Setelah 20 tahun, akhirnya ada pembalap dari Finlandia yang berhasil meraih kemenangan di ajang ini. (sumber gambar: laman Toyota Motor Corporation)

Kalle Rovanperä Catat Rekor Juara Termuda di FIA World Rally Championship

03 October 2022   |   13:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kalle Rovanperä mencatat rekor pembalap termuda yang berhasil memenangkan kejuaraan reli FIA World Rally Championship. Sang pembalap yang masih berusia 22 tahun lewat satu hari pada saat memenangkan balapan tersebut, sukses mencatatkan prestasi terbaiknya di Selandia Baru.

Dilansir dari laman Toyota Motor Corporation, Kalle Rovanperä yang mengemudikan kendaraan dengan nomor 69 mengatakan bahwa dirinya tidak terlalu memikirkan bahwa menjadi pembalap termuda yang berhasil memenangkan kejuaraan tersebut. “Yang pasti ini istimewa, kami bisa mencapai ini,” katanya.

Baca juga: Golden State Warriors Juara NBA 21-22, Stephen Curry Sabet Piala MVP Pertamanya

Menurutnya, memenangkan kejuaraan FIA World Rally Championship sangat berarti, dan menjadi juara adalah satu-satunya tujuan setiap pembalap. Meski mengaku sedikit lebih gugup dalam menjalani kejuaraaan, tapi Kalle sadar bahwa dia harus bekerja keras untuk menjadi pemenang.

“Kami memiliki musim yang bagus, lalu beberapa reli yang sulit dan sekarang akhirnya kami bisa melakukannya,” kata pria yang menjadi bagian dari TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team.

Dia berterima kasih kepada tim yang membuat mobil yang dikendarainya bisa melaju begitu cepat dan andal untuk musim ini, yang berarti pembalap bisa menikmati dalam berkendara. Tidak hanya itu, dia juga mengapresiasi timnya yang selalu percaya dan mendukung pada saat-saat yang lebih sulit.

Jari-Matti Latvala, Kepala Tim Toyota Gazoo Racing World Rally mengatakan bahwa kemenangan ini merupakan momen yang sangat emosional. “Bagi Kalle untuk memenangkan kejuaraan ini benar-benar signifikan,” katanya.

Pertama, sungguh menakjubkan bahwa seorang pria yang baru berusia 22 tahun dapat mencapai prestasi seperti ini, yakni memecahkan semua rekor dalam olahraga ini dan memenangkan gelar Kejuaraan Reli Dunia.

Kedua, kemenangannya sangat penting bagi Finlandia karena 20 tahun adalah waktu yang lama. Setelah 20 tahun, akhirnya muncul pembalap dari Finlandia yang berhasil meraih kemenangan dalam ajang balapan ini.

Dia menambahkan juga sangat bangga dengan tim yang mampu bangkit kembali setelah akhir pekan yang sulit di Yunani, dan berhasil meraih kemenangan di Selandia Baru.

Akio Toyoda, Pendiri Tim Toyota Gazoo Racing World Rally mengatakan bahwa sangat luar biasa bagi sang pembalap yang berhasil memenangkan ajang ini dengan enam kemenangan dari 11 pertandingan yang berlangsung sejauh ini.

Dia meyakini sang pembalap dapat memperoleh prestasi pada saat ini lantaran selalu senang mengemudi. “Saya sangat berterima kasih padanya karena telah mengemudi dan menikmati GR YARIS Rally1 HYBRID dan menjadi juara dunia,” katanya.

Baca juga: Jadi Juara Formula E Jakarta, Ini Profil Mitch Evans

Menurutnya, pembalap mampu menekan dan memberikan segalanya karena seluruh tim bergerak ke arah yang sama setelah catatan yang mengecewakan di Yunani.

Masih dalam laman yang sama, berikut pembalap Toyota yang berhasil menjadi juara reli dunia
1990: Carlos Sainz (Toyota Celica GT-Four ST165)
1992: Carlos Sainz (Toyota Celica Turbo 4WD ST185)
1993: Juha Kankkunen (Toyota Celica Turbo 4WD ST185)
1994: Didier Auriol (Toyota Celica Turbo 4WD ST185)
2019: Ott Tänak (Toyota Yaris WRC)
2020: Sébastien Ogier (Toyota Yaris WRC)
2021: Sébastien Ogier (Toyota Yaris WRC)
2022: Kalle Rovanperä (Toyota GR YARIS Rally1 HYBRID)

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Horor 'Smile' Overperform, Capai US$22 juta di Pekan Pembukaan

BERIKUTNYA

7 Kiat Mencuci Celana Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: