Jin BTS dan vokalis Coldplay Chris Martin (Sumber gambar : Twitter/BTS)

Jin BTS Gandeng Coldplay di Single Terbaru Jelang Wajib Militer

18 October 2022   |   10:33 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Big Hit akhirnya mengungkap detail comeback solo Kim Seok Jin pasca pengumuman wajib militer para anggota BTS. Ternyata member tertua boyband asal Korea Selatan itu berkolaborasi dengan band terkenal asal Inggris, Coldplay lho!

Sebelumnya dalam konser Yet to Come di Busan, Jin mengatakan akan merilis single dalam waktu dekat. "Saya berkolaborasi dengan seseorang yang sangat saya kagumi," sebutnya akhir pekan lalu. 

Meneruskan pernyataan Jin, Big Hit selaku agensi mengatakan bahwa Coldplay menghadiahkan lagu untuk proyek solo Jin tersebut. Ini kali kedua band yang kerap merajai tangga lagu dunia tersebut bekerja dengan BTS. Adapun pada 24 September 2021, BTS dan Coldplay merilis lagu kolaborasi mereka berjudul My Universe

Baca jugaPecah! Konser BTS Yet to Come in Busan Ditonton 49 Juta Orang Secara Daring

"Single solo Jin rencananya akan dirilis pada akhir Oktober," ungkap Big Hit dalam pernyataan resminya, Selasa (18/10/2022). Agensi ini pun menyatakan detail pasti dari tanggal, waktu, dan rincian perilisan single ini akan diungkapkan dalam waktu dekat. "Kami mohon pengertiannya," sebut Big Hit.

Dalam tiga tahun terakhir, Jin telah membagikan beberapa single solo, diantaranya Tonight pada 2019, Abyss pada 2020 dan Yours serta Super Tuna pada tahun lalu. 

Kemarin, Big Hit menyatakan seluruh anggota BTS akan memenuhi kewajiban mereka untuk dinas militer. Jin sebagai member tertua yang akan mengawali pendaftarannya.

"Anggota BTS Jin akan meminta untuk membatalkan penundaan pendaftaran militernya pada akhir Oktober dan kemudian mengikuti prosedur pendaftaran Administrasi Tenaga Kerja Militer," tulis Big Hit. 

Ya, kegiatan wajib militer ini akan dilakukan setelah Jin dan keenam member lainnya merilis proyek solo mereka. "Anggota lain kemudian akan mengikuti wajib militer mereka sesuai dengan rencana masing-masing," tulis Big Hit.

 J-Hope diketahui mengawali proyek solo BTS dengan merilis album Jack in the Box pada Juli 2022. Baru-baru ini pun pemilik nama lahir Jung Ho-seok itu menjadi teman duet Crush dalam single Rush Hour

Ya, semua member secara bergantian akan merilis proyek solo tersebut. Sementara itu, Big Hit menyebut semua member akan aktif kembali di panggung hiburan pada 2025. 

 

BTS usai tampil di konser Yet to Come di Busan (sumber gambar : Twitter/BTS)

BTS usai tampil di konser Yet to Come di Busan (sumber gambar : Twitter/BTS)

 

Lewat Batas Usia

Menurut Administrasi Tenaga Kerja Militer, Jin hanya akan diizinkan untuk melamar dinas tugas aktif di Angkatan Darat. Pasalnya ada batasan usia pada cabang militer lainnya seperti Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Marinir.

"Di bawah Undang-Undang Dinas Militer saat ini, mendaftar di Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Marinir hanya dapat dilakukan oleh individu hingga usia 28 tahun. Untuk individu berusia 29 tahun ke atas, hanya mendaftar di Angkatan Darat yang dimungkinkan," sebut Pejabat Administrasi Tenaga Kerja Militer Korsel, dikutip dari Koreaboo, Selasa (18/10/2022).

Jin diketahui lahir pada 1992 dan saat ini berusia 29 tahun menurut usia internasional dan 30 tahun menurut usia Korea. Jin telah menunda dinas militernya hingga akhir 2022 sejak Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata merekomendasikannya menyusul revisi Undang-Undang Dinas Militer pada 2020. 

Sejak Big Hit Music mengumumkan Jin akan menarik penundaan militernya, dia perlu menyerahkan pemberitahuan pembatalannya kepada Administrasi Tenaga Kerja Militer sebelum mendaftar. Sejauh ini belum diketahui pasti kaoan Jin akan mendaftar wajib militer. 

Berdasarkan usia anggota BTS, Suga yang berusia 29 tahun usia Korea dan 28 usia internasional juga hanya diizinkan untuk bertugas di Angkatan Darat. Sementara RM dan J-Hope hanya dapat mendaftar di Angkatan Darat jika mereka mengajukan pembatalan penundaan militer setelah 2023, karena mereka akan berusia 29 tahun di Korea.

Baca jugaArtis K-Pop Favorit Jadi Kategori Baru American Music Awards, Cek Daftar Lengkap Nominasinya

Setelah Jin atau anggota lain mengirimkan pemberitahuan pembatalan penundaan militer mereka, Administrasi Tenaga Kerja Militer akan memutuskan waktu pendaftaran mereka berdasarkan beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya rencana pendaftaran, kebutuhan militer, dan jumlah orang yang saat ini menunggu untuk pendaftaran. 

Setelah semua faktor dipertimbangkan, pemberitahuan pendaftaran akan dikirim. Jin diharapkan mendaftar pada akhir 2022 atau awal 2023. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Salihara Gelar Seratus Tahun Chairil Anwar, Rayakan Satu Abad 'Si Binatang Jalang'

BERIKUTNYA

Waduh, Rencana Wajib Militer BTS Bikin Ekonomi Korea Selatan Terdampak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: