Sejumlah perjalanan KRL mengalami pembatalan (sumber gambar ilustrasi: pexels/ fabrizio verrecchia)

Wahai Anker, Cek Perubahan Pola Operasi Perjalanan KRL Khusus Malam Ini

28 September 2022   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian anak kereta (anker), pengguna KRL Commuterline Jabodetabek, perhatikan kembali pola operasi perjalanan KRL yang digunakan. Pada malam ini, Rabu 28 September 2022, PT Kereta Commuter Indonesia melakukan rekayasa pola operasi perjalanan.

Anne Purba, VP Corporate Secretary KCI, mengatakan bahwa perusahaan, KAI Daop 1 Jakarta, dan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Kemenhub akan melakukan pekerjaan penggantian prasarana perkeretaapian di Stasiun Manggarai pada Rabu malam.

“Pekerjaan tersebut juga bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan perjalanan Kereta Api yang akan masuk dan keluar menuju Stasiun Manggarai,” katanya.

Baca juga: Sensasi Menaiki Kereta Trans-Siberia: Semalam Bersama Leo Tolstoy

Dia menuturkan bahwa pekerjaan ini sangat penting dalam percepatan penyelesaian pembangunan Stasiun Manggarai dan infrastruktur perkeretaapian yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Prasarana perkeretaapian yang akan diganti adalah wesel untuk sistem pengaturan perjalanan kereta api di Stasiun Manggarai.

“Imbas penggantian Prasarana wesel tersebut mulai tanggal 28 September pukul 23.00 WIB hingga tanggal 29 September pukul 03.00 WIB tersebut, jalur rel akan ditutup,” katanya.

Menurutnya, penutupan itu menyebabkan beberapa jumlah perjalanan commuterline akan dibatalkan, dan perusahaan akan melakukan penyesuaian perjalanan commuterline di beberapa lintas perjalanan.

 

sumber: PT KCI

sumber: PT KCI


Untuk itu, perusahaan mengimbau para pelaku perjalanan dengan KRL Commuterline pada malam ini melakukan penyesuaian kembali keberangkatannya karena ada pengaturan rekayasa pola operasi perjalanan commuterline.

 

sumber: PT KCI

sumber: PT KCI


Perjalanan commuterline yang mengalami pembatalan pada malam ini adalah perjalanan relasi Kampung Bandan/Angke/Duri – Manggarai/Bekasi/Cikarang pp, seperti lintas Kampung Bandan – Bekasi dengan keberangkatan pukul 21:17 WIB.
 

sumber: PT KCI

sumber: PT KCI

Total terdapat 13 perjalanan KA di relasi ini yang mengalami pembatalan perjalanan pada Rabu malam ini. Kemudian relasi Tanah Abang – Parung Panjang pp seperti lintas Tanah Abang – Parung Panjang keberangkatan 23.40 WIB. Total terdapat 2 perjalanan yang mengalami pembatalan di relasi ini. Kemudian, pembatalan perjalanan juga terjadi di relasi Tangerang – Duri pp dan Jakarta Kota – Depok/ Bogor pp.
 

Stasiun uang elektronik

Sebelumnya, setelah memberlakukan Stasiun Uang Elektronik pada 3 September 2022 , perusahaan mencatat sebesar 62 persen dari seluruh transaksi pembayaran tiket commuterline atau sebanyak 9.398.733 transaksi menggunakan Kartu Multi Trip (KMT).

Kemudian, sebanyak 36 persen atau 5,37 juta lebih transaksi menggunakan Uang Elektronik Bank, dan sisanya sebanyak 2 persen atau 248 ribu lebih transaksi menggunakan QR-Code.

Saat ini, persebaran pengguna Commuterline Jabodetabek pada hari kerja masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB.
Perusahaan menghimbau pengguna untuk selalu merencanakan perjalanannya dengan cermat, hindari bepergian pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari.

Tidak hanya itu, perusahaan juga menghimbau para pelaku perjalanan menggunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun dan posisi Commuterline secara real time.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

5 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri Sendiri

BERIKUTNYA

5 Fakta Unik Film Smile, Hadirkan Kengerian Senyuman Berbalut Horor Psikologis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: