Merasa terbebani dengan bahan bacaaan juga bisa menjadi  salah satu sebab seseorang sering tertidur saat membaca buku(Sumber gambar ilustrasi Unsplash/Joel Muniz)

5 Tips Anti Ngantuk Saat Membaca Buku, Dijamin Ampuh!

31 October 2022   |   20:54 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Reporter Hypeabis.id

Genhype, pernah nggak sih kalian tertidur saat membaca buku? Mengantuk saat melakukan aktivitas tersebut sebenarnya wajar terjadi karena rasa kantuk bisa menyerang kapan pun dan di mana pun. Tidak terkecuali saat seseorang sedang beraktivitas fisik ringan atau sedang, karena tubuh memang butuh waktu untuk istirahat.

Namun, dalam aktivitas membaca, rasa kantuk bisa terjadi karena faktor. Salah satunya adalah salah posisi membaca. Tah hanya itu, kalian juga bisa jadi merasa terbebani dengan bahan bacaan, tema yang monoton, buku yang terlalu tebal dengan bahasa yang bertele-tele, hingga sebab orang cepat bosan dan mengantuk. 

Nah, bagi Genhype yang sering mengalami fase tersebut, yuk simak 5 tip membaca buku anti ngantuk yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, dalam ulasan berikut ini. 

Baca jugaRekomendasi 5 Platform Buku Digital Buat Para Penggemar Baca
 

1. Kumpulkan Niat & Tujuan 

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin membaca buku adalah niat awal dan tujuan kita saat melakukan aktivitas ini. Jika niat awal kalian hanya sebatas iseng, dan tidak memiliki tujuan maka kegiatan tersebut akan berakhir sia-sia. Jadi kumpulkan terlebih dulu niat kalian sebelum membaca buku.
 

Ilustrasi sumber gambar (unsplash/Samantha Hentosh)

Ilustrasi sumber gambar (unsplash/Samantha Hentosh)

Selain itu, tentukan juga tujuan kalian. Baik dari segi tema dan genre yang akan dipilih. Misalnya, bagi pencinta petualangan, kalian bisa memilih cerita detektif atau karya fiksi ala Jack Kerouac hingga Hemingway. Tapi yang menyukai sejarah, Genhype bisa membaca karya Dan Brown atau Yuval Noah Harari.

Namun, terlepas dari itu semua, pilihlah juga bahan bacaan dengan tata bahasa yang mudah dipahami dan  tentunya menarik. Pasalnya, hal ini akan membuat kalian terus mengikuti alur cerita yang disajikan, dan tanpa disadari sudah sampai di halaman terakhir.
 

2. Cari Bacaan yang Disukai

Membaca buku dengan minat yang disukai juga dapat membuat kalian tetap fokus mengikuti alur cerita yang dikisahkan penulis. Untuk memulainya, Genhype bisa mencari bacaan-bacaan ringan seperti cerpen, novelet, atau kumpulan esai karya pengarang-pengarang terkenal.
 

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/Ying Ge)

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/Ying Ge)


Selain itu, pilihlah juga bahan bacaan dengan ilustrasi-ilustrasi yang mendukung narasi cerita yang dikisahkan penulis. Saat ini sudah banyak kok buku-buku bacaan yang menyertakan grafis apik guna mendukung cerita yang disuguhkan, tujuannya adalah untuk menarik minat pembaca secara luas.

Bahkan, novel-novel terkenal seperti karya diary Anne Frank, J.R.R Tolkien dengan The Hobbit-nya yang terkenal, atau Harry Potter karya J.K Rowling sudah bisa dinikmati lengkap dengan karya grafisnya yang ciamik. Jadi pasyinya kalian akan tetap fokus membaca buku.
 

3. Berikan Waktu untuk Istirahat

Sama seperti aktivitas lain, membaca buku juga memerlukan istirahat. Otak sebagai salah satu bagian tubuh yang bekerja memproses bahasa saat aktivitas membaca juga dapat lelah, sehingga luangkan waktu sejenak saat mata mulai mengantuk.
 

Iustrasi sumber gambar (Unsplash/Siora Photography)

Iustrasi sumber gambar (Unsplash/Siora Photography)

Sembari beristirahat Genhype bisa mengobrol dengan teman sambil mendiskusikan buku yang dibaca. Selain itu kalian juga bisa mendengarkan musik atau meilhat pemandangan di luar rumah. Bila pikiran sudah kembali fresh buka kembali buku dan lanjutkan membaca. Lakukan cara ini secara konsisten agar daya tahan membaca kalian juga makin baik.
 

4. Pilih Posisi yang Tepat

Setiap orang tentu memiliki posisi nyamannya masing-masing saat membaca buku. Mungkin ada yang membaca sambil bersandar di bantal, tengkurap, atau berbaring terlentang. Tapi, sebisa mungkin hindari posisi tersebut karena akan membuat kalian terstimulasi untuk tidur alih-alih membaca. 
 

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/Matias North)

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/Matias North)

Posisi tubuh yang tepat saat membaca buku adalah duduk tegak tapi tidak tegang. Pastikan juga punggung lurus dan jarak antara mata dengan buku tidak terlalu jauh atau dekat. Untuk menyiasatinya, Genhype bisa menggunakan meja uguna menumpu tangan dan buku yang dipegang.
 

5. Siapkan Camilan & Minuman 

Saat kerja otak meningkat, maka kebutuhan energi tubuh pastinya bertambah. Adalah wajar saat kalian membaca buku tiba-tiba saja menjadi lapar dan membutuhkan asupan energi dari makanan. Jadi, siapkan camilan yang disuka dan minuman hangat seperti teh atau kopi untuk menemani kegiatan membaca Genhype.
 

Ilustrasi sumebr gambar (Unsplash/Sixteen Miles Out)

Ilustrasi sumebr gambar (Unsplash/Sixteen Miles Out)


Memakan camilan sambil membaca buku juga membuat kalian tetap santai, sehingga proses menyerap bahan bacaan akan semakin mudah untuk dipahami oleh otak. Selain itu, pilihlah juga waktu yang tepat untuk membaca buku sehingga Genhype tidak terganggu dengan aktivitas lain.

Baca jugaIngin Baca Berbagai eBook di Amazon Kindle? Begini Caranya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Potret Selebritas Cosplay Karakter di Perayaan Halloween, Salah Satunya Kendall Jenner Jadi Jessie Toy Story

BERIKUTNYA

Solois Norwegia Dagny Merilis Single Baru 'Highs & Lows'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: