Face mask dan sheet mask menjadi opsi terbaik merawat kulit wajah. (Sumber gambar : Freepik)

Pilih Sheet Mask atau Face Mask? Cek Dulu Perbedaannya

14 October 2022   |   17:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan perawatan diri, termasuk area wajah. Maskeran lantas menjadi opsi yang tepat untuk membuat wajah menjadi lebih lembap, halus, cerah, bersinar, dan terbebas dari komedo hingga jerawat. Selain itu, maskeran juga dapat menjadi opsi untuk relaksasi pada waktu luang. 

Namun yang perlu diperhatikan, ada beberapa jenis masker yang bisa menjadi pilihan untuk merawat kulit. Adapun yang paling banyak digunakan yakni sheet mask dan face mask.

Sheet mask atau masker lembaran merupakan jenis masker tipis berupa lembaran seperti tisu basah. Lembaran ini direndam dalam serum dan bahan alami, serta memiliki bentuk yang disesuaikan dengan area muka. 

Biasanya sheet mask dibuat menggunakan kertas atau serat  tipis yang menghidrasi kulit. Penggunaannya pun cukup mudah. Cukup dengan mengeluarkannya dari kemasan dan tempelkan ke area wajah, ratakan dengan lembut. Penggunaannya rata-rata berlangsung 10-15 menit.

Baca juga: Awas Ketipu, Ini 5 Cara Membedakan Masker Spirulina Asli & Palsu

Sementara itu, face mask adalah masker yang memberikan pengalaman spa santai untuk kulit kamu. Face mask sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain krim, gel, hingga peel mask.  Masker wajah yang memiliki tekstur lembek ini biasanya diaplikasikan ke kulit wajah secara langsung. Aplikasinya tentu menggunakan tangan atau kuas.

Berikut ini perbedaan sheet sak dan face mask yang dirangkum Hypeabis.id. 


1. Kemasan.

Apabila sheet mask biasanya dikemas untuk sekali pakai, berbeda dengan face mask yang dikemas dalam wadah dan dapat digunakan kembali. Tentu face mask lebih ekonomis mengingat sheet mask dalam satu kemasan hanya berisi satu masker. 

Kendati demikian, sheet mask lebih higienis dibandingkan dengan face mask. Jika kamu tidak menyimpan face mask dengan benar atau tidak ditutup rapat, masker tersebut bisa terkontaminasi kuman maupun bakteri yang bisa saja menginfeksi kulit kamu.


2. Bahan.

Face mask umumnya mengandung tanah liat atau bahan lain yang bisa mengeras dan menjadi kering tanpa menjadi keras di permukaan kulit. Masker yang sudah keras di kulit wajah bisa hilang hanya dengan membilasnya. 

Sementara itu, sheet mask memiliki bahan utama lembaran masker yang direndam di dalam serum. Beberapa sheet mask disesuaikan dengan semua jenis kulit dan menghidrasi kulit wajah dengan cepat.


3. Cara menggunakan.

Face mask mewajibkan kamu untuk mengaplikasikannya di seluruh wajah menggunakan jari atau kuas khusus masker. Untuk menghilangkannya, beberapa masker menyarankan untuk membasuh wajah menggunakan air dengan suhu hangat. Kemudian digosok halus menggunakan flanel atau kain serat mikro. 

Baca juga: Begini Tahapan Menggunakan Masker Wajah Biar Hasilnya Maksimal

Di sisi lain, sheet mask mengharuskan kamu untuk menerapkannya di wajah, menunggu selama beberapa menit, dan tinggal dilepaskan. Masker ini sangat mudah digunakan dan bebas berantakan di wajah.


4. Waktu.

Face mask umumnya memiliki waktu yang lebih lama karena menunggu masker kering. Selain itu, kamu jua butuh waktu untuk membersihkan wajah dari masker. Oleh karena itu, buat kamu yang lebih suka cara praktis, sheet mask bisa menjadi pilihan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Lima Ide Seru Rayakan Ulang tahun di Rumah

BERIKUTNYA

Cek 4 Dokumenter Pembunuhan Penuh Konspirasi yang Bisa Ditonton di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: