Tidur memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mental. (Sumber gambar : Freepik/Gpointstudio)

5 Kiat Agar Tidur Berkualitas, Bisa Jaga Kesehatan Mental Loh!

09 October 2022   |   22:28 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kualitas tidur yang baik dapat menunjang kesehatan, termasuk kesehatan mental. Apabila waktu tidur kamu kurang dan berlangsung dalam jangka waktu lama, bisa timbul beberapa masalah seperti stres, cemas, hingga depresi. Jadi jelas, tidur cukup berkualitas erat kaitannya dengan kesehatan dan kebugaran.

Saat ini, banyak orang yang memiliki masalah tidur, seperti insomnia dan sleep deprivation, yaitu kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan tidur secara kualitas maupun kuantitas. Menurut Philips Global Sleep Survey yang dilakukan pada 2019, sebanyak 62 persen orang dewasa di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka tidak tidur sebaik yang mereka inginkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Scott AJ, Webb TL, Rowse G. pada 2017 menemukan bahwa kurang tidur merupakan konsekuensi dari kondisi kejiwaan. Sebaliknya, kesehatan mental juga dapat memperburuk tidur yang tidak berkualitas. 

Menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia (World Mental Health Day) yang jatuh pada 10 Oktober 2022, berikut tips agar kamu dapat tidur cukup dan berkualitas, sehingga kesehatan mental kamu tetap terjaga. 


1. Kurangi penerangan.

 

Lampu tidur (Sumber gambar : IKEA)

Lampu tidur (Sumber gambar : IKEA)


Kondisi penerangan atau sinar lampu di kamar patut diperhatkan. Sebisa mungkin, lampu tersebut dimatikan. Jika kamar kamu memiliki jendela, tutup menggunakan tirai agar mengurangi cahaya dari luar ruang. 

Walaupun mata dalam keadaan terpejam, cahaya yang terang dapat mengganggu kualitas tidur. Apabila kamu atau mungkin anak-anak kamu tidak dapat tidur dalam kondisi yang sangat gelap, kamu dapat menggunakan night light yang tidak terlalu terang agar dapat tidur lebih nyaman.


2. Pilih bantal dan seprai yang lembut.

Kulit merupakan salah satu indra yang sensitif. Oleh karena itu, pilih material yang terbuat dari bahan breathable atau sejuk, dan lembut di kulit. 

Dengan menggunakan material tersebut, tidur pun akan semakin nyaman karena mengurangi risiko kepanasan dan gatal-gatal di kulit yang akan mengganggu dan membuat kita terbangun. Selain kenyamanan pada kulit, perhatikan juga bagaimana posisi kamu tertidur, jangan sampai kamu punya masalah lain ketika terbangun seperti sakit leher.


3. Pasang aromaterapi

 

Aroma terapi (Sumber gambar : IKEA)

Aroma terapi (Sumber gambar : IKEA)


Kamu dapat memanjakan indra penciuman dengan menggunakan berbagai wangi-wangian aromatik yang dapat diletakkan di kamar tidur untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan rileks. Wewangian ini juga berguna ketika kamu ingin menutupi bau tidak sedap yang dapat mengganggu. 

Untuk menghirkan wewangian ini, kamu bisa menggunakan lilin dan potpourri atau campuran bahan-bahan kering organik yang memiliki aroma atau wangi tertentu. 


4. Kurangi suara pengganggu

Indra pendengaran cukup sensitif dalam mendengar suara-suara tertentu, terlebih lagi ketika tertidur. Saat beristirahat, akan ada suara yang dapat mengganggu kualitas tidur. 

Suara tersebut dapat datang dari luar rumah, atau dari dalam seperti suara detik jam yang bisa mengganggu ketenangan dan menimbulkan rasa cemas ketika tidur. Untuk meminimalisir suara di dalam ruang, gunakan jam din-din yang didesain tanpa suara. Tutup rapat pintu agar suara di luar ruang tidak terlalu terdengar keras.


5. Makan dan minum penghantar tidur.

 

Minuman yang membuat tidur berkualitas (Sumber gambar : IKEA)

Minuman yang membuat tidur berkualitas (Sumber gambar : IKEA)


Ada banyak hidangan lezat yang dapat kamu nikmati untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Sebagai contoh kacang almond, buah kiwi, teh chamomile, susu hangat, dan cokelat yang tidak hanya memiliki banyak manfaat, tetapi juga meningkatkan hormon melatonin yang berperan penting dalam membantu mengatur pola tidur.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Awas, Kekurangan Vitamin D Bisa Memicu Autoimun

BERIKUTNYA

Resep Mie Godog Jawa, Cocok disantap Saat Cuaca Dingin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: