Ilustrasi musim hujan (Sumber gambar: Unsplash/Ryoji Iwata)

Simak Yuk, 5 Penyakit yang Sering Muncul saat Musim Hujan & Cara Mencegahnya

06 October 2022   |   12:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sejumlah wilayah di penjuru Tanah Air saat ini sudah mulai memasuki musim hujan. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, cuaca ekstrem terjadi di beberapa tempat, menyebabkan bencana banjir yang melanda rumah dan pemukiman warga. Kondisi ini perlu diwaspadai mengingat periodenya yang masih cukup panjang. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam keterangan tertulis menyebut, musim hujan di Indonesia diprakirakan terjadi mulai dari September, dengan puncaknya yang diprediksi berlangsung pada Desember 2022 dan Januari 2023.

Hujan memang anugerah, tapi dengan curah hujan yang tinggi kemungkinan menyebabkan banjir di beberapa wilayah, terutama daerah yang memilki sistem drainase yang tidak baik. Dari sinilah akan datang juga ancaman berbagai  macam penyakit.

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah ulasan 5 daftar penyakit yang harus diwaspadai oleh Genhype saat musim hujan tiba dan cara-cara mencegahnya. 

Baca juga: Agar Tidak Gampang Sakit di Musim Pancaroba, Yuk Lakukan 5 Hal Ini
 

1. Influenza

ilustrasi penyakit flu (sumber gambar Unsplash/Usman Yousaf)

ilustrasi penyakit flu (sumber gambar Unsplash/Usman Yousaf)

Penyakit pernapasan menular ini disebabkan oleh virus influenza yang dapat membuat seseorang yang terjangkit memiliki berbagai macam gejala. Mulai dari tidak enak badan, demam, rasa pegal dan linu, bersin-bersin, hingga tubuh yang lemas.

Virus Influenza menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus atau air liur. Virus ini dapat ditularkan oleh orang yang terjangkit ke orang lain melalui mulut, hidung, hingga tangan yang telah menyentuh benda terkontaminasi.

Cara untuk dapat mencegah Influenza adalah dengan olahraga dan istirahat yang cukup  Selain itu, kalian perlu memperbanyak asupan gizi dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Mencuci tangan dan memakai masker saat flu juga wajib dilakukan. 
 

2. Diare

Penyakit gangguan pencernaan ini ditandai dengan durasi buang air besar encer lebih dari tiga kali dalam sehari. Penyebab diare terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri E. Coli, parasit, atau virus.

Cara mencegah diare adalah dengan mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir, buang air besar pada tempatnya, dan menjaga kebersihan serta kesehatan makanan sebelum dikonsumsi. Tak hanya itu, menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga secara teratur juga penting dilakukan. 

Baca jugaSelain Sedia Payung, Ini 5 Persiapan yang Wajib Kalian Lakukan Saat Musim Hujan
 

3. Demam berdarah

Ilustrasi suhu tubuh tinggi (sumber gambar Unsplash/Mufid Majnun)

Ilustrasi suhu tubuh tinggi (sumber gambar Unsplash/Mufid Majnun)

Penyakit ini juga sering muncul saat musim hujan tiba. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang proses berkembang biaknya meningkat akibat banyaknya genangan air saat banyak hujan turun pada periode ini. 

Demam berdarah menyebabkan gejala demam dan flu pada orang yang sakit dan terjangkit. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah juga berisiko mengancam nyawa. Cara mencegah penyakit ini adalah dengan menerapkan 3M Plus, yakni menguras bak mandi, menutup tempat air, memanfaatkan barang bekas, dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk.
 

4. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang bersumber dari binatang atau zoonosis serta bersifat akut. Penyakit ini disebabkan bakteri Leptospira dengan spektrum penyakit yang luas dan dapat menyebabkan banyak keluhan, bahkan hingga kematian. 

Penyakit ini populer dikenal masyarakat Indonesia dengan nama penyakit Kencing Tikus, di mana gejala awal penderitanya ditandai dengan demam akut, dengan atau tanpa sakit kepala, disertai nyeri otot, dan badan terasa lemas.

Cara mudah mencegah penyakit ini adalah dengan minum air yang direbus atau air mineral kemasan, menjaga kebersihan lingkungan, dan jangan lupa mencui tangan dengan sabun setelah selesai beraktivitas.
 

5. Norovirus

Penyakit ini merupakan sejenis virus flu perut yang dapat menular dengan mudah dan bisa menyerang sewaktu-waktu pada seseorang, dengan ditandai gejala yang mendadak lemas serta tidak enak badan. Gangguan ini selanjutnya akan diikuti dengan masalah pencernaan.

Cara mencegah penyakit ini adalah dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setelah melakukan ragam aktivitas. Selain itu, disarankan juga untuk menghindari konsumsi makanan yang disajikan di tempat yang kurang higienis.

Nah, itulah beberapa penyakit yang harus kalian waspadai saat musim hujan tiba dan cara mencegahnya Genhype. Ingat ya, sehat itu mahal, tapi sakit juga lebih mahal. Jadi, tetap jaga kondisi kesehatan ya.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menengok Peluang Pemanfaatan Ekosistem Data Center ala Telkom 

BERIKUTNYA

Jadi Perwakilan Serial Teluh Darah, Deva Mahenra & Mikha Tambayong Tampil di Red Carpet BIFF 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: