Ilustrasi hotel (sumber gambar : vojtech bruzek / unsplash)

Ternyata, Ini Jenis Hotel yang Diminati Oleh Traveler

15 September 2022   |   22:34 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini mumlai banyak masyarakat yang kembali berwisata secara aktif, terutama pada masa pascapandemi. Salah satu yang diperhatikan oleh wisatawan saat sedang berlibur adalah tempat enginap atau hotel. Hotel apa saja yang disukai dan memenuhi kebutuhan pelancong?.

Nah, untuk mempelajari kebutuhan tersebut, RedDoorz bersama dengan Telkomsel tSurvey melakukan riset terhadap 300 responden berusia 20-45 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Yogyakarta mengenai ekspektasi mereka terhadap hotel.

Berdasarkan hasil riset tersebut, 52% responden ingin mendapatkan hotel yang bersih dan berlokasi strategis, 46% responden menuntut hotel berfasilitas lengkap (selama masuk anggaran biaya), dan sisanya (2%) memilih hotel dengan harga kamar yang paling terjangkau.

Lebih lanjut, dari hasil riset tersebut juga ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari responden laki-laki maupun perempuan, di mana mereka semua (51-52%) sudah merasa cukup dengan hotel yang bersih dan berlokasi strategis, tanpa harus memiliki fasilitas sangat lengkap. 

Selain itu, perubahan fase hidup, seperti mereka yang baru saja menikah atau yang sudah mempunyai anak, ternyata tidak banyak mengubah proporsi kepuasan akan hotel yang bersih dan berlokasi strategis.

Akan tetapi, ketika berlibur sendirian dan bersama grup, keluarga, maupun saat staycation, lebih banyak responden yang memilih hotel dengan fasilitas lengkap sesuai anggaran (60% untuk liburan sendirian/bersama teman, 79% untuk liburan bersama keluarga, dan 78% untuk staycation).

Sementara untuk perjalanan bisnis, mayoritas responden (52%) sudah puas dengan hotel yang berlokasi strategis, aman, dan bersih sebagai tempat mereka beristirahat, tidak perlu fasilitas selengkap mungkin.
 

Ilustrasi hotel/ Freepik

Ilustrasi hotel/ Freepik


Regional VP Marketing RedDoorz, Henry Manampiring menyampaikan survei ini bertujuan untuk memahami perbedaan tipe pelanggan, sehingga pihaknya dapat terus memenuhi kebutuhan pelanggan secara maksimal.

"Sebuah temuan menarik bahwa separuh responden mengidentifikasi diri sebagai customer ‘esensial’. Mereka membutuhkan hotel hanya untuk tempat beristirahat dan menaruh tas, yang penting bersih, aman, dan berlokasi strategis," ujarnya dalam rilis yang diterima Hypeabis, Kamis (15/9/2022).

Sejak didirikan pada 2015, RedDoorz telah merangkul banyak property owner independen untuk memaksimalkan potensi akomodasi mereka dan mendorong industri pariwisata Indonesia agar terus berkembang.

Selain itu, RedDoorz juga telah meluncurkan berbagai lini hotel dan akomodasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, seperti SANS Hotel untuk yang berjiwa muda dan chill, Urbanview Hotels yang dapat mengakomodasi kebutuhan bepergian para urban traveler.

Selain itu, ada Sunerra Hotel yang cocok bagi keluarga yang menginginkan layanan berkelas, serta KoolKost yang cocok bagi mereka yang membutuhkan akomodasi jangka panjang.

“Hingga saat ini, masyarakat dapat mengakses properti RedDoorz secara mudah di 190 kota di Indonesia melalui aplikasi kami di Android maupun iOS," ucapnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Cek Spesifikasi Webcam Brio 500 & Headphone Zone Vibe 100 Dari Logitech

BERIKUTNYA

Wingstop Hadirkan Menu Ekonomis Flavor Krezz Krezz

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: