Penthouse merupakan hunian vertikal dengan tipe lux yang berada di lantai teratas gedung apartemen. Ilustrasi Penthouse (Sumber gambar Unsplash/Mostafa Safadel)

Mengenal Apartemen Mewah Penthouse, Kelebihan & Kekurangannya

26 November 2022   |   21:02 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, pernah dengar enggak sih penthouse? Bagi sebagian orang jenis hunian itu mungkin sudah tidak asing lagi. Namuan, seringkali masih banyak juga yang bingung mengenai perbedaan properti apartemen mewah itu bila dibandingkan dengan tipe lain yang sekarang marak ditawarkan para pengembang.

Secara umum, penthouse merupakan hunian vertikal dengan tipe lux yang berada di lantai teratas gedung apartemen. Selain itu tipe ini juga menawarkan keindahan pemandangan dari ketinggian, ruangan yang luas, dan privasi lebih bila dibandingkan tipe lainnya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Jenis Coffee Table yang Cocok untuk Rumah atau Apartemen

Konsep penthouse mengalami kenaikan popularitas seiring meningkatnya populasi manusia serta ruang privasi yang semakin sulit didapat. Peluang inilah yang  kemudian dilirik pengembang untuk membangun Penthouse dengan fasilitas premium untuk setiap unitnya.

Nah, bagi Genhype yang mendambakan hunian dengan kenyamanan dan juga ruang privasi, maka apartemen penthouse bisa dijadikan pilihan. Tapi sebelum membelinya, yuk simak kelebihan dan kekurangannya dalam ulasan berikut.


Kelebihan Hunian Penthouse


1. Ruangan yang Lebih Luas 

Memiliki hunian di bagian teratas gedung tentu menjadi prestise sendiri bagi sebagian orang, apalagi tidak adanya penghalang untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Di sisi lain dengan ruangan yang luas juga bisa membuat kalian melakukan banyak aktivitas tanpa bisa diganggu oleh siapapun.


2. Ketenangan dan Kenyamanan

Tinggal di lantai tertinggi sebuah gedung tentu akan membuat kalian mendapat ketenangan karena tidak akan mendengar hiruk pikuk aktivitas yang mungkin didengar jika berada di hunian tipe lain. Di lantai ini tak akan ada polusi suara bising kendaraan, kemacetan yang menggangu mata, atau suara tetangga mengobrol di luar apartemen.


3. Pemandangan dari Ketinggian

Pada dasarnya selain ruangan luas ruangan harga yang dibayar untuk kemewahan Penthouse adalah pemandangan menakjubkan dari atas ketinggian gedung. Di sini tentu saja kalian bisa melihat lansekap kota yang tidak mungkin didapat jika tinggal di rumah konvensional atau apartemen tipe lain. 


4. Akses Fasilitas Luar Ruangan

Apartemen Penthouse juga memberikan kemudahan bagi penghuninya, dalam  hal ini akses ke berbagai fasilitas luar ruangan seperti kolam pribadi, ruang gym, bahkkan lift khusus. Hak eksklusif itu tentunya tidak akan didapat jka kalian membeli apartemen tipe lain.
 

Kekurangan Hunian Penthouse


1. Harga Selangit

Berbanding lurus dengan berbagai fasilitas mewah yang ada di dalamnya, apartemen penthouse tentu dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding tipe lain. Tak heran jika pangsa pasar hunian ini merupakan kalangan atas yang menginginkan pengalaman tempat tinggal eksklusif  di pusat kota.


2. Ada Biaya Perawatan Khusus

Lantaran terletak di ketinggian tentunya jika terjadi kerusakan bakal ada biaya khusus untuk mengangkut bahan-bahan yang digunakan saat dilakukan renovasi, sehingga kalian harus menyediakan dana lebih bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan.


3. Lebih Sering Terpapar Matahari

Kekurangan lain dari hunian penthouse adalah lebih sering terkena panas matahari karena lokasinya berada di paling atas bangunan apartemen. Tak hanya itu, angin yang berembus juga pasti lebih kencang jika dibandingkan apartemen biasa yang letaknya di bawah.


4. Tidak Semua fasilitas Bisa Digunakan Maksimal

Berada di ketinggian gedung meski memiliki keuntungan lebih tapi fasilitasnya mungkin tidak bisa digunakan secara maksimal. Sebab angin yang berhembus lebih kencang serta rentan adanya bencana alam seperti gempa, petir, atau proses evakuasi yang lebih lama. 

Baca juga: Tertarik Tinggal di Apartemen Studio? Simak Kiat Praktis Menata Interiornya

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Mengenal Desain Interior Zen dan Cara Menghadirkannya di Rumah

BERIKUTNYA

Kapan Waktu yang Tepat Beli Rumah?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: