Ilustrasi ruangan menonton (sumber Unsplash/Jens Kreuter)

6 Cara Mendesain Ruang TV di Rumah, Dijamin Bikin Betah

27 September 2022   |   13:28 WIB

Menyaksikan film atau serial di rumah tidak kalah mengyasikkan dengan nonton di bioskop. Selain gratis dan tidak banyak menghabiskan biaya dibandingkan pergi ke bioskop, menonton film bareng di rumah juga dapat menambah kehangatan antar anggota keluarga.

Untuk menciptakan ruang tonton yang baik, kalian perlu memperhatikan penataannya. Misalnya, penempatan televisi yang tepat agar aktivitas menonton berjalan dengan nyaman. Kemudian, penataan atau pemilihan tempat duduk yang sesuai untuk menonton di rumah. 

Baca juga: 6 Cara Memajang Lukisan di Rumah biar Terlihat Lebih Estetik

Nah, bagi Genhype yang masih bingung cara mendesain ruang nonton film agar nyaman dan betah saat digunakan untuk menikmati hobi ini, yuk simak informasi berikut ini. 
 

1. Tambahkan sofa empuk di ruang nonton

Menambahkan sofa empuk di ruang menonton film juga perlu jadi perhatian, selain desain ruangan. Hal ini penting agar menambah kenyamanan kalian saat menikmati tontonan bersama keluarga.
 

ilustrasi sofa (sumber unsplash/Patrick Perkins)

ilustrasi sofa (sumber unsplash/Patrick Perkins)

Untuk menyiasatinya, kalian bisa memilih sofa model dan ukuran yang disesuaikan dengan ruang menonton. Perhatikan juga penantaan TV dan posisi sofa agar setiap  orang dapat menikmati sudut pandang yang pas saat menikmati film.
 

2. Perhatikan jarak pandang 

Penataan jarak pandang antara TV dan tempat duduk inilah yang sering luput dari perhatian banyak orang. Padahal memperhitungkan jarak pandang sangat mempengaruhi kenyamanan kita saat menonton film.
 

Ilustrasi jarak pandang televisi (sumber unsplah/Loewe Technology)

Ilustrasi jarak pandang televisi (sumber unsplah/Loewe Technology)

Agar nyaman, Genhype bisa menerapkan jarak standar yang ideal menonton, yakni dengan mengalikan 5 kali panjang diagonal layar televisi. Misalnya, jika TV kalian lebarnya 32 inci, jarak menonton yang optimal adalah 160 inci atau sekitar 3,9 meter.
 

3. Ketahui arah datang cahaya 

Mengetahui arah datang cahaya, baik dari dalam atau luar ruangan juga penting dilakukan karena ini akan menambah kenyamanan kalian saat menonton film. Jadi, sebelum meletakkan posisi TV di tempat yang tepat, Genhype bisa melihat dari mana arah datang cahaya buatan di dalam ruangan. Misalnya lampu, dan cahaya alami di luar ruangan seperti matahari.
 

ilustrasi reunagan menonton (sumber unsplah/ kam idris)

ilustrasi reunagan menonton (sumber unsplah/ kam idris)

Untuk pencahayaan alami, posisi yang paling baik adalah datang dari bagian kanan atau kiri TV. Sementara itu, untuk cahaya buatan, kalian bisa menggunakan standing lamp yang bisa diletakkan di samping sofa.
 

4. Gunakan warna gelap agar lebih intim

Menggunakan warna gelap seperti biru tua, hingga hijau zamrud untuk interior dinding ruangan juga akan semakin membuat aktivitas nonton bareng keluarga jadi semakin hangat, dan pastinya seru karena mirip-mirip di bioskop.

Untuk menyeimbangkannya, kalian kalian juga bisa menambahkan furnitur-furnitur lain, seperti selimut atau bantal dengan warna kontras yang pastinya akan membuat ruangan menonton jadi lebih romantis dan hangat.
 

5. Tambahkan rak penyimpanan dan tanaman hijau

Menambahkan rak penyimpanan di ruangan menonton juga patut dilakukan, karena saat ini ada banyak pilihan furniture modern yang menggabungkan elemen rak, sekaligus tempat penyimpanan televisi di rumah.
 

Ilustrasi ruangan menonton (sumber unsplash/ Jonas Leupe)

Ilustrasi ruangan menonton (sumber unsplash/ Jonas Leupe)

Untuk membuat ruangan terasa segar, Genhype juga bisa menambahkan berbagai tanaman hias hijau di tempat tersebut yang selain menambah nilai estetika, pastinya juga membuat kalian betah saat nonton bareng keluarga. 
 

6. Gunakan bean bag dan karpet sebagai alternatif

Tak hanya menggunakan sofa, bean bag juga bisa menjadi alternatif jika tempat menonton kalian luas ruangannya terbatas. Selain itu,Genhype juga bisa menggunakan karpet berbulu tebal di bagian lantai, sehingga kegiatan menonton film juga bisa dilakukan sambil berbaring di atas karpet.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Ada Digital Marketing & Web Programming, Kuy Gabung Pelatihan IT Ini!

BERIKUTNYA

Takut Beli Minuman Manis? Yuk Buat Teh Kombucha di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: