Ada sejumlah festival film di dalam negeri yang menanti para penggemar sepanjang sisa September hingga Oktober 2022 (Sumber gambar: Unsplash/Denise Jeans)

Sinefil Siap-Siap, Ini 4 Festival Film di Indonesia September & Oktober 2022

23 September 2022   |   20:00 WIB

Pencinta film atau sinefil siap-siap yuk, karena sepanjang pengujung September hingga Oktober mendatang bakalan ada banyak festival film yang digelar di dalam negeri. Gelaran ini juga tidak terbatas hanya di Jakarta saja, tapi tersedia di berbagai daerah. Bahkan beberapa di antaranya berlangsung dalam format daring sehingga bisa disaksikan dari mana saja. 

Di beberapa festival film ini kalian tidak hanya dapat menonton karya dari sineas Indonesia saja loh. Ada juga film-film dari luar negeri yang telah masuk nominasi festival bergengsi di dunia, Nah, biar kalian enggak penasaran, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber 4 festival film yang akan digelar dari September-Oktober 2022. Yuk simak: 

Baca juga: 30 Film Panjang Lolos Seleksi Awal Festival Film Indonesia 2022, Yuk Cek Daftarnya 

 

1. Korea Indonesia Film Festival (KIFF)

 

Korea Indonesia Film Festival (KIFF) merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan kehidupan sosial dan budaya masyarakat Korea Selatan lewat penayangan karya sinematik. Festival ini akan berlangsung pada 29 September hingga 2 Oktober 2022.

KIFF akan digelar di empat kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Malang, dan Yogyakarta dengan menampilkan 16 film terbaik hasil kurasi penyelenggara. Dari total jumlah film tersebut, empat judul di antaranya merupakan karya sineas Tanah Air. Jadi KIFF akan menampilkan film Korea Selatan dan Indonesia. 

Film-film yang akan tayang dalam gestival ini antara lain Confidential Assignment II (2022), Broker (2022), Decision to Leave (2022), Alienoid (2022), The Policeman's Lineage (2022), The Roundup (2022), The Witch: Part 2 The Other One (2022), serta Hansan: Rising Dragon (2022).

Festival kali ini juga jadi kesempatan bagi Genhype yang belum sempat menyaksikan sejumlah film Korea Selatan terlaris lainnya seperti Ashfall (2019), Exit (2019), Pawn (2020), dan Happy New Year (2021).

Sementara itu, empat film dari Indonesia yang akan ditayangkan di KIFF yakni, KKN di Desa Penari (2022), Mencuri Raden Saleh (2022), Pengabdi Setan 2: Communion (2022), dan Miracle in Cell No. 7 (2022).


 

2. Jakarta Film Week (JFW)



Mengangkat tajuk Emerge, festival tahunan berskala internasional ini akan digelar pada 13-16 Oktober 2022 di beberapa lokasi di ibu kota Jakarta, yakni  CGV Grand Indonesia, Kineforum Taman Ismail Marzuki, dan Ashley Hotel Jakarta.

Perhelatan Jakarta Film Week (JFW) akan dibuka dengan film Balada Si Roy, karya Fajar Nugros yang diangkat dari novel populer dengan judul sama dari penulis legendaris Indonesia Gol A Gong. Sementara itu, festival akan ditutup dengan film luar neger Arnold Is A Model Student besutan sutradara Sorayos Prapapan. 

Tak hanya itu, festival ini juga akan menghadirkan rangkaian acara seru lain loh Genhype. Di antaranya adalah roadshow, road to Jakarta Film Week, program film kompetisi dan non kompetisi, Jakarta Film Fund, dan masih banyak lagi.

Di festival ini akan ada juga pemutaran film panjang dan pendek terbaik hasil kurasi JFW dari sineas Indonesia dan mancanegara, hingga program masterclass, dan talkshow seputar industri film dengan panelis berpengalaman yang tentunya akan banyak memberi inspirasi.


 

3. Jakarta World Cinema Week 2022


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KLIKFILM (@klikfilm)


Festival Jakarta World Cinema Week (WCW) 2022 akan digelar selama sepekan pada 22-30 Oktober 2022. Acara ini bakal menghadirkan 71 film dari 39 negara yang telah melenggang ke festival layar lebar kelas dunia. Festival bisa Genhype nikmati secara hibrida, baik melalui online screening maupun offline screening.  

Dalam ajang yang dihelat platform streaming KlikFilm dan bioskop CGV Cinemas ini, kalian juga dapat menonton film-film langka, seperti No Bears (2022) karya sutradara Iran, Jafar Panahi, yang belum pernah tayang di mana pun kecuali di Venice Film Festival 2022. 

Ada juga film Something in the Dirt (2022) karya Duo Justin Benson dan Aaron Moorhead, Boy From Heaven (2022) karya tarik Saleh, hingga Triangle of Sadness (2022) karya Ruben Ostlund. Sementara itu, film Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti (2022), karya Herwin Novianto akan menjadi penutup pekan film ini.


 

4. Madani International Film Festival 

Festival tahunan yang juga digelar di Jakarta ini akan berlangsung pada 8 hingga 15 Oktober 2022, dan bakal menampilkan film-film terbaik dari Indonesia maupun luar negeri untuk memperlihatkan keberagaman umat Muslim dunia.

Namun, sayangnya dari hasil pengecekan di laman media sosial Madani Flm Festival 2022, saat ini mereka masih menyeleksi film-film yang  telah dikirimkan oleh sineas dari Indonesia dan luar negeri untuk dapat tampil di festival tersebut.

"2.214 karya film East Cinema & Short Film telah kami terima dari seluruh penjuru dunia. Terima kasih kepada seluruh filmaker dan teman Madani yang telah mengirimkan karya terbaiknya," cuit akun twitter @madanifilmfest.

Nah, itulah dia Genhype empat festival film yang akan berlangsung selama bulan September hingga Oktober 2022 di beberapaka kota di Indonesia. Jangan lupa nonton ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Intip Kisah di Balik 3 Lukisan Terkenal Maestro Dunia

BERIKUTNYA

Setelah 13 Tahun, Film Avatar Tayang Lagi di Bioskop dengan Kualitas Epik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: