Mengapresiasi diri sendiri merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan mental (Sumber gambar: Freepik)

5 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri Sendiri

28 September 2022   |   20:00 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Genhype, tidak ada salahnya untuk sesekali mengapresiasi diri sendiri. Di tengah berbagai tekanan dari luar, terkadang kita perlu melihat ke dalam diri sendiri. Kamu harus mulai menghargai diri sendiri bahwa selama ini dirimu sudah berjuang. Hal ini juga penting untuk menjaga kewarasan dan kesehatan mental kita. 

Ada banyak hal hebat yang mungkin sudah kamu lalui, tetapi mungkin tidak disadari. Kamu mungkin terlalu fokus pada pencapaian-pencapaian besar sampai lupa bahwa hal-hal sederhana juga sebenarnya layak dirayakan.

Mengapresiasi diri sendiri setelah melakukan sesuatu adalah bagian dari self care. Self care akan membantumu dalam merawat tubuh, pikiran, dan jiwa sehingga tetap menjadi manusia yang bahagia. Meski terlihat mudah, nyatanya banyak orang yang lupa mengapresiasi diri sendiri. Padahal, bentuk apresiasi ini penting karena kita jadi menghargai kerja keras diri sendiri.

Genhype, ada beberapa cara sederhana buat kamu yang ingin mengapresiasi diri sendiri. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi dan menghargai diri sendiri: 

Baca juga: Belajar Menghargai Diri Sendiri & Alam dengan Gaya Hidup Slow Living
 

1. Rehat Sejenak

Menepilah sejenak dari padatnya rutinitas harian. Berhenti sejenak melakukan hal-hal berbau kerjaan yang membuatmu lelah. Sesekali kamu perlu rehat dan melakoni me time, fokus pada diri sendiri. Me time tidak selalu berjalan-jalan ke tempat yang jauh.

Me time adalah kegiatan apa pun yang membuatmu bahagia. Inti dari aktivitas ini adalah  memberi jeda pada otak untuk beristirahat sejenak dari berbagai kesibukan. Kamu bisa melakukan me time dengan sederhana, seperti menonton film, main gim, berkebun, pergi ke alam, dan lainnya. 


2. Memuji Diri Sendiri

Salah satu cara sederhana mengapresiasi diri sendiri ialah dengan memuji. Terkadang kita mudah mengeluarkan pujian kepada orang lain saat berhasil mencapai sesuatu. Namun, apakah hal tersebut juga kamu lakukan kepada diri sendiri?

Memuji diri sendiri bisa menjadi cara kamu menghargai dirimu. Dengan melakukan cara ini, kepercayaan diri akan lebih meningkatkan dan kalian bisa lebih bersemangat lagi dalam menjalani aktivitas. 
 

3. Membeli Makan Enak

(Sumber gambar: Unsplash/Lily Banse)

(Sumber gambar: Unsplash/Lily Banse)

Makan makanan yang enak juga bisa jadi cara untuk mengapresiasi diri. Setelah melakukan pencapaian tertentu, makan makanan enak bisa jadi penghibur diri setelah melakukan kegiatan-kegiatan yang padat.

Makanan yang enak juga bisa membantu memperbaiki mood. Kamu bisa menghibur diri dengan memakan makanan yang disukai. Jadi, kita bisa jadi lebih siap untuk menjalani hari berikutnya.

4. Melakukan Hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi atau kegiatan yang membuatnya senang. Ada yang punya hobi dalam hal sederhana, seperti membaca buku atau menonton film. Namun, sebagian lain memiliki hobi yang cukup ekstrem, seperti mendaki gunung, diving, dan sebagainya.

Mengapresiasi diri sendiri bisa dilakukan dengan menyisihkan waktu untuk melakukan hobi-hobi kita. Menjalani hal-hal yang disenangi secara pribadi akan membuat kita melupakan sejenak aktivitas harian yang monoton.


5. Solo Traveling

Memiliki pekerjaan yang padat terkadang membuat kita tidak bisa melakukan perjalanan jauh dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyisihkan waktu untuk berlibur ke tempat yang jauh.

Tidak perlu ribet mencari teman traveling, kamu bisa mencoba berwisata sendiri alias solo traveling. Dengan liburan sendirian, kamu justru bisa mengeksplorasi lebih banyak hal dan mengenal diri sendiri. Liburan juga jadi kegiatan yang bisa menyegarkan pikiran. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Sejarah, Tradisi dan Fakta-Fakta Kue Ulang Tahun yang Patut Diketahui

BERIKUTNYA

Wahai Anker, Cek Perubahan Pola Operasi Perjalanan KRL Khusus Malam Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: