Ilustrasi jasa kurir (sumber gambar : unsplash)

Peluang Bisnis dan Syarat Kemitraan Jasa Kurir Pos Indonesia, J&T dan Lion Parcel

22 September 2022   |   16:44 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu setuju kan kalau bisnis di bidang jasa layanan kurir di Indonesia bakal terus bertumbuh secara positif. Bahkan pada masa pandemi sekalipun, bisnis ini justru mengalami kenaikan, seiring dengan peningkatan transaksi bisnis e-commerce.

Hal ini rupanya sejalan dengan laporan yang dirilis SEA eConomy 2021 yang disusun oleh Google, temasek, serta Baik & Company yang menunjukkan sektor e-commerce bertumbuh sebesar 52 persen secara year on year. 

Bahkan nilai total transaksi atau Gross Merchandise Value (GMV) sektor e-commerce Indonesia diproyeksi tumbuh dari US$35 miliar pada 2020 menjadi US$53 miliar di 2021.

Sementara itu, nilai total transaksi digital berbasis internet secara keseluruhan pada 2025 diprediksi mencapai nilai US$146 miliar dengan pertumbuhan tahunan sebesar 20 persen. Peningkatan nilai transaksi online ini tentu saja mendorong perkembangan bisnis jasa layanan kurir di Indonesia.

Nggak heran nih kalau bisnis ini diperkirakan akan terus bertumbuh dan berkembang. Nah, bagi kalian yang ingin berkecimpung dalam bisnis ini, ada sejumlah tawaran kemitraan dari bisnis di bidang jasa layanan kurir. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. J&T Express 

Peluang bisnis di bidang jasa layanan kurir ikut dirasakan oleh J& T Express yang pada 2021 lalu berhasil mencatatkan pengiriman rata-rata mencapai 2,5 juta paket per hari. Bahkan pihaknya menargetkan mampu meningkatkan pengiriman hingga 2 kali lipat pada tahun depan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Elena, Public Relations J&T Express mengatakan peningkatan jumlah pengiriman tersebut diiringi dengan penambahan jumlah armada dan titik operasi yang saat ini pihaknya sudah memiliki lebih dari 4.600 titik operasi dengan dukungan lebih dari 1.700 armada kendaraan.

Pihaknya juga terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal, seperti dari sisi operasional proses pengiriman barang yang dilakukan secara efisien dan lebih cepat dengan bantuan mesin sortir otomatis di gudang sortir.

Selain itu, J&T Express juga secara aktif melakukan berbagai program interaktif dengan para pelanggan, baik secara digital melalui sosial media maupun secara langsung seperti di drop point. Misalnya dengan memberikan beragam promo kepada pelanggan dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang tertarik mengikuti paket kemitraan atau freelance dari J&T Express  harap bersabar ya. Pasalnya, saat ini perusahaan masih dalam proses pengembangan untuk penawaran franchise. Sedangkan untuk seluruh gerai J&T yang ada di Indonesia hingga kini masih dikelola sendiri.

“Kami terbuka untuk franchise tetapi saat ini mekanismenya masih terus kami kembangkan sehingga untuk detail lengkapnya belum dapat kami bagikan,” ujarnya.

2. Lion Parcel

Lion Parcel menjadi salah satu jasa layanan kurir yang memberikan sejumlah penawaran menarik, khususnya tarif terjangkau untuk pengiriman barang jarak jauh.
 

Lion Parcel

Ilustrasi layanan kurir/ Lion Parcel


Sebagai catatan, saat ini Lion Parcel memiliki lebih dari 7.000 agen aktif, 15.000 kurir pengantaran, dan 700 armada pengantaran yang diklaim mampu menjangkau 6.715 kecamatan di 467 kabupaten dan kota yang ada di 34 provinsi. Tentu saja, layanan tersebut juga didukung oleh armada pesawat yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan di bawah naungan Lion Air Group, yaitu Lion Air, Batik Air, Wings Air, dan Super Air Jet.

Nah, bagi kalian yang tertarik menjadi agen, Lion Parcel menawarkan paket kemitraan yang menarik dengan biaya yang terbilang ringan dibandingkan dengan syarat kemitraan jasa pengiriman lainnya sebab kalian tidak perlu membayar biaya waralaba. 

Target omzet yang harus dipenuhi setiap bulannya juga disesuaikan dengan lokasi atau tidak dipukul rata. Untuk agen yang berada di wilayah permukiman, omset yang harus dipenuhi tak lebih dari Rp5 juta setiap bulannya. Selain itu, Lion Parcel juga tidak mewajibkan mitra agen berbentuk badan hukum. 

Nah, untuk pengisian saldo atau top up awal, nominalnya hanya Rp2,5 juta dengan minimal saldo yang tidak bisa digunakan sebesar Rp50.000. Biaya lain yang harus dibayarkan kepada Lion Parcel untuk menjadi mitra agen adalah Rp200.000 untuk jaket, Rp150.000 untuk helm, dan tas kurir Rp300.000. 

Perlengkapan tersebut nantinya digunakan untuk mengambil barang kiriman dari konsumen atau mengirimkannya ke titik kumpul (dropping point). Biaya yang disebutkan di atas belum termasuk biaya peralatan, termasuk diantaranya kendaraan operasional berupa sepeda motor atau mobil yang harus disiapkan oleh mitra.  

Mitra juga harus menyiapkan biaya untuk keperluan promosi dalam bentuk spanduk yang harus di pasang di gerai miliknya.

3. Pos Indonesia

Jasa layanan kurir lainnya yang bisa kalian pilih adalah Pos Indonesia yang saat ini telah memiliki puluhan ribu titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun paket kemitraan yang ditawarkan adalah AgenPos.

Yaitu pengembangan  jaringan melalui kerjasama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha dalam rangka memberikan pelayanan Pos secara lebih luas kepada Masyarakat.

Persyaratan untuk menjadi AgenPos

•    Memiliki tempat usaha. lokasi diutamakan tidak berdekatan dengan Kantorpos atau Agenpos yang terlebih dahulu ada ;
•    Memiliki seperangkat komputer dengan printer dan alat komunikasi (line telepon) ;
•    Menyerahkan kiriman dan laporan ke Kantorpos penghubung setiap hari pada jam yang disepakati ;
•    Mendapatkan persetujuan dari PT Pos Indonesia melalui KantorPos penghubung ;
•    Menandatangani perjanjian.

Adapun modal awal yang dibutukan adalah sekitar Rp5 juta hingga Rp20 juta yang digunakan sebagai deposit. Nantinya para agen bisa mendapatkan keuntungan berupa sharing fee hingga 22,5?n bersifat progresif.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Berbagai Destinasi Liburan Baru di Hong Kong Siap Menyambut Para Pelancong

BERIKUTNYA

Lagi Cari Rumah? Kawasan Banten, Jabar dan Jatim Bisa Jadi Pilihan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: