dengan bantuan teknologi, saat ini sudah ada beberapa aplikasi angklung yang bisa diunduh di smartphone (sumber gambar Flickr/Cynthia Iskandar)

Yuk Rayakan Hari Angklung Sedunia dengan 5 Aplikasi Gratis Ini

16 November 2022   |   17:33 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Instrumen alat musik di Indonesia memang unik dengan suara khas yang dihasilkan, dan tentunya tidak dimiliki negara lain. Salah satu yang terkenal tentu saja angklung yang pada hari ini, 16 November dirayakan oleh masyarakat global sebagai Hari Angklung Sedunia.

Untuk ikut serta memeriahkannya, selain menyaksikan pertunjukan angklung ada juga cara lain loh Genhype. Beberapa di antaranya adalah membaca sejarah atau mengunjungi museum angklung. Selain itu, kalian juga bisa mengirimkan ucapan selamat pada para musisi tradisional di Tanah Air.

Jika Google memperingati HariAngklung Sedunia dengan membuat Doodle, kamu pun juga bisa merayakannya dengan mempelajari alat musik ini meski tidak memiliki angklung. Sebab, dengan bantuan teknologi, saat ini sudah ada beberapa aplikasi angklung yang bisa diunduh di smartphone.

Tak hanya itu, cara menjalankan aplikasi ini cukup pun mudah, kalian hanya perlu  mengetuk beberapa tangga nada yang ada sehingga memunculkan bunyi layaknya angklung sungguhan. Bagi yang penasaran, berikut adalah 5 aplikasi angklung gratis yang bisa diunduh di Playstore. 

Baca jugaJadi Google Doodle, Begini Sejarah Hari Angklung Sedunia yang Dirayakan Tiap 16 November
 

1. Angklung Tuk-tuk

Aplikasi buatan Creatifla Multimedia ini bisa menjadi pilihan dan sarana edukasi untuk mengenal angklung sebelum kalian benar-benar mengkoleksinya di rumah. Di aplikasi ini kalian bisa belajar mengenai simulasi cara memainkan alat musik dari Jawa Barat itu dengan nada 1 oktaf di dalamnya.
 

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

Cara memainkannya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu mengetuk setiap gambar angklung yang ada mulai dari Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do yang akan menghasilkan nada yang berbeda saat diketuk. Masuk kategori semua umur, aplikasi ini bisa diunduh dan dimainkan di perangkat Android dengan OS versi 5.0 atau lebih.
 

2. Real Angklung

Dirilis pada 16 Juni 2019, aplikasi buatan Adi Studio ini juga bisa jadi pilihan Genhype untuk mulai belajar angklung dengan memanfaatkan teknologi. Tampilan alat musik di aplikasinya pun mirip dengan angklung asli sehingga akan membuat betah saat dimainkan.
 

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

Sudah diunduh lebih dari 50.000 pengguna, tentunya aplikasi ini pun memiliki kualitas yang baik saat dimainkan. Untuk menginstalnya, Real Angklung membutuhkan perangkat Android dengan OS versi 4.0 ke atas. 


3. Angklung Instrument

Baru dirilis pada 2021, aplikasi Angklung Instrument dikembangkan oleh Sayunara Dev. Hingga saat ini aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 10.000 pengguna android di seluruh dunia. Di aplikasi ini ada dua opsi yang bisa dimainkan, yakni Angklung 1 dan Angklung 2.
 

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

Selain mendapat panduan nada mulai dari Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, hingga Si, dan Do (oktaf), di aplikasi ini kalian juga bisa belajar mengenai sejarah angklung dan jenis-jenisnya yang ada di Nusantara. Untuk memainkan aplikasi ini dibutuhkkan perangkat dengan Android versi 4.4.
 

4. Angklung Sunda

Aplikasi buatan develop Dandy Apps ini dirilis pada 2019, dan hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 10.000 pengguna android. Untuk memainkannya pun cukup mudah karena kalian cukup mengetuk masing-masing gambar angklung sesuai tangga nada yang diinginkan.
 

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

Kelebihan aplikasi bila dibanding dengan yang lain adalah juga disediakannya empat buah lagu sunda di dalamnya meliputi Manuk Dadali, Hayang Kawin, Es Lilin, dan Talak Tilu. Tak hanya itu, kalian juga bisa memutarnya di memori perangkat hp kalian sat ingin didengarkan di waktu luang.
 

5. Angklung Jawa Barat

Berbeda dengan sebelumnya, Angklung Jawa Barat ini merupakan aplikasi sebagai media pembalajaran seni berbasis android dengan mengunaan modul yang cukup lengkap. Diluncurkan pada 2021 aplikasi ini dibuat oleh lulusan  magister seni bernama Faris Hananto.
 

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

sumber gambar (tangkap layar Play Store)

Untuk memainkan angklung dalam aplikasi ini kalian juga hanya perlu mengetuk setiap tangga nada yang telah disiaokan dalam gambar. Dengan visual yang cukup baik Genhype juga bisa memelajari modul angklung yang ada, meliputi jenis-jenis angklung dan sejaranhya yang ada di Indonesia.

Baca jugaMengenal 7 Jenis Angklung di Indonesia, Ada Badeng & Toel

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Kunci Sukses Transformasi Digital lewat Cloud Smart

BERIKUTNYA

I.M MONSTA X Gabung ke Agensi Sony Music Korea, Susul BOYCOLD & Sokodomo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: