Ilustrasi rumah dengan skema KPR. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

Minat Ambil KPR? Ini 5 Hal Penting yang Perlu Genhype Pertimbangkan

22 September 2022   |   09:35 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Reputasi developer

Apabila dana sudah siap untuk kamu mengambil KPR, langkah berikutnya yang sangat perlu diperhatikan adalah reputasi developer atau pengembang perumahan. Kamu tidak mau kan tiba-tiba ada biaya tambahan lain,  pembangunan rumah berjalan lambat, bahan bangunan tidak sesuai, atau rumah yang disepakati tidak pernah dibangun?

Agar tidak salah pilih developer, kamu perlu menelusuri jejaknya. Caranya mudah kok, bertanya saja ke pihak bank yang bekerja sama dengan developer tersebut. Biasanya pihak bank hanya akan bekerjasama dengan developer yang memiliki kelayakan dan kinerja baik. 

Cara lain, cek proyek perumahan mana saja yang pernah dikerjakan oleh developer tersebut. Lihat proses pembangunan di proyek sebelumnya apakah bagus dan berjalan dengan baik. Luangkan waktu sejenak untuk mendapatkan rumah impian ya, Genhype
 

4. Cek legalitas lahan

Masih berkaitan, periksa legalitas lahan perumahan yang ditawarkan developer. Kamu tidak mau kan sudah membayar biaya-biaya di awal namun ternyata lahan yang katanya bakal dijadikan perumahan ternyata lahan sewaan? 

Pastikan bahwa lahan tersebut berstatus Hak Guna Bangunan (HGB). Status ini memiliki jangka waktu tertentu dan harus diperpanjang kembali jika pengembang belum selesai mengelola lahan perumahan tersebut.

Datangi Dinas Pertanahan setempat dan memastikan asal-muasal status HGB dari tanah di perumahan yang digunakan developer. Mengutip Indonesia Properti Expo, ada dua kategori HGB yaitu tanah yang dikuasai langsung oleh negara dan Hak Pengelolaan Lahan (HPL). 

Dalam unsur legalitas, HGB yang berasal dari tanah yang dikuasai negara relatif lebih aman, karena saat akan mengurus perpanjangan, HGB yang berupa HPL, akan membutuhkan waktu yang lebih lama.


5. Lihat kondisi sekitar perumahan 

Langkah lain yang sangat penting sebelum mengajukan KPR yakni lihat kondisi sekitar perumahan yang ingin kamu ambil. Pastikan lokasi tersebut bebas banjir dan aksesnya mudah setidaknya bisa dijangkau dengan kendaraan umum.

Selain itu, lihat apakah ada fasilitas klinik atau rumah sakit, sekolah, pasar, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, kantor pemerintah setempat, hingga kantor polisi di sekitar perumahan kamu. Faktor ini sangat penting demi kemudahan dan kenyamanan kamu ketika tingga di perumahan tersebut nantinya.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Sebelum Beli Rumah, Perhatikan Dahulu 4 Komponen Penting Ini

BERIKUTNYA

Gitaris Patah Kaki, Hoobastank Batal Tampil di JogjaROCKarta Festival 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: