Kimchi, acar tradisional Korea Selatan yang semakin populer. (Sumber gambar : Freepik/Jcom)

Korea Selatan Atasi Krisis Kimchi, Cek 5 Manfaat Kesehatannya Yuk

09 October 2022   |   08:40 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Mengurangi peradangan

Probiotik dan senyawa aktif dalam kimchi dan makanan fermentasi lainnya juga membantu melawan peradangan. Sebagai contoh, sebuah studi tikus yang terbit di National Center for Biotechnology Information pada 2012 lalu mengungkapkan bahwa HDMPPA, salah satu senyawa utama dalam kimchi, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dengan menekan peradangan.

Sementara itu, sebuah studi tabung uji mengkonfirmasi bahwa HDMPPA menampilkan sifat anti-inflamasi dengan memblokir dan menekan pelepasan senyawa inflamasi. 


4. Menurunkan kolesterol

Berdasarkan penelitian yang terbit di jurnal National Center for Biotechnology Information pada 2018 lalu, konsumsi kimchi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol dan peradangan. Peradangan sangat mempengaruhi sindrom metabolik, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. 

Orang dengan faktor risiko seperti kolesterol tinggi dan peradangan kronis jauh lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung. Oleh karena itu, kimchi bisa menjadi alternatif pilihan makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Bawang putih yang ditemukan dalam kimchi mengandung allicin dan selenium, keduanya membantu mengurangi cadangan kolesterol tubuh. Zat ini juga secara tidak langsung membantu mencegah kemungkinan terkena stroke atau penyakit kardiovaskular lainnya, karena pencegahan penumpukan plak di dinding arteri.


5. Memperlambat proses penuaan

Mau awet muda seperti orang Korea? Coba makan kimchi saja. Disebutkan bahwa peradangan kronis tidak hanya terkait dengan banyak penyakit tetapi juga mempercepat proses penuaan. Nah, kimchi memperpanjang kehidupan sel dengan memperlambat proses ini. 

Dalam studi tabung uji, sel manusia yang diobati dengan kimchi menunjukkan peningkatan kelangsungan hidup, yang mengukur kesehatan sel secara keseluruhan, serta menunjukkan rentang hidup yang diperpanjang terlepas dari usia mereka.

Selenium di dalam kimchi membantu menjaga kulit tetap sehat. Selenium adalah bagian yang relevan dari glutathione, booster yang menyusun kembali vitamin C dan mempertahankannya, sehingga membuatnya lebih kuat dan lebih efektif dalam tubuh.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Rilis Album CHARLIE, Simak Tracklist & Kisah Kolaborasi Charlie Puth X Jungkook BTS

BERIKUTNYA

Hypereport: Serunya Hobi Balap Tamiya yang Kini digandrungi Anak Gede

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: