Ilustrasi seseorangmembaca buku (sumber gambar Unsplash/Thought Catalog)

Tak Harus Berwisata, Ini 5 Cara Healing yang Bisa Dilakukan di Rumah 

12 October 2022   |   22:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini istilah healing sering digunakan anak-anak muda untuk mengungkapkan aktivitas refreshing yang dibagikan lewat unggahan di media sosial. Kegiatan tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari berwisata, makan enak, menikmati suasana alam di gunung, dan banyak lagi aktivitas lainnya.

Namun Genhype perlu tahu kalau healing juga bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana tanpa harus keluar dari rumah. Jadi, kalian tidak perlu menguras kantong dan menempuh perjalanan jauh ke luar kota.

Baca juga: Serial Healing Trip Siap Tayang, Mengajak Kalian untuk Lebih Peduli terhadap Lingkungan

Lantas, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan agar pikiran bisa kembali fresh? Yuk simak ulasan Hypeabis.id mengenai healing ala rumahan yang murah tapi banyak manfaat berikut ini.
 

1. Membaca Buku.

Kegiatan membaca buku adalah hobi istimewa yang bisa dilakukan sebagai terapi agar pikiran lebih plong. Tak perlu lama-lama kok, cukup meluangkan waktu beberapa menit saja kamu bisa melupakan berbagai masalah dan kegelisahan dalam benak.

Cara mudahnya adalah dengan memilih bacaan menarik dengan tema-tema yang disukai baik dalam novel atau cerpen. Dengan menerapkan praktik ini niscaya akan membuat pikiranmu lebih tenang serta menjadi hiburan yang murah meriah.


2. Bermain Gim

??Sebagian orang mengatakan jika gim diibaratkan sebagai candu karena dapat membuat seseorang tidak bisa lepas darinya setelah bermain. Tapi,opini tersebut tidak sepenuhnya benar loh Genhype.
 

ilustrasi bermain gim (sumber gambar Unsplash/Onur Binay)

ilustrasi bermain gim (sumber gambar Unsplash/Onur Binay)

Saat pikiranmu sedang suntuk, cobalah untuk bermain gim favorit. Kompetisi dalam gim tentunya akan lebih merangsang pikiranmu sehingga kegelisahan yang sedang dirasakan bisa cepat dilupakan. Terlebih jika bermain bareng teman.


3. Menonton Film

Kegiatan healing murah lain yang bisa dilakukan adalah menonton film. Saat menikmati visual film, tentunya hal ini dapat memberi hiburan yang dapat membuat seseotang melupakan rasa sakit dan pikiran kalut di kepalanya.

Untuk menyiasatinya, pilihlah genre film favorit kalian, atau serial drama yang saat ini banyak disediakan platform video on demand yang tentunya dapat membuat pikiran jadi lebih fresh lewat alur dan konfliknya yang diracik tiap sutradara.


4. Merawat Tanaman

Selain menjadikan hunian lebih natural, merawat tanaman juga bisa jadi kegiatan healing yang dapat menurunkan tingkat sters yang sedang dialami seseorang.
 

Ilustrasi tanamman (sumber gambar Unsplash/Josephine Lityo)

Ilustrasi tanamman (sumber gambar Unsplash/Josephine Lityo)


Alam, dalam hal ini tanaman menurut beberapa penelitian memang bisa menghasilkan dampak positif dan membuat jiwa orang yang melihatnya jadi lebih bahagia.

Tak hanya itu, dengan merawat tanaman, dari mulai menyemai bibit, menyiraminya tiap pagi dan sore hari, dan menyaksikannya tumbuh, tentu  akan membuat hari-hari Genhype jadi lebih berwarna.


5. Memelihara Hewan 

Memelihara hewan peliharaan juga bisa jadi healing yang baik untuk kondisi mentalmu loh Genhype. Dikutip dari medicalnewstoday, dengan memelihara hewan seperti kucing atau anjing ternyata dapat memberikan kenyamanan dan bentuk terapi alternatif bagi seseorang.

Baca juga: Yuk Pelajari 4 Benang Merah dalam Metode Self Healing ala Reza Gunawan

Selain mengurangi rasa bosan, dengan memelihara hewan tentunya bakal lebih meningkatkan suasana hati , menjaga keseimbangan emosional dan membuat pikiran jadi lebih stabil.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jakarta Muslim Fashion Week, Dorong Fesyen Muslim Mendunia

BERIKUTNYA

Intip Sejumlah Program Menarik yang Akan Ramaikan Pameran Otomotif IIMS 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: