Ilustrasi Arsitektur Abad Pertengahan (sumber gambar Unsplash/Felix Mittermeier)

5 Karya Arsitektur Abad Pertengahan yang Menawan hingga Sekarang

12 October 2022   |   17:08 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Abad pertengahan yang menjadi bagian dari peradaban utama sejarah di Eropa, juga meninggalkan berbagai produk budaya yang hingga saat ini masih bisa dinikmati publik. Salah satu di antaranya adalah bangunan arsitekturnya yang megah.

Periode yang berlangsung sejak abad ke-5 hingga ke-15 Masehi ini berkembang karena pengaruh persebaran agama dari Timur Tengah  yang dipadukan dengan gaya klasik Eropa lewat hunian para bangsawan pada era tersebut.

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Ciri Khas Gaya Arsitektur Renaisans

Abad pertengahan atau The Middle Ages oleh sejarawan sering didefinisikan sebagai kurun waktu peralihan dari abad kuno ke abad yang lebih modern saat agama Kristen diterima secara legal oleh kekaisaran Romawi.

Pada periode ini banyak seniman, arsitek, dan tokoh-tokoh kreatif lainnya yang membangun peradaban di Eropa lewat karya-karya khasnya yang masih bisa disaksikan hingga saat ini.

Adapun dari segi arsitektur, beberapa bangunan peninggalan Abad Pertengahan juga telah menjadi situs warisan dunia. Nah, biar engga penasaran, yuk simak 5 bangunan abad pertengahan yang bisa Genhype kunjungi ini di mancanegara ini.
 

1. St. Mark’s Square, Venice

Italia memang menyimpan banyak kemewahan seni. Di dekat kanal-kanal indahnya di Venesia, ada sebuah bangunan kuno yang luas dan megah dengan estetikanya yang khas, yakni  St. Mark’s Square atau Piazza San Marco yang dibuat pada abad ke-19 dan hingga hari ini masih kokoh berdiri.
 

Ilustrasi  Piazza San Marco (sumber gambar Unsplash/ Toa Heftiba)

Ilustrasi Piazza San Marco (sumber gambar Unsplash/ Toa Heftiba)

Piazza San Marco adalah salah satu ruang perkotaan atau alun-alun besar yang tersisa di Eropa dengan arsitektur bangunannya yang rumit, seperti Clock Tower, Palazzo Ducale, Bell Tower, hingga Basilica Cattedrale Patriarcale (Basilica San Marco) yang memiliki empat kubah besar dengan desain yang menawan.
 

2. Kanal Bruges, Belgia

Seperti Venesia , Bruges, ibukota provinsi Flanders Barat Belgia ini juga sebuah kota yang memiliki basis kanal yang dibangun pada abad pertengahan yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik serta bisa dikunjungi saat musim libur tiba.
 

Ilustrasi kanal  (sumber gambar Usplash/Linh Nguyen)

Ilustrasi kanal (sumber gambar Usplash/Linh Nguyen)

Jalanan di kota ini juga masih berupa batu yang identik dengan abad pertengahan dengan dikelilingi pohon willow, serta kanal-kanal indah yang mengarah langsung ke Laut Utara, di mana pada masanya sempat menjadi jalur perdagangan internasional.

Di Belgia, Genhype juga bisa menikmati bangunan-bangunan arsitektur gothic seperti, Balai Kota Brussels, Stasiun Kereta Api Antwerp, Katedral Bunda Maria, hingga Palace of Justice, atau Istana Keadilan.
 

3. Mont-Saint-Michel, Prancis

Pulau Mont-Saint-Michel terletak di Normandy,Prancis dan menjadi salah satu tempat wisata terkenal di negara tersebut, dengan bangunan arsitekturnya yang menawan seolah di negeri dongeng. Saat laut pasang, gereja di atas pulau ini akan terlihat seperti terapung.
 

Ilustrasi Mont Saint Michel (sumber gambar Unsplash/Gilles DETOT)

Ilustrasi Mont Saint Michel (sumber gambar Unsplash/Gilles DETOT)

Bangunan itu didirikan pada tahun 708 oleh uskup Aubert of Avranches sebagai penghormatan kepada Archangel, atau penghulu para malaikat dalam agama-agama samawi. Hingga saat ini, pulau tersebut hanya dihuni oleh 44 penduduk yang sebagian besarnya dalah biarawan dan biarawati.
 

4. Katedral Notre-Dame, Prancis

Katedral di Prancis ini adalah salah satu bangunan arsitektur abad pertengahan yang paling populer di dunia yang dibangun dari tahun 1160 dan hampir rampung tahun 1260, serta terus mengalami perubahan selama beberapa abad selanjutnya.

 

Ilustrasi Katedral Notre Dame (Sumber gambar Unsplash/Sebastien)

Ilustrasi Katedral Notre Dame (Sumber gambar Unsplash/Sebastien)

Namun, pada 15 April 2019 silam, bangunan bersejarah ini mengalami kebakaran terburuk sepanjang sejarah,  serta menyebabkan salah satu puncak menaranya yang ikonik roboh. Saat ini Notre- Dame masih dalam tahap rekonstruksi pemugaran kembali oleh pemerintah Prancis.
 

5. Westminster Abbey, Inggris

Bangunan yang ada di London ini merupakan sebuah gereja berusia ribuan tahun dengan gaya arsitektur gothicnya yang menakjubkan. Gereja inidibangun oleh para biarawan Benediktin yang diprakarsai oleh Raja Henry III.
 

Ilustrasi Westminster Abbey (sumber gambar Unsplash/Ming Jun Tan)

Ilustrasi Westminster Abbey (sumber gambar Unsplash/Ming Jun Tan)

Dengan desain arsitekturnya yang unik, gereja ini juga memiliki langit-langit ruangan setinggi 31 meter, hingga menjadi bangunan dengan langit-langit tertinggi di Inggris. Beberapa tokoh penting dunia juga dimakamkan di gereja ini, seperti Rudyard Kipling, Charles Dickens, hingga Stephen Hawking.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Tip Styling agar Tubuh Terlihat Lebih Langsing, Hindari Motif Horizontal

BERIKUTNYA

Pasar Sedang Bearish, Jumlah Investor Kripto Justru Meningkat Loh Genhype

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: