Setiap tanggal 18 Oktober diperingati sebagai Hari Asuransi Nasional (Sumber gambar: Lifepal)

Hari Asuransi Nasional, Ini 5 Alasan Pentingnya Proteksi Diri

18 October 2022   |   14:36 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setiap tanggal 18 Oktober diperingati sebagai Hari Asuransi Nasional. Peringatan ini menjadi momentum bagi para pelaku industri asuransi untuk lebih gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Sebab, tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terhadap asuransi masih terbilang rendah.

Menurut laporan Allianz Indonesia pada 2021, angka literasi produk asuransi di Tanah Air masih berada di kisaran 19 persen. Angka tersebut jauh lebih rendah dari produk literasi keuangan lainnya yang memiliki tingkat literasi hingga 30 persen. Sedangkan, tingkat penetrasi asuransi belum mencapai 2 persen.

Co-Founder Lifepal.co.id, Benny Fajarai, mengatakan secara sederhana, asuransi diartikan sebagai suatu produk pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk melindungi nasabah atau peserta dari kerugian finansial yang lebih besar dengan cara memberikan pertanggungan.

Baca jugaMana yang Harus Dibeli Dulu, Asuransi Kesehatan atau Jiwa?

Jenis asuransi sendiri pun beragam, tergantung risiko yang ditanggung seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan dan banyak lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. 

Menurutnya, asuransi cukup penting untuk dimiliki oleh setiap orang, sebab setiap kegiatan yang dilakukan terdapat resikonya masing-masing, mulai dari risiko kecelakaan hingga risiko penyakit yang akan mengganggu kondisi finansial. Terlebih, kini adanya ancaman resesi yang mungkin terjadi.

"Untuk meminimalisir hal itu, asuransi menjadi solusi yang tepat yang akan membantu melindungi dan menanggung pengeluaran yang tidak terduga," katanya.

Agar kalian terhindar dari ancaman finansial akibat berbagai risiko yang mungkin terjadi, Benny pun membagikan 5 alasan pentingnya memiliki asuransi seperti berikut ini.
 

1. Menghindari risiko pengeluaran mendadak

Semua orang tidak dapat terhindar dari risiko jatuh sakit. Jika sampai dirawat inap di rumah sakit, pengeluaran tentunya akan membengkak karena biaya rumah sakit yang tidak murah.

Namun, jika kalian memiliki asuransi kesehatan, kalian tidak perlu khawatir karena biaya rumah sakit dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Selain itu, asuransi kesehatan juga memiliki manfaat rawat jalan.
 

2. Mendapatkan fasilitas terbaik di rumah sakit

Jika memiliki asuransi, kalian juga akan mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan terbaik di rumah sakit. Mulai dari ruangan yang terbaik, perawatan terdepan, hingga fasilitas lainnya yang dapat kamu manfaatkan.

Saat ini, sudah banyak asuransi yang bekerjasama dengan rumah sakit ternama untuk dapat memberikan fasilitas terbaik kepada nasabah.
 

3. Memberi rasa tenang (peace of mind)

Bila sudah memiliki asuransi, kalian juga akan merasa jauh lebih tenang. Sebab, jika terjadi risiko yang tidak diinginkan seperti jatuh sakit, asuransi bakal menanggung biaya perawatan tersebut, sehingga kalian tidak perlu pusing memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. 
 

4. Mengendalikan risiko meninggal dunia

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang bertujuan menanggung beban individu terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggal dunia. Asuransi jiwa memungkinkan kalian untuk menjaga keamanan finansial keluarga apabila kalian meninggal dunia, sehingga mereka dapat melanjutkan hidupnya dengan layak.

Baca jugaJangan Kejebak, Begini Tip Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat!
 

5. Mengantisipasi risiko tidak bisa bekerja

Tidak hanya memberikan santunan ketika terjadi risiko meninggal, ada juga asuransi jiwa yang dapat memberikan santunan ketika terjadi cacat tetap total. Bila tulang punggung keluarga mengalami hal tersebut sehingga tidak lagi dapat bekerja, maka asuransi bakal memberikan sejumlah pertanggungan kepadanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Science Film Festival Kembali Digelar, Usung Tema Kesempatan yang Setara di Dunia Sains

BERIKUTNYA

Jin Jadi Anggota Pertama yang Pergi Wajib Militer, BTS Janji Kembali di 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: