ilustrasi anak dan orang tua (dok. Kalbe)

Perlunya Deteksi Dini Alergi pada Anak

28 June 2021   |   14:39 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang tua pasti ingin anaknya dapat tumbuh kembang secara optimal, termasuk anak dengan kondisi alergi. Untuk itulah, para orang tua perlu mengetahui bahwa si kecil yang alergi tetap dapat tumbuh optimal dan berprestasi jika alerginya diatasi dengan deteksi secara dini.

Beberapa penyakit alergi seperti asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik, serta alergi protein susu sapi  merupakan kasus alergi yang paling banyak diderita oleh si kecil.

Budi Setiabudiawan, Dokter Konsultan Alergi Imunologi Anak menjelaskan bahwa alergi susu sapi merupakan salah satu alergi makanan yang paling sering dialami anak-anak di Asia.
Kejadian alergi susu sapi pada anak-anak di Indonesia yaitu 0,5% - 7,5%.

Meskipun sebagian besar anak-anak pulih dari gejala saat meninggalkan periode balita, tetapi bukan berarti alergi ini bisa disepelekan.

Jika kondisi alergi terdiagnosis sejak awal dan segera dikonsultasikan ke dokter maka dapat dilakukan tata laksana yang tepat sehingga tumbuh kembangnya optimal.

Sebaliknya, jika terlambat didiagnosis dan orang tua mendiagnosis sendiri, maka bisa muncul dampak-dampak tidak diinginkan, yaitu dampak kesehatan yaitu tumbuh kembang anak, serta meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti hipertensi atau sakit jantung di kemudian hari.

Dampak ekonomi karena harus sering berobat ke dokter, serta dampak psikologis karena bisa timbul stress pada ibu dan anaknya.

Menurutnya, gejala yang bisa terjadi jika si kecil mengalami alergi susu sapi sangatlah beragam. Gejala alergi susu sapi dapat muncul dengan gejala ringan, sedang sampai berat.

Pentingnya isu mengenai alergi yang tidak diatasi dengan baik karena kurangnya pengetahuan dan kekhawatiran masyarakat mengenai alergi pada si kecil, menjadi perhatian sejumlah pihak, tak terkecuali Morinaga.

Terkait hal ini, Morinaga beserta KlikDokter mempersembahkan aplikasi digital Cek Alergi untuk mengatasi alergi dengan deteksi dini, yang terdiri atas tiga langkah, tau, cegah, dan atasi-sebar. 

Dewi Angraeni, Business Head Morinaga, KALBE Nutritionals mengatakan bahwa setiap anak memiliki kecenderungan alergi berbeda dan harus diatasi dengan penanganan yang tepat. Salah satu caranya adalah memberikan asupan makanan dan nutrisi bebas alergi untuk Si Kecil.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Ini Pentingnya Kolagen Bagi Kesehatan Kulit

BERIKUTNYA

Bakmi Naga Resto Sukses Pertahankan Cita Rasa, ini Resep Rahasianya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: