Grup idola asal Korsel, LOONA. (Sumber gambar : Instagram/LOONA)

9 Member LOONA Tunda Kontrak dengan Agensi, Protes Pemecatan Chuu?

29 November 2022   |   11:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sembilan anggota girl group asal Korea Selatan, LOONA, membuat keputusan yang mencengangkan. Mereka dikabarkan menangguhkan kontrak eksklusif dengan BlockBerry Creative setelah kasus pemecatan Chuu yang dilakukan agensi tersebut pada 25 November 2022.

JTBC melaporkan bahwa kesembilan anggota tersebut diantaranya HeeJin, HaSeul, YeoJin, Kim Lip, JinSoul, Choerry, Yves, Go Won, dan Olivia Hye. Adapun mereka yang tidak mengajukan yakni HyunJin dan ViVi.

Baca jugaChuu Resmi dikeluarkan dari Girl Group LOONA, Ini Alasan Agensi

Keputusan ini kabarnya diambil berdasarkan gagasan bahwa kepercayaan antara agensi dan grup telah runtuh, sehingga dianggap sulit untuk melanjutkan kegiatan manajemen dan hiburan. Namun demikian, BlockBerry Creative menyatakan laporan tersebut tidak benar saat dikonfirmasi media setempat.

Sementara itu, beberapa anggota LOONA tampak menunjukkan dukungannya terhadap Chuu. Dalam aktivitas panggilan telepon bersama penggemar, Gowon dan Heejin melakukan gerakan ikonik yang diciptakan Chuu pada 2018 lalu.

Gerakan yang dinamakan Chuu Heart ini dimulai dengan lingkaran yang dibuat oleh tangannya, dan kemudian menggigitnya, mengubah lingkaran menjadi hati.

Chuu diketahui telah mengajukan gugatan terhadap BlockBerry Creative pada Desember 2021 untuk menangguhkan validitas kontrak eksklusifnya. Sejak itu, dia melanjutkan dengan beberapa aktivitas grup dan jadwal pribadinya secara terpisah dari perusahaan.

Namun pada 25 November 2022, BlockBerry Creative  mengumumkan pemecatan Chuu dari LOONA. Mereka beralasan Chuu melontarkan bahasa kasar dan penyalahgunaan kekuasaan terhadap anggota staf. 
 

Chuu LOONA. (Sumber gambar : Instagram/Chuu)

Chuu LOONA. (Sumber gambar : Instagram/Chuu)

Agensi tersebut menindaklanjuti dengan pernyataan tambahan pada 28 November 2022 yang menjelaskan bahwa pengumuman awal mereka tidak dimaksudkan sebagai pengungkapan. Mereka juga menyebut Chuu dan staf yang dirugikan bisa memberikan kebenaran atau bukti tentang hal ini.

Pada malam harinya, Chuu melalui akun Instagram pribadinya akhirnya buka suara sejak dia dikeluarkan dari LOONA. Dia berterima kasih atas perhatian para penggemar. Selain itu, dia membantah telah melakukan pelecehan terhadap staf.

“Karena saya belum menerima kontak apa pun mengenai rangkaian situasi ini atau mengetahui apa pun tentangnya, saat ini saya memahami situasinya, tetapi yang saya yakini adalah bahwa saya belum melakukan apa pun yang akan memalukan penggemar saya,” ujarnya.

Dia juga akan memberi keterangan lebih lanjut jika sudah ada keputusan pasti mengenai posisinya. “Di masa mendatang, saat posisi saya diputuskan, saya akan membagikan pernyataan lain. Terima kasih banyak atas perhatian dan kepercayaannya kepada saya,” tambah Chuu. 

Seiring dengan pemecatannya dari BlockBerry Creative, Chuu dilaporkan telah menemukan agensi baru, BY4M Entertainment. Perusahaan ini berfokus pada pasar online dan media sosial, serta secara bertahap telah berkembang ke sektor hiburan. 

Baca jugaChuu Akan Pindah Agensi ke BY4M Studio Pasca dikeluarkan dari LOONA

Agensi ini sudah mengakuisisi Major9, rumah bagi Vibe, Ben dan 4men. Mereka juga rumah bagi seniman seperti Jeon Sang Keun, Shin Ye Young, dan Holland.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

BERIKUTNYA

Nova Eliza Kasih 3 Tips Agar Perempuan Terhindar dari Kekerasan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: