kali menang, satu kali kalah, dan satu kali seri.

Adapun, Jepang menjadi satu-satunya tim nasional dari konfederasi sepak bola Asia yang berhasil memuncaki klasemen grup. Tim Samurai Biru berhasil mengoleksi nilai enam di Grup E dengan dua kali menang dan satu kali kalah dari tiga pertandingan.

Kemenangan tim nasional dari Asia menjadi perhatian tersendiri lantaran mereka bukan tim unggulan di babak kualifikasi grup. Jepang yang mampu lolos dari Grup E tercatat mampu mengungguli tim nasional Spanyol dan Jerman. Tim Samurai Biru berhasil unggul dari kedua tim nasional tersebut saat bertemu di babak kualifikasi grup setelah tertinggal terlebih dahulu.

Sementara Korea Selatan juga bukan tim unggulan di babak kualifikasi Grup H. Korea Selatan bahkan diperkirakan akan mengalami kekalahan saat melawan Portugal di partai terakhir. Di atas kertas, tim nasional Portugal yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar memiliki pemain-pemain top.

Tidak hanya itu, tim nasional Portugal juga memiliki peringkat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Korea Selatan. Dalam catatan FIFA, tim nasional Portugal berada di peringkat sembilan dunia dengan total poin 1.676,56. Sementara itu, peringkat Korea Selatan adalah 28 dengan total poin 1.530,3 atau terdapat selisih 19 peringkat dengan Portugal.

Babak 16 besar bukan babak terakhir dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar. Tim-tim dari Asia yang lolos fase grup akan berhadapan dengan tim lainnya untuk memperbutkan tiket ke babak delapan besar. Di babak 16 besar, Australia yang menempati peringkat kedua Grup D akan berhadapan dengan Argentina sebagai juara Grup C pada 4 Desember 2022 di Stadion Ahmad Bin Ali pada pukul 02.00 WIB.   

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Karya Populer Takashi Murakami, Flowers Jadi yang Paling Tenar

BERIKUTNYA

Simak Sejarah Hari Penyandang Disabilitas Setiap 3 Desember

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: