Ilustrasi susu (Jagoda Kondratiuk - Unsplash)

Simak 7 Manfaat Susu Almon untuk Busui

02 November 2022   |   20:15 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Susu almon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai alternatif susu sapi, susu almon rendah kalori dan lemak, kaya protein, vitamin A, vitamin E, vitamin D, kalium, hingga kalsium. Rasanya pun kini cukup bervariasi dengan berkembangnya inovasi. 

Seperti namanya, susu ini terbuat dari kacang almond yang direndam, digiling, dan disaring. Susu almon sangat baik untuk dikonsumsi untuk ibu menyusui (busui), loh bunda. 

Baca juga: Bunda Wajib Tahu, Ini Penyebab Alergi Susu Sapi pada Anak

Nah, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa bunda dapatkan ketika mengonsumsi susu almon saat menyusui: 


1. Meningkatkan produksi ASI

Kandungan asam lemak omega-3 di dalam susu ini dapat merangsang hormon prolaktin dan oksitosin pada ibu yang sedang menyusui. Hormon ini meningkatkan kuantitas dan kualitas air susu ibu (ASI). Jika Bunda menderita tingkat laktasi yang buruk, minum susu almond secara teratur dapat memiliki efek psikologis dalam meningkatkan ASI.


2. Meningkatkan kekebalan tubuh pasca persalinan

Alternatif lezat selain susu sapi ini kaya akan vitamin dan mineral. Dengan mengonsumsi susu almon secara teratur sistem kekebalan tubuh ibu yang sedang menyusui bisa meningkat. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan pemulihan pasca melahirkan dan menjaga kesehatan si kecil.


3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor di dalam susu almon membantu perkembangan tulang yang lebih kuat dan sehat untuk bayi. Hal itu karena ASI yang diproduksi ibu peminum susu almon, jumlahnya meningkat dan berkualitas.


4. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan masalah serius selama kehamilan karena dapat menyebabkan preeklamsia. Kondisi ini pun bisa berlanjut pasca melahirkan atau selama menyusui. Susu almon, selain kaya akan kalsium juga memiliki magnesium yang membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.


5. Menurunkan risiko diabetes

Kandungan karbohidrat dan indeks glikemik yang rendah membuat susu almond mampu mencegah diabetes. Mengutip Prenagen, kadar gula darah tidak langsung meningkat setelah mengonsumsi susu ini.

Bagi ibu menyusui yang mengalami diabetes, susu almon mampu mengontrol kadar gula sehingga proses produksi ASI tidak terganggu. Seperti yang diketahui, pemakaian suntik insulin pada penderita diabetes membuat ASI cenderung terhambat dan sulit dikeluarkan oleh puting.


6. Mencegah penyakit jantung

Sejak kehamilan, susu almon baik dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan jantung dan janin dalam kandungan, serta tidak terjadinya peningkatan kolesterol. Hal itu  tidak lepas dari kandungan omega-3 pada susu almond. Saat menyusui, kandungan vitamin E,  omega-3, omega-6, omega-9, dan antioksidan dalam susu almond sudah terbukti dapat mencegah timbulnya penyakit jantung.


7. Mengontrol berat badan

Selama melahirkan berat badan ibu pasti bertambah. Buat bunda yang ingin menurunkan berat badan, susu alami menjadi pilihan yang tepat. Susu almon memiliki kandungan rendah lemak sehingga bisa dikonsumsi ibu menyusui yang sedang menjalani program diet.

Baca juga: Mengonsumsi Susu Sapi Bikin Gemuk? Simak Fakta-faktanya

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Profil Takeoff, Rapper yang Tewas Ditembak Setelah Hadiri Pesta di Texas

BERIKUTNYA

Intip Spesifikasi Honda WR-V yang Dirancang Sesuai dengan Karakter Jalan di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: