Ilustrasi jam tangan. (Sumber gambar: Unsplash)

Cek Fakta Pemakaian Jam Tangan di Tangan Kiri & Tangan Kanan

13 October 2022   |   21:54 WIB

Jam tangan menjadi salah satu aksesoris vital untuk perempuan dan laki-laki, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain fashion dan prestise, jam tangan menjadi salah satu aksesoris yang fungsional untuk mengetahui waktu maupun menjalankan fitur seperti deteksi detak jantung hingga jumlah langkah kaki.

Secara umum, penggunaan jam tangan biasanya dilakukan pada tangan yang tidak dominan, misalnya orang yang dominan memakai tangan kanan akan menggunakan jam tangan pada tangan kirinya dan sebaliknya. Idealnya, penggunaan jam ini memudahkan aktivitas sehari-hari tanpa distraksi.

Namun, penggunaan jam tangan pada tangan kiri maupun kanan ternyata memiliki maknanya sendiri secara tendensi atau kebiasaan maupun sifat. Yuk cek faktanya di bawah ini.
 

1. Jam tangan di bagian lengan kiri bagian luar

Pengguna jam tangan di tangan kiri dengan posisi di lengan luar biasanya memiliki tendensi karakter yang santai atau easy going, apa adanya, membutuhkan banyak waktu, dan tidak terlalu perfeksionis. Tak hanya itu, kategori orang ini biasanya merupakan orang yang praktis, memiliki pemikiran simpel, dan senang bekerja dengan tangannya.
 

2. Jam tangan di lengan kiri dalam

Orang-orang yang mengenakan jam tangan dengan posisi jam di dalam lengan kiri biasanya menggambarkan sosok yang memiliki tanggung jawab serta pemikiran cepat dan logis. Namun, orang-orang ini seringkali dianggap sebagai orang yang mudah tersinggung meski tidak terbuka dengan perasaan tersebut, kurang senang dengan perubahan, dan kadang memiliki pemikiran rumit.
 

3. Jam tangan di lengan kanan bagian luar

Sosoknya memiliki kesan yang dianggap rapi dan mudah bergaul dengan orang lain, tapi di saat yang sama sosok dengan kepribadian ini biasanya spontan dan bergerak secara mendadak atau tiba-tiba. 
 

4. Jam tangan di lengan kanan bagian dalam

Pengguna jam pada bagian ini memiliki kecenderungan karakter yang emosional dan perfeksionis dalam segi waktu. Biasanya, orang-orang ini juga dianggap sebagai sosok yang mudah diandalkan dan dipercaya.
 

Kelebihan Pemakaian Jam di Tangan Tidak Dominan

Secara umum, ada beberapa alasan mengapa jam tangan direkomendasikan untuk dipakai pada tangan yang tidak dominan. Selain berkaitan dengan efektivitas pekerjaan, ada beberapa alasan lain rekomendasi ini diperhatikan.

Pertama, penggunaan jam di tangan yang tidak dominan mempermudah aktivitas tangan yang dominan. Contoh paling simpel adalah saat menggerakkan pergelangan tangan dan melakukan kegiatan sehari-hari seperti menulis atau mengerjakan pekerjaan lainnya.

Kedua, hal ini mempermudah saat harus mengganti atau menyesuaikan jam tangan dengan waktu yang ada saat itu. Alasan ini kembali pada penyesuaian bagian tuas atau bagian tombol pada salah satu sisi jam. Hal ini mempermudah karena jangkauan tangan dominan pada bagian tersebut sekaligus saat melihat jam.

Ketiga, penggunaan jam di tangan yang tidak dominan bisa melindungi jam dari risiko kerusakan. Aktivitas pada tangan dominan yang lebih banyak dibandingkan tangan yang tidak dominan membuat hal ini menjadi pertimbangan dari segi perawatan hingga ketahanan jam.


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

NU Siapkan Langkah Progresif Sikapi Isu dan Pemberdayaan Perempuan

BERIKUTNYA

Heboh Parasetamol Bikin Gagal Ginjal Akut Anak Gambia, Bagaimana dengan Indonesia?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: