Ilustrasi pertandingan sepak bola (Sumber gambar: Jordan Rowland/Unsplash)

Peta Kekuatan Timnas Portugal, Mampukah Menang di Laga Perdana?

24 November 2022   |   18:15 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Jalan Timnas Portugal melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 diprediksi tidak mudah. Portugal berada di Grup H yang berisi tim-tim dengan kekuatan nyaris seimbang. Di dalam grup tersebut, ada Uruguay, Korea Selatan, dan Ghana, yang siap menjegal langkah Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Meskipun demikian, mimpi Ronaldo untuk membawa Portugal juara di Piala Dunia masih sangat terbuka. Pemain 37 tahun itu akan memberikan permainan terbaiknya mengingat usianya yang makin mendekati masa pensiun.

Timnas Portugal juga sejauh ini belum pernah mencicipi gelar juara di Piala Dunia. Oleh karena itu, para pemain Portugal datang ke Qatar dengan harapan bisa membuat sejarah baru bagi negaranya.

Sepanjang gelaran Piala Dunia, peta kekuatan Timnas Portugal memang tidak terlalu baik. Tim berjuluk Selecao das Quinas tersebut kerap tampil tidak maksimal di ajang pesta sepak bola terbesar di dunia ini.

Selama 21 edisi Piala Dunia, Portugal baru mengikuti turnamen ini sebanyak 7 kali. Debut pertama Portugal di ajang bergengsi ini baru dimulai pada 1966. Saat itu, prestasi Portugal melejit dan menempati peringkat ketiga.

Namun, setelahnya Portugal tampak angin-anginan. Mereka baru lolos lagi ke Piala Dunia pada 1986. Pada edisi selanjutnya, Portugal lagi-lagi tidak lolos ke Piala Dunia.

Baru pada Piala Dunia 2002, mereka kembali merumput di ajang ini. Setelah 2002, keikutsertaan Portugal di Piala Dunia cukup stabil. Mereka bisa tampil di Piala Dunia 5 kali secara beruntun.

Namun, soal prestasi, Portugal masih belum bisa menyamai era Eusebio yang membuat negaranya finish di peringkat ketiga. Portugal sebenarnya punya peluang besar menyamai era emas pada 1966 saat Piala Dunia 2006.

Pada Piala Dunia 2006, Portugal berhasil menembis babak semifinal. Namun, mereka harus puas dengan hanya duduk di peringkat empat. Mereka dipaksa takluk dari Jerman dengan skor 3-1.

Setelahnya, mereka hanya mampu finish di babak 16 besar bahkan beberapa kali terhenti di babak penyisihan. Kehadiran Ronaldo sebagai pemain bintang belum cukup kuat untuk mendobrak prestasi Portugal.


Peta Kekuatan Timnas Portugal di Piala Dunia 2022


Peta kekuatan Timnas Portugal cukup merata. Tidak hanya Cristiano Ronaldo, sejumlah pemain lain juga punya performa yang menawan. Mereka siap mengawal Ronaldo dan memberikan bola-bola manis agar eks bintang Manchester United itu bisa mencetak gol.

Dengan arahan Fernando Santos, Portugal diprediksi akan memberikan kejutan di Piala Dunia 2022. Di lini belakang, Ruben Dias akan menjadi andalan bagi Portugal.

Pemain Manchester City itu akan menjadi bek tengah yang tangguh. Dia juga sudah cukup pengalaman di level internasional. Dias sudah 39 kali membela Portugal dengan kontribusi 2 gol.

Di lini tengah, Portugal memiliki Vitinha. Pemain PSG itu sangat piawai menguasai lini tengah. Dia adalah tipe pemain yang bisa cepat merebut bola dan menjaga permainan tetap mengalir.

Vitinha akan dibantu Rafael Leao di sektor sayap kiri. Pemain AC Milan tersebut bisa menjadi partner yang akan membantu Ronaldo di lini depan. Portugal juga masih memiliki Bernardo Silva yang akan menciptakan bola-bola matang baru Ronaldo.
 

Berikut Daftar Pemain Lengkap Portugal di Piala Dunia 2022


Kiper: Diogo Costa, Jose Sa, Rui Patricio
Belakang: Diogo Dalot, Joao Cancelo, Danilo Pereira, Pepe, Ruben Dias, Antonio Silva, Nuno Mendes, Raphael Guerreiro
Tengah: Joao Palhinha, Ruben Neves, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Joao Mario, Matheus Nunes, Vitinha, William Carvalho, Otavio
Depan: Cristiano Ronaldo, Joao Felix, Rafael Leao, Ricardo Horta, Goncalo Ramos, Andre Silva


Editor: Indyah Sutriningrum
 
SEBELUMNYA

Sambut Hari Guru Nasional, Begini Sejarah & Perjuangan PGRI dari Masa ke Masa

BERIKUTNYA

Teknologi Pendingin di Stadion Piala Dunia 2022 Qatar Sangat Canggih. Ini Cara Kerjanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: