Payung dan jaket jangan lupa saat musim hujan tiba (sumber gambar ilustrasi: pexels/ Ethan Brooke)

Selain Sedia Payung, Ini 5 Persiapan yang Wajib Kalian Lakukan Saat Musim Hujan

02 October 2022   |   18:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selamat tinggal musim kemarau, selamat datang musim hujan. Pada Oktober ini, musim hujan sepertinya sudah mulai menghampiri. Oleh sebab itu kalian perlu melakukan sejumlah persiapan dalam menghadapi musim ini, agar tidak mati gaya. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam keterangan tertulisnya melaporkan bahwa musim hujan di dalam negeri akan terjadi dari September sampai dengan November 2022 dengan puncak yang terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023.

Baca juga: Hati-hati, 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan saat Hujan Petir

Tidak hanya itu, kombinasi fenomena La Nina dan Indian Ocean Dipole (IOD) juga diperkirakan akan berkontribusi meningkatkan curah hujan di Indonesia.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Genhype perlu melakukan sejumlah persiapan dalam menghadapi musim hujan, agar akvtivitas kalian enggak terganggu. 

Tidak hanya itu, persiapan juga dapat menghindarkan kalian dari potensi terkena penyakit yang biasa datang saat musim hujan seperti flu, diare, dan sebagainya.

Berikut sejumlah persiapan yang perlu Genhype lakukan dari berbagai sumber:
 

1. Payung atau jas hujan

Saat tiba musim hujan, payung atau jas hujan mesti kalian bawa. Kedua benda ini dapat melindungi kalian dari kebasahan saat hujan turun. Tidak hanya itu, dengan membawa payung atau jas hujan, kegiatan kalian juga tidak akan berhenti dengan datangnya hujan.

Jadi, bawalah kedua benda ini yang dapat memberikan perlindungan maksimal dari air hujan. Tidak hanya itu, bawa juga payung atau jas hujan yang tidak membuat kalian kesulitan ketika harus membawanya ke mana-mana. 
 

2. Jaket atau Pakaian Hangat

Saat musim hujan datang, kondisi cuaca akan menjadi dingin. Cuaca dingin kerap membuat beberapa orang merasa tidak nyaman dan sampai menggigil. Orang dengan sistem imun yang rendah bahkan disebut lebih mudah sakit.

Dengan demikian, jangan lupa untuk menggunakan jaket atau pakaian yang dapat menghangatkan tubuh ketika musim hujan datang. Tujuannya adalah agar Genhype tetap merasa nyaman dan dapat tetap beraktivitas.
 

3. Konsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga

Menjaga kesehatan menjadi sangat penting bagi individu agar tetap beraktivitas pada musim hujan. Caranya adalah dengan makan makanan yang bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh dan tetap rutin berolahraga.

Kalian bisa tetap melakukan olahraga di luar ruangan saat musim hujan dengan memperhatikan sejumlah hal agar bisa maksimal atau berolahraga di dalam ruangan.
 

4. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik

Bagi Genhype yang tetap beraktivitas saat musim hujan, pastikan kondisi kendaraan sepeda motor maupun mobil dalam kondisi prima. Jangan lupa untuk mengecek kondisi rem kendaraan yang kalian kemudikan dan memeriksa ban.

Jalanan yang basah dapat membuat kendaraan tergelincir jika kondisi ban sudah gundul atau memiliki tapak yang tipis. Tidak hanya itu, rem yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat membahayakan keselamatan kalian dan pengguna kendaraan lainnya di jalanan.  
 

5. Pastikan Aliran Air Tidak Tersumbat

Musim hujan berarti debit air yang akan masuk ke dalam saluran air akan lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini akan membuat saluran pembuangan atau got menjadi penuh dengan air. Jika terdapat hambatan di saluran, air bisa meluap ke jalanan.

Tidak hanya itu, debit air yang jauh lebih banyak saat hujan turun juga dapat berpotensi lingkungan sekitar menjadi banjir. Kondisi lingkungan yang banjir dapat berdampak buruk terhadap kalian mengingat air yang keluar adalah air kotor. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tak Punya Banyak Waktu? Ini 5 Olahraga Ringan 10 Menit yang Efektif Bugarkan Tubuh

BERIKUTNYA

7 Gerakan Workout Bareng Bestie, Bikin Olahraga Semakin Menyenangkan!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: