Rujak (Sumber gambar: Wherda Arsianto/Unsplash)

Citarasa Rempah pada Keanekaragaman Rujak

30 September 2022   |   22:05 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like

7. Rujak Bulung Bali

 

Rujak Bulung (Sumber gambar: PurnomaPurmoon/Freepik)

Rujak Bulung (Sumber gambar: PurnomaPurmoon/Freepik)

Kuliner Bali dengan menu rujak memiliki berbagai varian mulai dari rujak kuah pindang, rujak serut, rujak gula, dan rujak bulung. Rujak bulung, bisa dibilang cukup unik dan tak ada duanya. Rujak tersebut berisi rumput laut mentah, kelapa parut, cabai dan kuah ikan yang disebut pindang, sehingga tercipta lapisan rasa yang tak lepas dari kandungan serai, cabai, laos, jahe, asam, salam, tomat, dan sentuhan kecap manis, gula merah dan garam.
 

8. Rujak Kuah Pindang

Rujak dikasih kuah pindang? Pasti rasanya unik banget! Kuah yang digunakan adalah sari dari ikan pindang yang dibuat melalui proses penyaringan. Bumbu ini tergolong cair sehingga dapat dinikmati bersama buah mangga muda, jambu, timun, bengkuang. Meski perpaduan yang aneh, kuah pindang ini memiliki citarasa gurih dan seimbang dengan buah tersebut.  
 

9. Rujak Soto Banyuwangi

Nah, ini satu lagi rujak unik karena berbentuk seperti soto. Kuliner khas Banyuwangi ini  terdiri dari sayuran rebus, seperti kangkung dan tauge, dicampur dengan kuah spesial yang terbuat dari kacang tanah halus, gula merah, dan terasi. Nantinya, bahan-bahan utama ini ditempatkan di dalam mangkuk dan kuah soto yang gurih dituangkan ke atasnya. Agak mirip dengan rujak cingur, karena rujak soto ini juga bisa diisi dengan topping cingur yang kenyal.
 

10. Rujak Petis

Rujak petis dapat ditemukan di berbagai daerah di Jawa Timur. Sesuai dengan arti dalam bahasa Jawa, petis berarti terasi. Sehingga, rujak petis berarti rujak yang disiram dengan kuah petis (terasi).Biasanya, satu porsi rujak petis berisi potongan buah-buahan dan sayuran yang disiram dengan kuah petis yang bertabur kacang.
 

11. Rujak U Groh Aceh

Di ujung barat Indonesia, Aceh juga memiliki beberapa varian rujak. Salah satunya adalah rujak u groh yang dibuat dari tempurung kelapa muda belia yang bertekstur lunak dan lembut namun sedikit sepat. Bumbu untuk rujak ini terbuat dari gula merah, cabai dan kacang serta buah batok. Buah lokal berkulit keras dengan daging buah bulat kecil serta sedikit masam. 

Baca jugaYuk Coba Buat Rujak Aceh, Kesegarannya Cocok untuk Buka Puasa

Rujak terkenal lainnya dari Aceh adalah rujak mameh, dengan parutan mangga kuini dan sejumlah buah yang biasa digunakan untuk rujak buah, namun dengan tambahan jeruk nipis, cabai dan gula pasir, bukan gula merah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

7 Inspirasi Outfit Konser Buat Cowok, Mulai Gaya Casual Hingga Street Wear

BERIKUTNYA

Berharga Fantastis, Yuk Cek 8 Toilet Termahal dan Termewah di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: