I.M MONSTA X. (Sumber gambar: Starship Entertainment)

I.M MONSTA X Gabung ke Agensi Sony Music Korea, Susul BOYCOLD & Sokodomo

16 November 2022   |   20:11 WIB

Setidaknya tiga bulan setelah kabar hengkangnya I.M dari agensi Starship Entertainment, kini maknae atau anggota termuda boy group MONSTA X itu telah mendapatkan rumah baru di Sony Music Entertainment Korea yang menangani manajemen artis dan distribusi musik di Korea Selatan.

Dalam laporan StarNews, Rabu (16/11/2022), Sony Music Korea mengonfirmasi kabar ini bahwa idol kelahiran tahun 1996 itu telah menandatangani kontrak eksklusif bersama dengan agensi tersebut. Dengan ini, dia bergabung bersama produser BOYCOLD dan rapper sokodomo.

Baca juga: 5 Anggota MONSTA X Perpanjang Kontrak, I.M Tinggalkan Agensi Starship Entertainment

Pengumuman ini semula beredar setelah agensi merilis pranala bertuliskan "NEW ARTIST" yang dirilis pada Senin (14/11/2022). Foto ini hanya menunjukkan tanggal pengumuman artis beserta dengan siluet seorang pria berpakaian serba hitam dan diterangi dengan lampu sorot berwarna merah.
 
Identitas I.M mulai dibuka melalui cuitan perkenalan dan pengumuman yang dirilis pada Rabu pagi. Foto ini hanya menampilkan profil I.M yang baru dan sambutan bergabungnya idol sekaligus rapper tersebut.

"Kami dengan senang hati menyambut bahwa Sony Music Entertainment Korea telah bekerja sama dengan I.M untuk membantu perkembangan kariernya sebagai artis solo," tulis perwakilan agensi.
 
I.M atau yang dikenal dengan nama asli Im Chang-kyun merupakan anggota termuda MONSTA X sekaligus satu dari tujuh peserta pemenang kompetisi survival No.Mercy. Debut pada 2015, dia dikenal dengan partisipasinya dalam penulisan lirik sejak debut hingga akhirnya debut solo pada 2021.

Sebelum itu, dia sempat memiliki proyek pribadi melalui perilisan beberapa mixtape seperti Who Am I? bersama solois Yeseo (2016), Madeleine dengan Brother Su dan J.Han (2016), Be My Friend bersama Joohoney MONSTA X (2017), Fly With Me (2018), Horizon bersama ELHAE dan Scent (2019), serta berkolaborasi dengan ELHAE untuk single Need to Know (2020).

Debut solonya dilakukan melalui album EP Duality (2021) dengan lagu utama God Damn. Album ini diketahui telah dipersiapkan setidaknya selama kurang lebih satu tahun dengan menunjukkan beragam kemampuan musiknya serta sisi lain yang belum sempat ditunjukkan selama bekerja bersama MONSTA X, termasuk kemampuan penulisan lirik dan komposisi.

Proyek lainnya yang juga hadir setelah debut solonya adalah partisipasi dalam dokumenter Welcome to My Baverse dan merilis lagu Loop untuk proyek ini. Tak hanya itu, dia juga pernah berpartisipasi sebagai kolaborator dalam lagu Distance milik solois Heize pada 2022.

Selama berkarier sebagai musisi, dia telah tercatat dalam kredit penulisan lirik dan produksi lagu sebanyak 124 buah sebagaimana tertera dalam Korea Music Copyright Association (KOMCA) selama 2015-2022. Selain proyek dari acara No.Mercy dan bersama MONSTA X, kredit ini didapatnya dari proyek lagu On My Way milik Yoonseok dan Ken VIXX, serta proyek lagu Summer Taste untuk iklan brand minuman Pepsi Korea.

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Yuk Rayakan Hari Angklung Sedunia dengan 5 Aplikasi Gratis Ini

BERIKUTNYA

Begini Cara Penerapan Fitur Darurat SOS di iPhone 14 Melalui Satelit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: