Ilustrasi penjual soto (sumber Unsplash/ Hobi industri)

Mengenal Asal-usul Sejarah dan Jenis Varian Soto di Indonesia

22 September 2022   |   16:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like

Jenis dan Varian Soto di Indonesia


Dalam perkembangannya, soto kemudian menyebar ke seluruh wilayah Nusantara dan diadaptasi di setiap daerah dengan ciri khasnya masing-masing berdasarkan bumbu, bahan dasar, dan citarasa yang sesuai dengan lidah mereka.

Pakar kuliner tradisional Indonesia,  Murdjiati Gardjito dari Universitas Gajah Mada,  dalam penelitiannya yang bertajuk Profil Soto Indonesia: Fakta pendukung soto sebagai kuliner Indonesia, (2017) menulis setidaknya terdapat 75 jenis varian soto yang tersebar di 22 daerah kuliner di  Indonesia.

"Dari 75 ragam ini, penyebarannya yang paling besar itu ada di Jawa dan Madura. Oleh karena itu dua wilayah ini memiliki varian soto paling banyak di Indonesia," papar Murdjiati dikutip dari kanal YouTube Fakultas Teknologi Pertanian UGM. 

Nah, dari sinilah  Genhype, kita  akhirnya dapat mengenal berbagai jenis dan varian soto di Indonesia, yang dalam satu provinsi saja kadang memiliki karakter  serta citarasa yang berbeda satu sama lain, baik dari jenis bahan hingga penyajian.

Misal, di Jawa Tengah saja kita mengenal berbagai jenis soto seperti, Soto Kudus, Soto Semarang, Soto Purbalingga, Soto Boyolali, Soto Wonogiri, bahkan Sroto Banyumas yang menggunakan sambal kacang serta ketupat untuk campuran kaldunya.

 

Hidangan soto semarang./Bisnis-Tim Jelajah Jawa Bali

Hidangan soto semarang./Bisnis-Tim Jelajah Jawa Bali


Di Jawa Barat, kita juga mengenal Soto Mie Bogor, Soto Bandung, Soto Tasik, dan masih banyak lagi. Ada juga di wilayah Jakarta  jenis soto yang populer dengan kuah khas santan kental dan kadang dicampur dengan bahan dasar susu, yakni Soto Betawi.

Melompat ke Jawa Timur, Indonesia juga memiliki  varian soto yang ciamik,seperti Soto Lamongan, Soto Madura, dan Soto Ambengan. Varian soto di wilayah ini biasanya juga ditambahkan serbuk koya yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih untuk menambahkan rasa gurih. 

Sementara itu di luar Jawa, kita juga mengenal Coto Makassar, Soto Medan, Soto Padang, Soto Manado, Soto Bangka, Soto Kikil Baturaja, dan tentunya masih banyak lagi berbagai jenis varian soto yang ada  di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Nah, itulah dia, asal muasal sejarah dan berbagai jenis varian soto di Indonesia, yang meski berbeda-beda, ibarat kebinekaan kita sebagai sebuah bangsa tetap satu dalam penamaannya, yakni soto juga.  Jadi, Salam  satu soto Indonesia Genhype.


Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

Lagi Cari Rumah? Kawasan Banten, Jabar dan Jatim Bisa Jadi Pilihan

BERIKUTNYA

K-popers, Intip Rincian Audisi Offline YG Entertainment di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: