Ilustrasi orang pendiam di kantor. (Sumber gambar : Freepik)

5 Kelebihan Jadi Orang Pendiam di Tempat Kerja

19 October 2022   |   20:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang memiliki kepribadiannya sendiri yang unik. Secara garis besar dapat diklasifikan menjadi dua karakter, yakni si terbuka yang suka terlibat dengan siapa pun, dan si pendiam yang cenderung tertutup. Namun bukan berarti mereka yang cenderung pendiam itu identik dengan antisosial ya Genhype

Orang pendiam memang sering tampil cuek atau tidak memerhatikan situasi sekitar. Mereka lebih cenderung tenang, memilih menyendiri dan jauh dari keramaian, termasuk ketika bekerja di kantor. Kendati demikian, mereka masih bisa diajak ngobrol kok. Bahkan jika sudah klik, si pendiam bakal jadi teman diskusi yang baik.
 

Baca juga: Kenali Kepribadian Seseorang dari Warna Pakaian


Ternyata, ada beragam kelebihan menjadi orang pendiam, terutama di lingkungan kerja, berikut di antaranya : 


1. Kreatif

Ingat, kreativitas tidak selalu membutuhkan kolaborasi. Oleh karena si pendiam lebih suka situasi yang tenang dan menyendiri, itu menjadi cara terbaik untuk fokus menemukan ide-ide brilian. 

Mengutip PsychCentral, menjadi pendiam membantu kamu meningkatkan konsentrasi karena kamu bisa fokus sekalipun situasi sekitar tidak kondusif. Faktanya, para ahli seperti Albert Einstein, Bill Gates, maupun Sir Isaac Newton termasuk orang pendiam lho.


2. Meredakan stres.

Stres merupakan kondisi umum yang bisa dialami siapa saja, tidak terkecuali para pekerja. Namun ketika kamu menjadi pendiam, tingkat stres berkurang karena kadar adrenalin kortisol ikut turun. 

Penelitian pada 2016 menunjukkan bahkan diam selama dua menit dengan mendengarkan musik santai bisa menenangkan hati dan pikiran. Hal ini disebabkan oleh perubahan tekanan darah dan sirkulasi darah ke otak.


3. Membantu pemrosesan informasi.

Otak membutuhkan waktu untuk berpikir, merenung, dan beristirahat. Organ ini perlu waktu untuk menyimpan hal-hal yang dipelajari dan memberikan ruang untuk informasi baru.

Apabila kamu menciptakan waktu tenang di siang hari, kamu memberikan otak waktu memproses informasi tersebut. Bayangkan dengan mereka yang pendiam, akan banyak informasi yang mereka saring bukan?


4. Rasa empati mereka tinggi.

Cara orang pendiam untuk merasakan empati sangat tinggi.  Orang pendiam cenderung sadar diri dan sangat sadar dengan kebutuhan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, mereka tergolong orang yang suka membantu untuk menyelesaikan masalah yang ada. 

Kemampuan orang pendiam untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain merupakan sifat yang tidak ternilai di tempat kerja, terutama ketika dihadapkan pemecahan masalah. Sifat empati ini membuat mereka unggul di tempat kerja. 


5. Sadar work life balance.

Orang pendiam mampu mengatur keseimbangan pekerjaan dan kehidupan yang sehat. Mereka akan bekerja sesuai waktu yang dijadwalkan dan menghindari untuk ikut dalan kegiatan yang tidak terkait pekerjaan seperti nongkrong di kafe sepulang kerja. 

Daripada menghabiskan waktu untuk sekadar ngobrol di kafe dengan teman kerja hingga larut malam, mereka lebih memilih untuk pulang tepat waktu, beristirahat menyiapkan tenaga menyambut esok hari.

Keseimbangan kerja dan kehidupan yang sehat ini penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Ini juga membantu mereka tetap produktif dan berdaya di lingkungan kerja. 

Baca juga: Yuk Cek Kepribadian Kamu dari Posisi Tidur Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simak Sejarah dan Transformasi Masjid Jakarta Islamic Center, Pusat Kajian Islam di Utara Jakarta

BERIKUTNYA

4 Daya Tarik Natuna yang Aman dan Seru Buat Dieksplorasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: