Ilustrasi banjir (sumber gambar Unsplash/Chris Gallagher)

5 Cara yang Harus Dilakukan Setelah Rumah Terendam Banjir

11 October 2022   |   18:11 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Musim hujan telah tiba, Genhype. Hal itu ditandai dengan intensitas hujan tinggi di beberapa wilayah. Dampak dari tingginya curah hujan, serta buruknya drainase telah menyebabkan banjir di beberapa tempat. Pastinya, banjir ini bikin cemas. Terutama bagi kalian yang memiliki rumah di kawasan langganan banjir. 

Air banjir yang masuk ke rumah tentu membuat Genhype bingung, karena kadang kita tidak tahu harus memulai dari mana saat membersihkan rumah setelah banjir surut. Apalagi banjir itu tidak hanya mendatangkan air, tetapi juga membawa sampah, lumpur, bahkan hewan mati ke dalam rumah. 

Baca juga: Siaga Banjir, Ini 8 Barang yang Wajib Diamankan & Dibawa dalam Tas

Nah, jika rumah Genhype juga terendam banjir, berikut langkah-langkah efektif dan aman yang bisa dilakukan saat membersihkannya sehingga bisa kembali lagi dihuni dengan nyaman.
 

1. Utamakan Keselamatan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membersihkan sisa banjir di dalam rumah adalah mengutamakan keselamatan. Pastikan Genhype menggunakan sepatu karet dan sarung tangan agar tidak menginjak benda-benda tajam yang ikut terbawa saat banjir.
 

ilustrasi seseorang memakai sarung tangan (sumber gambar Unsplash/Diana Polekhina)

ilustrasi seseorang memakai sarung tangan (sumber gambar Unsplash/Diana Polekhina)

Selain itu, pastikan untuk mematikan sumber arus utama listrik, mengecek kompor gas, pompa air dan perabot lainnya yang bisa membahayakan keselamatan. Cek juga aliran listrik yang mengalir ke alat-alat elektronik agar tidak tersengat listrik saat membersihkan rumah.
 

2. Bersihkan Sisa Air dan Lumpur

Setelah banjir surut, biasanya di dalam rumah juga masih ada genangan air dan lumpur yang ikut masuk. Langkah yang dilakukan selanjutnya adalah membersihkan sisa-sisa banjir tersebut menggunakan kain pel atau serokan biar lebih cepat bersih.
 

Ilustrasi banjir (sumber gambar Unsplash/ Prabu Panji)

Ilustrasi banjir (sumber gambar Unsplash/ Prabu Panji)

Agar lebih leluasa saat membersihkan rumah, Genhype juga bisa memindahkan perabotan besar seperti, bangku, meja, atau sofa ke luar ruangan terlebih dulu, sehingga proses pembersihan jadi lebih maksimal.
 

3. Selamatkan Dokumen Penting

Setelah lantai cukup bersih untuk dilewati dan tidak ada sampah tersisa, Genhype bisa menyelamatkan dokumen-dokumen penting yang masih bisa diselamatkan dari banjir. Periksa lemari apakah masih ada dokumen yang tertinggal atau tidak dan simpan di tempat yang aman.
 

ilustrasi dokumen (sumber gambar Unsplash/Wesley Tingey)

ilustrasi dokumen (sumber gambar Unsplash/Wesley Tingey)

Selain itu, Genhype juga bisa memilah barang-barang yang masih bisa  digunakan dan langsung menjemurnya di bawah sinar matahari untuk menghindari kerusakan. Jangan ragu juga untuk membuang perabot yang sudah tidak bisa dipakai. 
 

4. Basmi Bibit Penyakit

Air yang dibawa oleh banjir biasanya mengandung bibit-bibit penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi, membersihkan rumah setelah banjir dengan air bersih saja tidak cukup, oelh karena itu dibutuhkan cairan pembersih kuman seperti desinfektan, agar keluarga tidak terjangkit penyakit.

Setelah semua perabot disingkirkan dan ruangan bersih dari lumpur, genangan air, serta sampah sisa, Genhype bisa mencampurkan cairan desinfektan bersama air untuk membersihkan ruangan agar terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.
 

5. Kenali Material Perabot Sebelum Dibersihkan

Mengenali material perabot sebelum dibersihkan juga penting dilakukan agar lebih awet dan dapat digunakan kembali setelah rumah bersih dan siap ditempati lagi.

Untuk perabot yang terbuat dari kain, seperti karpet, sofa, atau selimut, pastikan Genhype menyikat semua lumpur yang tersisa, lalu jemur di bawah sinar matahari agar lebih cepat kering.

Sementara itu, untuk perabot yang terbuat dari kayu Genhype hanya cukup mengelapnya dengan air bersih. Tapi, bila terendam cukup lama dalam air dan menimbulkan kerusakan cukup besar, kalian bisa mengelupas bagian terluar dan lakukan perbaikan secepat mungkin. 

Baca juga: Motor Mati akibat Terendam Banjir? Ini Cara Kembali Menghidupkannya

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Pie Buah Manis Segar, Bikin Ketagihan!

BERIKUTNYA

Berencana Liburan ke Dubai? Ini 6 Peternakan dan Perkebunan Unik yang Harus dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: