Brand Minuman Kekinian Teguk Go Global Hingga ke New York (sumber gambar : GoFood)

Sukses Go Digital, Brand Minuman Kekinian Teguk Go Global ke New York

29 September 2022   |   22:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Eksistensi brand kuliner lokal makin diakui enggak cuma di dalam negeri tetapi juga hingga di luar negeri. Pencapaian ini pula yang dibuktikan oleh pengusaha minuman brand lokal kekinian Teguk yang secara resmi membuka gerai pertamanya di New York, Amerika Serikat, pada September ini.

Ekspansi yang diterapkan di bisnis minuman brand Teguk yang berdiri sejak 2019 ini sekaligus menambah catatan positif prestasi usaha menengah kecil mikro atau UMKM  lokal yang mampu menembus pasar internasional setelah menempuh langkah dan strategi go digital.

CEO Teguk, Maulana Hakim mengatakan bahwa pembukaan gerai pertama Teguk di New York, AS, mendapat sambutan antusiasme yang besar dari warga lokal dengan penjualan yang mencapai 634 minuman hanya dalam kurun waktu 3 hari.

Sebagai bagian dari selebrasi pencapaian ini, Teguk bersama GoFood menghadirkan tiga menu eksklusif, antara lain varian coconut series yang juga hadir di gerai Teguk New York, AS, dan diskon spesial sebesar 40% yang dapat dinikmati oleh para pelanggan GoFood di Indonesia.

Keberhasilan grup Teguk dalam melakukan ekspansi hingga ke New York ini tidak lepas dari kesuksesannya pasca menerapkan strategi penjualan secara digital melalui layanan online food delivery, salah satuya GoFood.

Setelah go digital, papar Maulana, bisnis Teguk berkembang pesat hingga kini dengan memiliki 155 gerai dan 800 karyawan di berbagai wilayah di Indonesia. “Omzet kami pun melesat hingga mencapai 275% yang membuat kami berani ke mancanegara, tepatnya ke New York. Ekspansi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi Teguk sebagai brand lokal yang mengglobal,” ujarnya.

Global Head of Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman menyatakan bangga atas pencapaian positif dan ekspansi Teguk ke New York. GoFood selalu mendukung perkembangan Teguk sejak 2019. Salah satu strategi utama GoFood adalah menghubungkan mitra UMKM dengan basis pelanggan GoFood yang loyal dan berkualitas melalui inovasi teknologi berbasis pencarian dengan pendekatan hyperlocal dan personalisasi data.

“Inovasi ini merupakan bukti pemahaman mendalam GoFood sebagai pionir online food delivery akan solusi yang dibutuhkan para mitra UMKM kami,” ujarnya.

Berbagai solusi digital yang ditawarkan GoFood, salah satunya aplikasi GoBiz terbukti berhasil membantu Teguk mengelola operasional ratusan gerainya secara digital dari waktu ke waktu. Terlebih lagi, inovasi fitur merchant acceptance flow (MAF) atau Super Partner dapat mempersingkat arus proses pesanan yang masuk dan membantu setiap gerai Teguk untuk melakukan konfirmasi atas setiap pesanan yang masuk dari pelanggan.

Selain aplikasi GoBiz yang GoFood hadirkan untuk menunjang kebutuhan Teguk dan mitra UMKM, GoFood juga menghadirkan solusi pemasaran digital lewat GoAds untuk mendongkrak visibilitas dan penjualan resto di platform GoFood.

Solusi GoAds diklaim menawarkan nilai lebih bagi para UMKM mitra mulai dari program iklan yang tepat sasaran, biaya iklan yang sesuai dengan kebutuhan, serta laporan performa yang transparan yang berguna sebagai insight untuk menentukan strategi jitu bisnis ke depannya.

Maulana  menambahkan bahwa sejak pertengahan 2019 hingga 2022, Teguk mengalami pertumbuhan pesat dari pertama kali bisnis tersebut menggunakan solusi iklan di GoFood. "Dengan memanfaatkan solusi GoFood Top Banner dan Iklan Kategori, kami berhasil meningkatkan brand awareness dan konsiderasi calon pelanggan untuk membeli produk Teguk. Mulai dari Januari hingga Juni 2022, penjualan Teguk bahkan mengalami kenaikan 2--3 kali lipat,” ujarnya.


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Begini Cara Menerapkan Desain Berkelanjutan di Rumah

BERIKUTNYA

Bikin Kangen dan Nostalgia, Ini daftar 5 Permainan Tradisional Tahun 90-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: