Kompilasi beragam jenis waffle di dunia. (Sumber gambar: Unsplash/Joyful, Slashio Photography, Jojo Yuen, Elodie Agodor)

Yuk Kenalan dengan 15 Waffle Populer di Dunia

21 September 2022   |   19:07 WIB

6. Waffle Telur/Bubble


Hidangan manis khas Hong Kong ini memiliki bentuk yang menyerupai telur atau gelembung karena bentuk bulat yang timbul. Disajikan dengan cara dilipat dua seperti cone, waffle ini memiliki topping manis yang seperti gula, selai kacang, hingga saus coklat.
 

7. Waffle Kentang

Salah satu pengembangan waffle di Inggris dan Irlandia ini menggunakan bahan dasar kentang yang dihancurkan dan dimasak di dalam cetakan. Biasanya, hidangan ini akan memiliki tekstur serupa dengan hash brown atau nugget kentang, hanya saja bentuknya cenderung seperti persegi.
 

8. Taiyaki


Jepang memiliki makanan khas yang serupa dengan waffle, yaitu Taiyaki yang identik dengan bentuk ikan. Biasanya, Taiyaki disajikan dengan hangat dan memiliki isian pasta kacang merah pada periode Meiji. Kini, taiyaki disajikan dengan beberapa isian seperti custard hingga krim dan saus cokelat dengan bentuk menyerupai cone.
 

9. Waffle Pandan


Berasal dari Vietnam, waffle ini identik dengan rasa pandan dan santan di dalam adonannya. Hal inilah yang menjadikan waffle ini memiliki warna hijau muda yang khas dan biasa dikonsumsi tanpa makanan pendamping atau tambahan. Biasanya, hidangan ini populer sebagai jajanan jalanan dan dikonsumsi oleh anak-anak.
 

10. Waffle Flemish

 

Waffle Flemish. (Sumber gambar: Unsplash)

Waffle Flemish. (Sumber gambar: Unsplash)

Terletak di bagian utara Prancis dan sebagian barat Belgia, hidangan ini memiliki bentuk yang tidak beraturan atau hampir berbentuk oval. Makanan ini disajikan dengan gila dan air jeruk dengan kondisi panas maupun dingin. 
 

11. Waffle Hot Dog

Hidangan dengan rasa gurih di Kanada, Hawaii, dan Asia Tenggara ini serupa dengan corn dog karena isiannya yang memakai sosis dan metode sosis stik yang dibalut dalam adonan. Namun, adonan yang membungkus sosis adalah adonan waffle yang dimasak seperti stick waffle.
 

12. Kanom Rung Peung


Berasal dari Thailand, hidangan ini memiliki cita rasa kelapa dan warna hijau muda. Namanya sendiri memiliki makna 'sarang lebah' karena bentuknya yang mirip dengan benda tersebut. Untuk bentuknya, biasanya waffle ini memiliki bentuk lima hati yang digabung menjadi satu lingkaran.
 

13. Croffle

Populer di Korea Selatan, makanan ini mengombinasikan croissant dan waffle dengan metode pembuatan memakai adonan croissant yang dimasak dengan alat pembuat waffle, Biasanya, makanan ini disajikan dengan sirup maple, madu, atau es krim dengan cita rasa dan tekstur seperti croissant. Makanan ini awalnya ditemukan pada 2017 oleh juru masak Louise Lenox dari Dublin, Irlandia.
 

14. Kue Gapit


Hidangan kue kering lokal asal Indonesia ini menggunakan tepung tapioka dan dibuat dengan cara membakar adonan dengan cetakan besi serupa waffle. Bentuk kue gapit bervariasi dari bulat hingga bentuk lainnya serta memiliki rasa yang gurih karena penggunaan kayu manis dan air kelapa di dalamnya.
 

15. Waffle Dunkirk

Hidangan ini merupakan salah satu makanan yang disajikan bersama dengan teh. Hidangan ini memiliki tekstur yang kering, renyah, dan manis dengan kombinasi brown sugar, kayu manis, dan mentega. Biasanya kudapan ini dijadikan pemberian saat Natal dan Tahun Baru bagi keluarga di Inggris.

Selain beberapa waffle di atas, ada juga Sandwaffeln dan Bergische Waffle dari Jerman, Num Poum dari Kamboja yang dibuat dari tepung beras dan santan, Lacquemant Waffles dari Swiss yang memiliki sirup rasa jeruk, Galette dari Belgia yang memiliki isian gurih, dan Waffle Pao de Queijo dari Brasil yang merupakan versi waffle dari roti isian keju yang disajikan dengan selai.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Begini Cara Agar Produk Kalian Bisa Sukses Diterima di Retail Modern

BERIKUTNYA

Grup Tari Italia Astra Roma Ballet Gelar Pertunjukan Balloon! di Ciputra Artpreneur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: