Pemain sepakbola Korea Selatan, Hwang Hee-chan. (Sumber gambar: Instagram.com/thekfa)

Hwang Heechan Bikin Gol Mengejutkan, Portugal dan Korea Selatan Tetap Melaju ke 16 Besar

03 December 2022   |   07:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran babak grup Piala Dunia 2022 resmi berakhir. Berakhirnya fase grup ini dilanjutkan dengan pertandingan di putaran 16 besar yang diisi oleh 16 tim dengan poin teratas dari masing-masing grup. Grup H menjadi lingakaran yang menutup rangkaian fase grup di Piala Dunia 2022 kali ini.

Laga menarik tersaji dalam duel sengi tantara Korea Selatan vs Portugal. Pasalnya, kedua tim merupakan tim kuat dengan catatan statistik yang unik di Piala Dunia kali ini.

Bertanding di Stadium Education City, Qatar, lagi-lagi tim Asia unjuk gigi dengan kaki emasnya. Skuad Taeguk Warrior acap kali membuat lawannya terkejut di akhir pertandingan. Memang mereka sempat kalah tipis melawan Ghana di babak grup H beberapa waktu lalu. Namun perlu diingat, anak asuhan Paula Bento ini membuka laga grup H dengan menarik saat melawan Uruguay.

Baca juga: Delapan Menit Paling Menegangkan Untuk Korea Selatan

Mereka mampu menahan imbang Uruguay hingga akhir laga dengan catatan penguasaan bola yang berbeda tipis dari Uruguay. Meski laga harus berakhir tanpa gol, penampilan Korea Selatan cukup mengejutkan penggemar sepak bola kala itu.

Melawan Portugal semalam merupakan kemenangan pertama yang direngkuh oleh Korea Selatan. Meski mereka sempat lesu di menit awal karena Ricardo Horta menjebol gawang Kim Seung-gyu, tetapi mereka tampil sama maksimalnya dengan Portugal. Dari catatan statistik pertandingan yang dimuat FIFA, baik Korea Selatan dan Portugal sama-sama mencatat 13 kali tembakan dan 6 kali tembakan ke arah gawang.
 

Kelesuan itu tak membuat Jung Woo-young dan kawan-kawan berdiam diri. Skuad Korea Selatan segera menjebol barisan pertahanan Pepe melalui kaki Kim Young-gwon di menit ke-27. Pertandingan pun tak selalu berjalan mulus, Lee Kangin dihadiahi kartu kuning di menit ke-36 pertandingan. Hingga babak pertama selesai, keduanya bertahan dengan skor akhir 1-1.

Memasuki babak kedua, pergantian pemain mulai terjadi. Diawali oleh pergantian Matheus Nunes dengan Joao Palhinha, di menit yang sama pergantian pemain di lini tengah juga berganti dengan masuknya Rafael Leao menggantikan Ruben Naves. Terakhir, Coach Fernando Santos memilih mengeluarkan Ronaldo untuk diganti dengan Andre Silva.

Tidak hanya barisan Portugal, Korea Selatan juga melakukan pergantian pemain di menit yang sama. Hwang Hee-chan masuk menggantikan Lee Jae-sung merumput di stadion Qatar. Lee Kang-in yang mendapat hadiah kartu kuning pun diistirahatkan dan digantikan oleh Hwang Ui-jo. Di menit akhir, masing-masing coach memilih untuk mendorong Son Jun-ho, William, hingga Bernardo Silva ke lapangan.

Waktu reguler pertandingan pun habis. Kedua tim harus berhati-hati menghadapi waktu tambahan. Pasalnya banyak hal tak terduga terjadi di menit-menit penuh risiko itu. Benar saja, Hwang Hee-chan mengamuk di menit ke-91. Dia mendapat operan manis dari Son Heung-min dan kemudian langsung menjebol gawang kiper Costa.

Meski Korea Selatan menang cukup berarti dari Portugal, pertandingan yang mengejutkan itu berhasil menghantarkan keduanya melaju ke babak 16 besar. Skuad Portugal memuncaki klasemen akhir Grup H dengan raihan 6 poin, sementara Korea Selatan menyusul dengan 4 poin.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Delapan Menit Paling Menegangkan Untuk Korea Selatan

BERIKUTNYA

Kemenangan Hampa Kamerun, Brasil Tetap Melaju ke 16 Besar Meski Kalah 1-0

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: