World Scholar’s Cup Tournament of Championship 2022 yang diikuti lebih dari 45 negara dan lebih dari 1.600 pelajar SMP dan SMA dari seluruh dunia. (Sumber gambar: Sekolah Cikal)

2 Siswi Asal Indonesia Raih 13 Medali di World Scholar’s Cup Tournament of Championship 2022

01 December 2022   |   18:06 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Siswi Sekolah Menengah Pertama dari Indonesia berhasil memperoleh medali emas dan perak di final turnamen akademik pelajar kelas dunia, yakni World Scholar’s Cup (WSC) Tournament of Championship 2022 yang diikuti lebih dari 45 negara dan lebih dari 1.600 pelajar SMP/SMA dari seluruh dunia.

Berdasarkan rilis yang diterima Hypeabis.id, siswi Indonesia tersebut adalah Btari Padma Zamzami dan Audrey Primadevi Subiakto. Keduanya secara keseluruhan berhasil memperoleh 13 medali yang terdiri dari enam medali emas dan tujuh medali perak.

Audrey Primadevi Subiakto menuturkan bahwa Tournament of Championship 2022 yang diikuti penuh dengan tantangan. Tidak hanya itu, rasa gugup juga kerap menghinggapi selama turnamen berlangsung.

Bukan tanpa sebab, rasa gugup itu dapat terjadi lantaran ajang Tournament of Championship 2022 lebih susah jika dibandingkan dengan ajang World Scholar’s Cup fase Global Round yang terselenggara di Vietnam. “Tapi, saat event sudah mulai, perasaannya memang lebih enak,” katanya.

Siswi yang kerap disapa Audrey itu banyak melakukan sosialisasi dengan kawan, baik dari negara sendiri maupun dari negara lainnya yang berada di ajang ini, sebagai cara dapat tetap bersemangat menghadapi turnamen.

Baca juga: Keren, 2 Pelajar Indonesia Borong Medali Emas di Ajang World Scholar's Cup

Audrey menambahkan bahwa jadi memiliki pengalaman dalam debat dan belajar topik yang belum pernah dipelajari di sekolah dalam keikutsertaan di ajang WSC dari babak regioinal di Jakarta, Global di Vietnam, dan Tournament of Champions di Amerika Serikat.  

“Aku juga bertemu temen-temen baru dari negara lain karena wsc, dan aku harap persahabatan itu bisa bertahan lama.” Katanya.

Sementara itu, Btari mengatakan bahwa diri bersyukur atas pengalaman yang diraih di WSC Tournament of Championship 2022. Dia merasakan perkembangan sebagai pelajar dari sisi akademik sejak di tahap regional dengan mengikuti ajang ini.

“Sebagai pelajar aku bisa mengatur waktuku dan menjadi lebih baik dalam bidang debat dan menulis,” katanya.

Dia bahkan menambahkan dapat memahami dunia dari berbagai perspektif dan menjadi lebih percaya diri saat mencoba sesuatu yang baru dengan bertemu banyak teman dari budaya yang berbeda.

Devi Natalia Susanti, Koordinator WSC Cikal Amri Setu, Guru Pendamping, dan Fasilitator Audrey dan Btari, mengatakan bahwa bentuk kompetisi yang ada di Tournament of Championship sama seperti WSC di babak regional maupun global. “Ada tim debat, collaborative writing, challenge, dan scholar's bowl,” katanya.

Selain itu, dia menuturkan juga ada kegiatan non-akademik seperti scavenger hunt, culture fair, an schollar’s ball. Di culture fair, setiap sekolah dari negara di dunia yang berpartisipasi dalam ajang ini membuat booth untuk menunjukkan budaya negara atau khas negara. Sementara itu, di scholar’s ball, para siswa dan siswi yang menjadi peserta dapat bersosialisasi dengan akademisi lainnya.

Untuk diketahui, World Scholar’s Cup merupakan turnamen akademik pelajar dunia yang paling terkenal dan diadakan setiap tahun. Para pelajar yang hadir dan sampai ke tahap akhir merupakan para pelajar terbaik pilihan setiap negara.

Baca juga: Siswa Asal Indonesia Ini Meraih Juara di Olimpiade Bahasa Jerman Internasional 2022

Berikut medali yang diperoleh oleh Btari dan Audrey:

Btari & Audrey sebagai tim:

  • Silver - Team Challenge
  • Silver - team Bowl
  • Gold - team Debate
  • Gold - team Writing
  • Silver - team Countdown Junior
 

Personal Medal Btari:

  • 3 Silver medals - Individual subject challenge
  • Silver - Champion Scholar
  • Gold - writing
  • Gold - debate champion
 

Personal Medal Audrey

  • Gold - writing
  • Gold - debate champion


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

5 Ide Desain Ruang Tamu Ala Timur Tengah, Dijamin Makin Elegan

BERIKUTNYA

Sederet Sineas Indonesia Hadiri Disney Content Showcase, Chelsea Islan hingga Refal Hady

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: